Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
5 Tips Mengajarkan Sikap Toleransi pada si Kecil

5 Tips Mengajarkan Sikap Toleransi pada si Kecil

Menyikapi perbedaan yang ada di masyarakat memang harus dilakukan dengan bijaksana dan penuh kehati-hatian. Belakangan banyak isu merebak hingga mengarah ke hal yang sensitif. Tentu saja hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi jika semua orang memiliki sikap toleransi satu dengan yang lain. Sehingga perbedaan yang ada di Indonesia justru menjadi satu kekuatan, bukan hal yang berpotensi ke arah kurang baik.

Sebagai orang tua sendiri, Mums juga wajib menanamkan sikap toleransi pada si Kecil sejak usianya dini. Ketika si Kecil dibesarkan dengan penanaman sikap toleransi yang baik, maka ia dapat dengan mudah beradaptasi dan menghargai perbedaan yang ditemuinya.

Tentu, proses penanaman sikap juga memerlukan waktu dan cara yang tepat. Seiring pertambahan usianya, Mums bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk menanamkan dan menumbuhkan sikap toleransi di dalam diri si Kecil.

Tentu Saja Jadi Contoh yang Baik!

Tentu Saja Jadi Contoh yang Baik!

Pertama dan utama dalam mengajarkan hal apapun pada si Kecil adalah menjadi contoh yang baik. Apapun yang Mums lakukan dan dilihat oleh si Kecil akan ditiru olehnya, begitu pula dalam hal menunjukkan sikap toleransi.

Pada setiap kesempatan yang memungkinkan tunjukkan sikap ini pada orang lain termasuk pada si Kecil. Misalnya, Mums tengah berbincang dengan pengantar paket, hargai orang itu sebagaimana layaknya seorang menghargai orang lain tanpa melihat seragam, atau hal berbeda lain yang mungkin ada pada diri Mums dan orang tersebut.

Ketika si Kecil terbiasa melihat sikap Mums yang menghargai ke semua orang, ia juga akan lambat laun menirukan hal tersebut, hingga sikap ini jadi kebiasaan yang tertanam dalam dirinya.

Kenalkan pada Kekayaan Budaya Indonesia

Indonesia yang terdiri dari ratusan ribu pulau, dari Sabang hingga ke Merauke, memiliki banyak sekali budaya yang berbeda. Tidak hanya pada pulau besar, pulau-pulau kecil juga memiliki keunikannya tersendiri, mulai dari cara berpakaian, bahasa yang digunakan, hingga makanan khas dan adat yang dipegangnya.

Sejak usia dini, kenalkan si Kecil pada keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia, dan biarkan ia memiliki rasa penasaran. Ketika ia bertanya, berikan jawaban yang baik pada si Kecil untuk membantunya memahami perbedaan yang ada. Tanamkan pada s Kecil bahwa perbedaan yang ada itulah yang membuat Indonesia semakin indah dan kuat.

Kini Mums bisa melakukan hal ini dengan jauh lebih mudah dan menarik, karena semua informasi berupa gambar atau tulisan bisa didapatkan melalui internet.

Menghormati Apa Pendapat si Kecil

Menghormati Apa Pendapat si Kecil

Menanamkan sikap toleransi juga bisa dilakukan dengan menghargai pendapat si Kecil ketika berkomunikasi dengannya. Memang, usia yang masih sangat muda terkadang membuat si Kecil membuat argumen yang tidak masuk akal. Namun alih-alih mementahkannya begitu saja, Mums bisa mengajaknya berdiskusi dengan cara yang lembut.

Ketika si Kecil merasa pendapatnya dihargai, maka ia juga akan belajar bahwa sangat menyenangkan bisa berargumen dan berpartisipasi di dalam rumah. Si Kecil perlahan juga akan belajar menjadi pendengar yang baik dan memiliki sikap asertif, disamping sikap toleransi yang tengah dibahas ini.

Kesempatan Berinteraksi dengan Orang Lain

Poin keempat ini terbilang cukup penting, karena bisa dikatakan sebagai ‘praktek langsung’ dari ilmu atau pengetahuan yang sudah ditanamkan pada si Kecil oleh Mums. Kesempatan untuk berinteraksi dengan banyak orang baru akan memudahkan penanaman sikap toleransi pada si Kecil, seiring si Kecil menemukan banyak hal berbeda pada setiap orang.

Dampingi si Kecil ketika ada kesempatan seperti ini, dan berikan pemahaman sembari ia berinteraksi. Bermain dengan teman yang berasal dari daerah berbeda, suku berbeda, atau ras yang berbeda, akan jadi pengalaman berharga untuknya. Semakin banyak ia bertemu dengan orang-orang, maka semakin baik pengalaman ini untuknya.

Bertemu dengan banyak orang akan menghindarkan si Kecil dari stigma yang mungkin sudah berkembang di masyarakat terkait dengan kelompok tertentu.

Sikap Toleransi dari Obrolan Setiap Hari

Sikap Toleransi dari Obrolan Setiap Hari

Mengembangkan sikap toleransi juga perlu dilakukan on a daily basis. Mums bisa mengangkat banyak topik terkait budaya dan tradisi yang ada di Indonesia, atau bahkan luar negeri.

Satu hal yang perlu diingat adalah hindari percakapan atau obrolan yang membicarakan stereotip tertentu. Jadi apapun yang didengar si Kecil semata berupa informasi terkait budaya dan tradisi yang indah dan menarik, tanpa harus dicondongkan ke anggapan-anggapan yang ada dan belum tentu akurat 100%.

Baca Juga : Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Sejak Dini

Mengajarkan sikap toleransi memang bukan perkara mudah, namun akan sangat baik jika dimulai sejak dini. Perlahan tetapi pasti si Kecil akan mengerti apa itu toleransi, bagaimana cara menerapkannya, dan betapa berharganya sikap tersebut ketika ia harus bertemu dengan banyak orang ketika ia dewasa nanti.

Tentu saja dalam mengajarkan sikap toleransi ini Mums juga wajib mendukung penuh dengan pendampingan dan asupan nutrisi. Asupan nutrisi yang cukup setiap hari dapat membantu otak si Kecil bekerja lebih optimal, sehingga apapun yang dipelajarinya bisa lebih cepat diserap. Untuk membantu pemenuhan nutrisi, Mums dapat memberikan Friso Gold 4. Dengan nutrisi lengkap dan dukungan dari teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan senantiasa terjaga sehingga mudah diserap tubuh si Kecil. Berikan yang terbaik untuknya, dan lihat ia jadi pribadi yang baik ketika dewasa nanti!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang