Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

5 Tips Menjaga Kesehatan Anak dengan Pola Hidup Sehat

5 Tips Menjaga Kesehatan Anak dengan Pola Hidup Sehat

Kesehatan anak menjadi salah satu prioritas terbesar untuk setiap orang tua, bukankah demikian Mums? Si Kecil yang sehat dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal, sehingga memiliki fisik yang kuat. Tidak hanya itu, perkembangan kecerdasan si Kecil juga akan optimal ketika badannya sehat dan tidak banyak terserang penyakit atau bakteri jahat. Tapi bagaimana cara mengajarkannya hidup sehat?

Sebenarnya jika ditelisik lebih mendalam, cara untuk menjaga kesehatan anak dan menerapkan pola hidup sehat sangat beragam. Berbagai metode bisa dipilih menyesuaikan dengan gaya hidup keluarga kecil Mums. Namun demikian, secara umum, setidaknya ada 5 hal yang bisa dilakukan utamanya untuk menjaga kesehatan si Kecil dan membiasakannya hidup sehat. Apa saja kelima hal tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini!

Makanan dan Minuman Sehat

Asupan nutrisi berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi si Kecil. Nah, untuk membuatkan menu makanan sehat, Mums bisa memulainya dengan mengurangi penggunaan minyak dalam proses memasak. Kreasikan makanan untuk si Kecil dengan proses memanggang, menumis atau mengukus, karena diketahui secara luas bahwa minyak atau proses menggoreng tidak terlalu baik untuk kesehatan si Kecil untuk jangka panjang.

Perhatikan pula nutrisi yang diberikan pada si Kecil. Nutrisi penting seperti protein, karbohidrat serta lemak dan kalsium harus diberikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Jangan lupa juga untuk memberikan buah sebagai sumber vitamin yang diperlukan tubuh si Kecil. Terakhir, buat jadwal makan yang rutin untuk si Kecil, sehingga asupan nutrisi yang masuk bisa tetap terjaga porsinya.

Bergerak Aktif

Bergerak aktif, harus menjadi salah satu kebutuhan. Tidak hanya untuk si Kecil saja, bergerak aktif juga diperlukan orang dewasa agar tetap memiliki persendian yang sehat. Nah, untuk si Kecil, pergerakan aktif yang dilakukannya akan memberikan stimulus pada tumbuh kembang fisik serta menjaga kesehatan anak. Mengapa demikian?

Dengan bergerak aktif, si Kecil akan terus berkeringat dan mengeluarkan zat yang sudah tidak berguna di tubuhnya. Selain itu, dengan bergerak aktif penyerapan nutrisi akan menjadi lebih optimal. Daya tahan tubuh akan terbentuk dengan lebih baik karena penyerapan nutrisi optimal ini. Mums tidak perlu bingung, gerakan aktif bisa dilakukan dimana saja, di dalam rumah maupun di luar rumah. Selama si Kecil bisa bergerak dan berkeringat, kebutuhan geraknya bisa dikatakan terpenuhi.

Pengetahuan Kesehatan

Memberikan pengetahuan mengenai kesehatan bisa dimulai sejak usia dini. Pengetahuan seperti mandi dua kali sehari, menggosok gigi, mencuci tangan sebelum makan, menjaga kebersihan makanan, serta minum air putih yang cukup bisa Mums terapkan secara perlahan. Jika diberikan sejak kecil, maka pengetahuan ini akan terus diingatnya dan menjadi pola yang secara tidak sadar dilakukan si Kecil.

Pengetahuan seperti ini bisa didapatkan dari berbagai sumber. Puskesmas, dokter anak, internet, buku parenting dan buku kesehatan, dan sebagainya. Meski pengetahuan mudah didapatkan, sangat dianjurkan untuk melakukan cross-check pada pengetahuan yang baru ditemukan pada dokter anak atau tenaga medis lain untuk melakukan verifikasi dan validasi. Jangan sampai pengetahuan yang akan ditanamkan adalah pengetahuan yang keliru dan tidak bermanfaat.

Imunisasi

Pemberian imunisasi menjadi hal wajib dilakukan untuk si Kecil sesuai dengan usianya. Program imunisasi sendiri menjadi program yang dilaksanakan pemerintah dan dilakukan secara rutin pada puskesmas atau posyandu yang ada di lingkungan Mums dan si Kecil berada. Tujuannya sederhana, agar tubuh si Kecil memiliki daya imun yang kuat terhadap resiko penyakit sesuai dengan jenis imunisasinya.

Setidaknya ada 5 jenis imunisasi yang wajib diberikan di Indonesia. Jenisnya adalah Hepatitis B, BCG, Polio, Campak dan Pentavalen (DPT-HB-HiB). Program imunisasi juga telah memasukkan vaksinasi MR untuk campak dan campak jerman sejak tahun 2017 lalu. Program imunisasi ini bisa Mums dapatkan informasi lengkapnya pada fasilitas kesehatan yang ada di sekitar Mums atau dokter anak kepercayaan Mums.

Memberikan Contoh

Pada akhirnya, si Kecil akan melakukan dan menerapkan pola hidup sehat jika secara rutin melihat orang di sekitarnya melakukan hal tersebut. Mums dan orang dewasa lain di rumah harus menjadi contoh yang baik dan senantiasa membimbing si Kecil sehingga pola hidup sehat dapat terbentuk. Jangan lupa, kesehatan anak sangat berpengaruh pada tumbuh kembang baik fisik maupun kecerdasannya. Jadi upayakan sebisa mungkin pola hidup sehat dikenalkan sejak dini.

 

Kesehatan anak memang dipengaruhi banyak faktor, mulai dari faktor internal dari diri si Kecil dan lingkungan eksternal. Nah, untuk memastikan kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi, Mums bisa memberikan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan tumbuh lebih optimal.