Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
5 Tips Mendampingi Si Kecil Belajar Menulis Huruf

5 Tips Mendampingi si Kecil Belajar Menulis Huruf

Mengajarkan cara menulis untuk anak-anak bisa dilakukan sejak usia dini. Tentu, tidak serta merta meminta si Kecil menulis kalimat atau huruf, proses ini dimulai dengan memberikan rangsangan pada kekuatan otot dan genggaman si Kecil. Belajar menulis huruf baru bisa dilakukan setelah si Kecil memiliki kekuatan genggaman yang baik dan koordinasi gerak tangan dan mata yang cukup mahir.

Memang tidak mudah mengajarkan kemampuan ini. Namun, dengan proses yang terus menerus dan berkelanjutan, si Kecil akan mampu menulis pada waktunya. Proses belajar menulis huruf bisa dilakukan setelah Mums melihat si Kecil mampu memegang alat tulis (dalam bentuk apapun) dan membuat coretan yang relatif memiliki ketebalan sama. Ini artinya, si Kecil sudah memiliki penguasaan pada kekuatan otot tangan.

Sebenarnya ada beberapa tips untuk mengajak si Kecil belajar menulis huruf. Untuk memudahkan proses belajarnya, Mums bisa melihat beberapa tips tersebut di sini.

Pertama dan Utama, Pastikan Suasana Menyenangkan

5 Tips Mendampingi si Kecil Belajar Menulis Huruf

Setiap proses belajar yang dilakukan si Kecil akan memiliki dampak lebih efektif jika dilakukan dengan suasana yang menyenangkan. Mood yang baik pada anak-anak akan membuat otak dan tubuh mereka menyerap rangsangan lebih optimal. Maka dari itu, penting untuk Mums menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan selama belajar menulis huruf.

Cara-cara seperti menyetelkan musik yang tenang, membuat situasi ruangan yang kondusif, serta berada dekat dengan si Kecil, bisa jadi tiga cara sederhana membuat mood si Kecil menjadi baik. Tentu, untuk hal ini Mums sudah paham benar cara dan triknya, mengingat setiap anak-anak memiliki treatment yang unik. Pada intinya, buat suasana belajar menulis huruf menjadi senyaman dan semenyenangkan mungkin.

Alat Tulis yang Mudah Digenggam

Belajar menulis huruf akan lebih mudah dilakukan ketika si Kecil mampu menggenggam alat tulis yang digunakan dengan baik. Bukan dalam artian cara memegangnya saja, namun juga ia benar-benar menguasai alat tulis tersebut. Pastikan alat tulis yang digunakan cukup kecil, seukuran yang sesuai dengan genggaman si Kecil.

Dengan memberikan alat tulis yang mudah digenggam, Mums dapat memudahkan proses belajar menulis yang dilakukan si Kecil. Sebab ia tak harus berusaha terlalu besar untuk menguasai alat tulisnya. Hal ini juga dapat membantu merangsang kekuatan genggaman si Kecil sehingga memiliki power yang lebih baik, dan lebih stabil ketika digerakkan.

Berikan Kebebasan Menggunakan Alat Tulis

5 Tips Mendampingi si Kecil Belajar Menulis Huruf

Bukan berarti kemudian ia bebas menulis di setiap media yang ditemuinya, namun lebih kepada kebebasan menggunakan alat tulis. Fokus dan konsentrasi si Kecil akan terbatas mengingat kapasitas anak-anak memang belum seperti orang dewasa. Memaksa si Kecil terus belajar menulis hanya akan membuatnya bosan dan justru jenuh, yang mengakibatkan proses ini tidak efektif.

Cara terbaik dalam mengajarkan anak-anak menulis adalah dengan memberi kebebasan padanya. Ketika ia sudah mulai bosan belajar menulis huruf, biarkan ia mencorat-coret berbagai bentuk dengan berbagai warna. Toh dengan melakukan hal tersebut si Kecil justru dapat melatih imajinasi serta kreativitasnya juga. Jadi tak ada salahnya memberikan waktu istirahat untuk si Kecil.

Huruf dengan Bentuk Sederhana

Untuk tahap awal belajar menulis huruf, hindari pemilihan huruf rumit seperti R, atau Q, dan sejenisnya. Mums dapat memilih huruf lebih sederhana seperti O, atau I, atau C, huruf yang sekiranya dapat diselesaikan dalam satu atau maksimal dua goresan saja. Terdengar sederhana, namun hal ini bisa mengurangi rasa jenuh dan resiko frustasi pada anak-anak.

Dengan menyelesaikan tugas sederhana seperti ini, si Kecil akan memiliki rasa kepuasan yang lebih tinggi. Dengan demikian, mood yang dimilikinya akan terbangun sehingga tetap bersemangat ketika belajar menulis. Secara bertahap, baru kenalkan huruf-huruf dengan tingkat kesulitan lebih tinggi setelah ia menguasai cara membuat huruf yang sederhana.

Berikan Apresiasi

5 Tips Mendampingi si Kecil Belajar Menulis Huruf

Apapun hasil dari belajar si Kecil, selalu berikan apresiasi yang tinggi dan membangun untuknya. Hal ini berefek langsung pada perkembangan mental si Kecil, karena apresiasi yang diterima si Kecil akan membuatnya semakin percaya diri. Meskipun mungkin hasilnya kurang sempurna, tak masalah. Selama si Kecil tetap mau berusaha, berikan apresiasi dan dukungan yang maksimal.

Ingat Mums, apresiasi tidak semata-mata pujian saja, namun juga kritik membangun. Ketika hasil kurang sempurna, maka Mums dapat memberikan pujian kemudian memberikan masukan. Dengan begini anak juga akan terus belajar dan tidak mudah merasa puas atas hasil kerjanya.

Baca Juga : Merangsang Perkembangan Motorik Halus, Ini 5 Stimulusnya!

Mendampingi dan membantu si Kecil belajar menulis huruf memang hal yang memerlukan kesabaran dan ketelatenan. Namun, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka hasilnya juga akan benar-benar optimal. Nah, agar proses belajar berjalan dengan lancar, Mums juga wajib memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Berikan makanan bergizi serta tambahkan Friso Gold 4. Friso Gold 4 dilengkapi dengan teknologi Locknutri yang dapat menjaga kualitas alami nutrisi di dalam susu, sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh si Kecil. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan lihat ia tumbuh sehat, kuat dari dalam, dan pintar!