Lompat ke isi utama
5 Tanda-Tanda Melahirkan, Persiapkan dengan Matang!

5 Tanda-Tanda Melahirkan, Persiapkan dengan Matang!

Menjalani proses kehamilan memang memberikan pengalaman yang benar-benar menakjubkan untuk seorang Mums, terlebih ketika ini adalah kehamilan yang pertama. Banyak membaca dan berkonsultasi tentu akan jadi bekal yang Mums perlu lakukan agar dapat menjalani proses panjang ini dengan lebih santai. Yang tidak boleh terlewat, adalah memahami tanda-tanda melahirkan yang muncul menjelang HPL.

Tanda-tanda melahirkan sebenarnya secara alami akan muncul ketika Mums sudah mendekati HPL. Namun biasanya beberapa tanda ini kurang disadari karena terasa samar. Baru kemudian pada tanda yang lebih terasa kuat, Mums biasanya akan mendatangi dokter untuk melakukan pengecekan.

Nah, untuk menambah ‘perbekalan’ informasi yang Mums miliki mengenai kehamilan dan melahirkan, mari simak beberapa tanda-tanda melahirkan yang idealnya muncul berikut ini.

Kontraksi yang Mulai Sering Terjadi

Kontraksi yang Mulai Sering Terjadi

Selama masa kehamilan, tentu Mums akan mengalami kontraksi pada bagian perut. Hal ini terjadi dikarenakan oleh banyak hal, bisa dikarenakan gerakan si Kecil, posisi duduk yang kurang pas, atau bahkan menjadi satu dari tanda-tanda melahirkan yang muncul dan dirasakan.

Secara umum sendiri, ketika kontraksi terjadi, bisa dibedakan menjadi dua jenis berbeda. Pertama adalah kontraksi yang terasa sesekali, istilahnya adalah Braxton Hicks, yang terasa di area perut dan panggul. Durasinya sekitar 30 sampai 120 detik. Cukup terasa, namun setelah beberapa saat menghilang dengan sendirinya.

Kedua adalah kontraksi berirama. Kontraksi ini yang akan jadi tanda melahirkan yang sangat terasa. Kontraksi terjadi pada area bawah panggul, lalu berpindah ke perut bagian depan. Intensitasnya terus meningkat, dan terjadi berkali-kali. Rasa nyeri yang muncul juga akan semakin terasa pada setiap kontraksi.

Ketika kontraksi yang belakangan terjadi, Mums sebaiknya segera mendatangi dokter kandungan kepercayaan Mums agar mendapat rekomendasi lebih lanjut.

Rasa Nyeri seperti Datang Bulan

Ketika Mums mengalami datang bulan secara berulang setiap bulan, rasa nyeri pada bagian punggung juga akan jadi salah satu yang mengiringinya. Jika pada proses datang bulan hal ini terjadi karena perubahan hormon serta organ dalam, pada kehamilan ini disebabkan oleh hal yang berbeda.

Rasa nyeri di punggung seperti ketika datang bulan akan terasa mendekati HPL. Rasa nyeri ini akan semakin sering terasa ketika HPL semakin dekat. Nyeri yang muncul disebabkan oleh pergerakan si Kecil yang mulai mendekati jalan lahir. Posisi kepala si Kecil akan sedikit menekan tulang belakang, sehingga rasa nyeri ini muncul.

Sering Buang Air Kecil

Sering Buang Air Kecil

Buang air kecil juga jadi salah satu tanda-tanda melahirkan yang mudah dideteksi. Jika pada saat awal periode kehamilan ini menandakan bahwa Mums tengah mengandung si Kecil, maka mendekati HPL hal ini akan berarti Mums sudah mendekati waktu melahirkan,

Penyebab dari buang air kecil yang semakin sering ini adalah adanya tekanan dari kepala si Kecil pada bagian kantung kemih sehingga ‘daya tampung’ yang dimiliki menjadi lebih sedikit. Ketika air seni sudah masuk ke bagian ini, maka otomatis akan lebih cepat dikeluarkan dari biasanya.

Tanda-Tanda Melahirkan Makin Jelas, Air Ketuban Pecah

Menjadi salah satu tanda-tanda melahirkan yang paling jelas, pecahnya air ketuban akan jadi satu hal yang tidak mungkin dilewatkan dalam setiap daftar terkait hal ini. Ketika aiir ketuban sudah pecah, idealnya si Kecil akan lahir dalam tempo kurang dari 24 jam.

Air ketuban ini biasanya akan diawali dengan kontraksi yang sangat intens. Pada beberapa kasus, kontraksi justru akan terjadi ketika air ketuban sudah pecah. Hal ini adalah proses wajar, sehingga Mums tidak perlu khawatir dan hanya perlu segera mendapatkan penanganan profesional untuk prosedur persalinan.

Satu hal yang harus dikhawatirkan adalah ketika kontraksi yang seharusnya muncul justru tidak terasa. Mengapa? Karena hal ini bisa membahayakan si Kecil yang masih berada di dalam kandungan. Ketika air ketuban habis dan si Kecil belum bisa keluar, ada resiko si Kecil akan terinfeksi bakteri tertentu.

Sekali lagi ditekankan, ketika terjadi tanda yang satu ini, Mums wajib mendapat penanganan profesional sesegera mungkin.

Perasaan Lebih Sensitif

Perasaan Lebih Sensitif

Salah satu gejala yang juga dirasakan sebagai satu tanda-tanda melahirkan adalah perasaan yang lebih sensitif, serupa saat ketika Mums mengalami PMS. Memang hal ini sangat subjektif dan akan berbeda-beda untuk tiap Mums. Namun secara umum, poin terakhir ini bisa jadi satu pertanda yang cukup jelas terasa, terlebih untuk orang-orang terdekat Mums yang berinteraksi pada skala daily basis.

Baca Juga : Lebih Rileks di Masa Kehamilan dengan Beraktivitas

Nah, itu tadi beberapa tanda-tanda kehamilan yang perlu Mums pahami dan ketahui. Tujuannya sederhana, agar Mums bisa mengambil langkah cepat ketika tanda tersebut muncul, dan memperkecil resiko apapun yang mungkin muncul. Salin mengetahui tanda tersebut, Mums juga tetap wajib memenuhi kebutuhan nutrisi harian selama masa kehamilan, terlebih masa mendekati HPL karena tubuh akan menjalani prosedur yang berat. Konsumsi makanan bernutrisi serta tambahkan Frisomum Gold Dualcare+ di dalam menu makanan untuk melengkapi asupan nutrisi harian. Persiapkan dengan baik proses persalinan, dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Mums!