Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

6 Cara Membentuk Sistem Kekebalan Tubuh Si Kecil

6 Cara Membentuk Sistem Kekebalan Tubuh Si Kecil

Dalam masa tumbuh kembang si Kecil, pernahkah Mums mengalami satu titik dimana si Kecil mudah terserang penyakit? Meski tidak sering terjadi, masa seperti ini pasti pernah Mums alami. Padahal jika dilihat lagi, si Kecil tidak memiliki masalah pola hidup beberapa waktu belakangan. Hal ini sebenarnya, bisa disebabkan karena sistem kekebalan tubuh si Kecil yang sedang menurun Mums.
Sistem kekebalan tubuh, seperti Mums ketahui, merupakan pertahanan tubuh si Kecil pada segala hal yang memiliki dampak negatif untuk tubuh si Kecil. Mulai dari virus, bakteri, hingga penyakit yang mungkin menyebabkan gangguan kesehatan. Ketika kondisi sistem kekebalan dalam keadaan baik, maka idealnya si Kecil akan memiliki tubuh yang sehat.
Menurunnya kemampuan sistem kekebalan tubuh bisa disebabkan berbagai hal. Misalnya saja karena kurang istirahat, atau asupan nutrisi yang tidak terpenuhi, atau mungkin saja karena paparan lingkungan yang dapat menurunkan kondisi ini. Perubahan pada kondisi kekebalan tubuh ini tidak terjadi secara instan, namun memerlukan waktu tertentu.
Untuk menjaga kondisi kekebalan tubuh si Kecil, Mums bisa melakukan beberapa hal di bawah ini. Secara praktis, poin berikut ini akan membantu si Kecil meningkatkan keadaan kekebalan tubuhnya. Simak selengkapnya ya Mums.

Pemeriksaan Rutin

Untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatan dan kekebalan tubuh yang dimiliki si Kecil, sebaiknya Mums melakukan pemeriksaan atau kontrol kesehatan secara rutin. Meski sedang dalam kondisi sehat, kontrol ini diperlukan agar Mums dapat memahami benar kondisi kesehatan serta resiko apa yang ada dalam tubuh si Kecil.
Biasanya, pemeriksaan ini bisa dilakukan beberapa minggu atau bulan sekali. Wajarnya juga setiap keluarga memiliki dokter anak kepercayaan, sehingga dapat memberikan saran dan masukan serta tinjauan yang akurat. Jangan ragu untuk membawanya ke dokter agar dapat mengontrol kondisi kesehatan si Kecil ya Mums.

Kondisi Lingkungan

Untuk menjaga kondisi sistem kekebalan tubuhnya, Mums sebaiknya senantiasa menjaga kondisi lingkungan kehidupan si Kecil. Dalam artian, lingkungan juga akan berperan besar pada kondisi kesehatannya. Hindarkan dari asap rokok atau polusi lain yang bisa berefek negatif untuk kesehatannya.
Dengan lingkungan yang sehat, maka sistem kekebalan tubuh si Kecil akan terbentuk dengan baik. Sebaliknya, ketika lingkungan kurang sehat, maka sistem kekebalan tubuhnya tidak akan terbentuk sempurna dan menjadikan si Kecil mudah sakit.

Olahraga dan Gerak Fisik

Ketika olahraga rutin dilakukan, si Kecil akan memiliki tubuh yang sehat serta pertumbuhan yang optimal. Gerak aktif yang dilakukan ketika berolahraga akan membantu pengolahan nutrisi yang diserap tubuh dan mengkonversinya menjadi daya tahan tubuh yang kuat.
Meski terdengar kuno, olahraga terbukti dapat membantu menjaga kondisi kesehatannya. Terlebih jika Mums mendampingi si Kecil berolahraga, selain baik untuk kondisi kesehatan, hubungan Mums dan si Kecil akan semakin erat.

Pola Istirahat

Olahraga aktif akan memberikan dampak positif lebih besar jika disertai dengan pola istirahat yang tepat. Hormon pertumbuhan serta daya tahan tubuh si Kecil dapat bekerja secara optimal ketika tubuh si Kecil mendapatkan waktu istirahat yang cukup.
Selain waktu istirahat, Mums juga wajib memastikan bahwa kualitas tidur si Kecil tinggi. Bagaimana caranya? Dengan menyediakan kondisi istirahat yang kondusif dan nyaman, sehingga si Kecil bisa beristirahat dengan nyenyak.

Nuntrisi yang DIperlukan

Terpenting dari setiap poin yang disebutkan adalah kebutuhan nutrisi yang terpenuhi. Tubuh si Kecil, baik untuk tumbuh dan berkembang atau untuk membangun daya tahannya, memerlukan asupan nutrisi dalam jumlah tertentu. Nutrisi yang diserap tubuh si Kecil kemudian akan menjadi sumber utama untuk tumbuh kembang dan membangun daya tahan tubuhnya.
Nutrisi yang diperlukan ini tentu berasal dari makanan dan minuman yang bergizi. Kebutuhan Vitamin misalnya, bisa didapatkan melalui konsumsi berbagai buah-buahan. Untuk protein, Mums bisa memberikan susu atau olahan produk serupa. Menu makanan sehat bisa dengan mudah Mums dapatkan dari berbagai sumber dan disesuaikan dengan usia si Kecil.

Untuk membantu membentuk sistem kekebalan tubuh yang sempurna, keenam poin di atas perlu diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik. Memang tidak secara harafiah setiap poin harus dilakukan dengan ketat. Namun secara ideal dan praktis, keenam poin ini akan sangat membantu untuk membentuk daya tahan tubuh si Kecil ketika dilaksanakan sesuai dengan kondisi si Kecil.

Untuk membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, Mums bisa berikan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam. Mums juga bisa berkonsultasi secara langsung dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui situs resmi Friso dengan fitur live chat.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang