Lompat ke isi utama
Cara mempercepat pembukaan

6 Cara Mempercepat Pembukaan yang Alami, Sudah Coba Mums?

Cara mempercepat pembukaan yang alami sebaiknya dilakukan dengan tepat. Yuk, ketahui tipsnya di sini!

Di masa menuju persalinan, mungkin banyak Mums yang merasakan perasaan tak menentu karena menanti buah hati lahir ke dunia. Di balik perasaan tersebut, ada satu proses yang tidak bisa dilewatkan, yaitu mengetahui cara mempercepat pembukaan. Oleh karena itu, penting bagi Mums untuk mengetahui cara mempercepat pembukaan agar dapat menjalani persalinan dengan baik. 

Pembukaan adalah sebuah tahapan yang harus Mums lalui saat menuju persalinan yang menunjukkan seberapa besar terbukanya rahim sebagai jalur lahir untuk bayi dari dalam kandungan. Mengetahui cara mempercepat pembukaan juga memiliki peran penting dalam menentukan apakah proses persalinan Mums dilakukan secara normal atau caesar. Lantas, apa saja cara mempercepat pembukaan yang alami? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Cara Mempercepat Pembukaan Secara Alami

Sebagian besar Mums mungkin ingin menjalani persalinan normal. Itulah sebabnya, tak sedikit pula yang mencari cara mempercepat pembukaan secara alami agar bisa melahirkan buah hati dengan normal dan lancar. Berikut ini terdapat beberapa cara mempercepat pembukaan secara alami yang bisa Mums lakukan sendiri di rumah, antara lain: 

  1. Lebih sering berjalan kaki

    Aktivitas fisik yang ringan kerap kali dianjurkan bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar. Selain itu, berjalan kaki secara rutin juga ternyata dapat menjadi salah satu cara mempercepat pembukaan yang alami lho, Mums.

    Berjalan kaki dengan santai secara rutin dianggap bisa menjadi salah satu cara agar janin lebih cepat turun menuju jalur lahir. Ketika Mums sering melakukan aktivitas fisik ini, maka kepala janin akan bergerak menekan mulut rahim. Tekanan tersebut nantinya akan membantu proses pembukaan jadi lebih cepat. Tekanan yang dihasilkan pun akan menstimulasi kontraksi sehingga jalur lahir lebih mudah terbuka. 

    Saat melakukan aktivitas berjalan kaki sebagai salah satu cara mempercepat pembukaan, Mums tidak perlu melakukannya dalam waktu yang sangat lama dan jarak yang jauh. Lakukanlah sesuai dengan kemampuan Mums, misalnya berjalan kaki di sekitar rumah atau taman terdekat. 

    Apabila Mums terlalu memaksakan diri untuk berjalan kaki, tanpa memerhatikan kondisi kesehatan dan kandungan, justru hal tersebut akan berbahaya bagi janin. Oleh karena itu, pastikan Mums melakukan cara mempercepat pembukaan ini sesuai kemampuan.

  2. Rutin melakukan olahraga ibu hamil yang ringan

    Selain berjalan kaki, Mums juga bisa melakukan olahraga ibu hamil yang ringan sebagai salah satu cara mempercepat pembukaan. Banyak jenis olahraga khusus ibu hamil yang bisa Mums lakukan, di antaranya senam hamil, yoga, berenang, dan pilates. 

    Senam hamil menjadi salah satu olahraga yang sering menjadi pilihan sebagian besar Mums karena mudah dilakukan di rumah. Senam hamil biasanya terdiri dari beberapa tahap yang disesuaikan dengan usia kehamilan.

    Bagi Mums yang sedang menunggu waktu persalinan, senam kegel bisa menjadi pilihan terbaik sebagai salah satu cara mempercepat pembukaan. Ini karena senam kegel dinilai mampu membantu otot panggul jadi lebih elastis, apalagi jika cara mempercepat pembukaan ini dilakukan secara rutin. Apabila otot panggul elastis, maka akan membuat jalan lahir sekaligus proses persalinan lebih mudah dan lancar. Cara ini juga mampu mencegah risiko rahim turun di masa kehamilan. 

  3. Gunakan ball birth sebagai stimulasi kontraksi

    Cara mempercepat pembukaan selanjutnya yaitu menggunakan ball birth sebagai stimulasi. Ball birth adalah sejenis bola gym dengan ukuran, berat, dan fleksibilitas yang disesuaikan untuk ibu hamil sehingga lebih aman digunakan.

    Dengan menggunakan ball birth saat senam dapat membantu melancarkan proses persalinan sekaligus mengurangi rasa sakit saat kontraksi datang. Pastikan Mums melakukan cara mempercepat pembukaan ini dengan arahan yang tepat agar mampu mengurangi rasa sakit di bagian punggung. Selain itu, ball birth juga dapat membantu otot tubuh Mums jadi lebih elastis. 

    Sebagai permulaan, cobalah untuk membiasakan duduk di atas ball birth dengan posisi kaki yang lurus. Lakukan langkah tersebut secara perlahan dan bertahap hingga Mums bisa merasa nyaman. Cara mempercepat pembukaan ini cukup aman jika dilakukan dengan tepat. Oleh karena itu, Mums perlu bantuan suami agar dapat menjaga keseimbangan tubuh saat menggunakan ball birth. 

  4. Mandi dengan air hangat

    Seperti yang telah disebutkan, salah satu cara mempercepat pembukaan yaitu dengan membuat otot tubuh lebih elastis. Nah, cara lain agar otot elastis adalah menjaga tubuh Mums tetap merasa rileks. Hal tersebut bisa Mums lakukan di rumah dengan mandi air hangat.

    Mandi air hangat sebagai salah satu cara mempercepat pembukaan ini merupakan hal yang paling mudah untuk Mums lakukan. Selain itu, mandi air hangat juga bermanfaat agar mempercepat kontraksi, membuat tidur lebih nyenyak, membantu menghilangkan rasa nyeri yang Mums rasakan. 

    Meski begitu, mandi dengan air hangat bukanlah satu-satunya cara mempercepat pembukaan ya, Mums. Langkah ini tidak akan efektif jika Mums tidak melakukan cara lainnya. 

  5. Berhubungan intim 

    Cara mempercepat pembukaan selanjutnya yang diyakini dapat memancing kontraksi adalah melakukan hubungan intim dengan pasangan. Melansir laman resmi medicalnewstoday.com, penelitian menunjukkan bahwa berhubungan intim saat usia kehamilan di atas 36 minggu dapat menurunkan risiko terlambatnya waktu persalinan. Hal ini karena zat prostaglandin yang terdapat dalam sperma diyakini dapat memicu kontraksi pada Mums. Namun, Mums juga perlu memilih posisi berhubungan intim yang aman dan tidak membahayakan kehamilan.

  6. Buang air kecil secara teratur

    Menjelang waktu persalinan, banyak ibu hamil yang mudah merasa cemas. Munculnya perasaan ini terkadang membuat Mums haus dan secara tidak sadar jadi lebih sering minum dalam jumlah banyak. Seperti yang Mums ketahui, minum air putih memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

    Namun, saat menjelang persalinan, Mums juga harus memerhatikan frekuensi buang air kecil dengan benar. Pastikan untuk buang air kecil secara teratur dan jangan menahannya hanya karena malas ya, Mums. Pasalnya, kantung kemih yang penuh nantinya berisiko memperlambat proses pembukaan dan menghambat kontraksi yang berdampak pada proses persalinan. 

Itulah beberapa cara mempercepat pembukaan yang bisa dilakukan secara alami. Meskipun cara tersebut terlihat cukup mudah, tetapi Mums sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan. Pastikan untuk mengikuti anjuran dokter atau bidan untuk memantau perkembangan janin sejak trimester awal sampai menuju persalinan. Tak hanya itu, sambil menunggu waktu persalinan, Mums juga wajib mencukupi asupan nutrisi demi menjaga kesehatan janin dalam kandungan. 

Mums bisa melengkapi nutrisi harian yang berkualitas dan seimbang dengan rutin mengonsumsi susu khusus ibu hamil dan menyusui dari Frisomum Gold Dualcare+. Susu ini bisa menjadi nutrisi tambahan yang berkualitas dan dibutuhkan oleh Mums serta janin dalam kandungan. Ini karena susu Frisomum Gold Dualcare+ mengandung zat besi, kalsium, ALA/LA, prebiotik, probiotik, dan nukleotida untuk mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan sampai masa menyusui.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang