Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
6 Cara Mudah Mengatasi Alergi Kulit pada si Kecil

6 Cara Mudah Mengatasi Alergi Kulit pada si Kecil

Mums mungkin akan panik dan khawatir jika si Kecil tiba-tiba mengalami alergi kulit. Tenang saja, alergi pada bayi merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi dan masih bisa diatasi. Alergi ini terjadi ketika kulit meradang karena kontak langsung dengan alergen atau pemicu alergi. Secara umum, alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap zat asing yang dihirup, disuntikkan, tertelan, atau bahkan tersentuh.

Ketika si Kecil mengalami alergi, sistem kekebalan tubuhnya akan melepaskan histamin kimia sebagai respon terhadap pemicu alergi. Respon sistem imun tersebut dapat berupa eksim, gatal-gatal, dan ruam pada kulit si Kecil. Penyebab alergi kulit pada bayi bisa dari berbagai hal seperti debu, tungau, sabun, bedak bayi, dan detergen pakaian. Alergi pada si Kecil umumnya tidak bisa disembuhkan, namun bisa diatasi dan dicegah kemunculannya. Mums bisa mengikuti beberapa cara berikut ini untuk mengatasi dan mengurangi intensitas alergi kulit pada si Kecil.

Jaga Kelembapan Kulit si Kecil

6 Cara Mudah Mengatasi Alergi Kulit pada si Kecil

Alergi si Kecil dapat memburuk jika kulitnya kering. Maka, penting bagi Mums untuk selalu menjaga kelembapan kulitnya. Mums bisa menggunakan krim atau lotion untuk memberikan hidrasi yang cukup di kulit si Kecil. Kulit yang lembap akan mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan dari alergi serta membuat si Kecil lebih nyaman.

Jauhkan dari Penyebab Alergi Kulit

Hal yang bisa Mums lakukan untuk mengurangi munculnya intensitas alergi adalah mengetahui penyebab alergi pada si Kecil. Jika perlu, mintalah bantuan dokter untuk mengetahui penyebabnya. Biasanya, si Kecil harus menjalani beberapa tes lab untuk mengetahui asal alergi tersebut.

Setelah mengetahui penyebab alergi, sebaiknya jauhkan si Kecil dari pemicu alergi. Misalnya, si Kecil alergi terhadap sabun bayi yang digunakan. Mums bisa mengganti sabun tersebut dengan produk sabun lainnya.

Mandi Air Hangat

6 Cara Mudah Mengatasi Alergi Kulit pada si Kecil

Si Kecil yang mengalami alergi kulit cenderung rewel dan tidak nyaman dengan rasa gatal di tubuhnya. Mandi air hangat dipercaya dapat memperlancar sirkulasi darah dan membuat si Kecil rileks. Setelah mandi dengan air hangat, si Kecil biasanya akan mengantuk dan tidur lebih nyenyak. Cara ini tepat digunakan untuk mengatasi rewel yang disebabkan alergi kulit. Mandi air hangat ini tidak perlu dilakukan terlalu lama, cukup sekitar 3 sampai 5 menit saja. Jika ia berendam terlalu lama, kulitnya akan menjadi semakin kering dan dapat memperparah alergi.

Gunakan Produk yang Aman

Alergi bisa terjadi karena produk yang digunakan si Kecil tidak aman. Mums bisa menggunakan pembersih dan sabun yang bebas pewangi, pewarna, serta terbuat dari bahan-bahan alami. Hindari menggunakan jenis sabun yang keras untuk kulit si Kecil. Selain dapat membuat kulit kering, sabun yang keras akan menghancurkan kelembapan kulitnya. Jangan menggunakan sabun yang berbusa, karena busa mengandung detergen yang bisa merusak kulit bayi. Pilih produk-produk yang lembut dan aman untuk bayi, maka alergi pada si Kecil dapat teratasi dengan tepat.

Gunting Kuku si Kecil

6 Cara Mudah Mengatasi Alergi Kulit pada si Kecil

Secara umum, si Kecil pasti tidak bisa menahan rasa gatal akibat alergi yang dialaminya. Maklum saja, seringkali Mums melihat ia menggaruk-garuk kulit yang sedang mengalami alergi. Mums mungkin tidak bisa menghalangi keinginannya untuk menggaruk terus-menerus. Sebagai solusinya, Mums bisa mengatasinya dengan menggunting kuku si Kecil untuk mengurangi risiko terluka dan memperparah alerginya karena digaruk.

Jaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pemicu alergi bisa berasal dari debu, tungau, kuman, dan bakteri dari lingkungan sekitar. Coba Mums cek kondisi lingkungan sekitar. Mums harus rutin membersihkan lingkungan di sekitar si Kecil seperti tempat tidur, lantai, dan peralatan si Kecil setiap hari. Setidaknya, cara ini dapat mengurangi risiko alergi pada si Kecil yang bisa semakin parah.

Baca Juga: Alergi Debu Pada Anak Apakah Berbahaya?

Jika gejala-gejala alergi si Kecil tak kunjung membaik, segera bawa si Kecil ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Dokter akan melakukan diagnosa dan memberikan penanganan yang sesuai agar kondisi si Kecil membaik.

Secara umum, alergi kulit si Kecil dapat dicegah dan diatasi dengan perawatan yang baik dari Mums. Jagalah kebersihan, kelembapan, dan kesehatan kulitnya. Merawat kulit si Kecil merupakan perlindungan pertama dari luar yang bisa Mums lakukan. Dengan kesehatan kulit yang baik, si Kecil akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tetap terlindung dari bakteri dan kuman yang berbahaya bagi tubuhnya.

Selain perawatan dari luar, Mums juga harus mencukupi asupan nutrisinya sebagai perlindungan dari dalam. Mums perlu memberikan ASI serta makanan pendamping kaya nutrisi agar daya tahan tubuh si Kecil kuat. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya, Mums juga dapat memberikan Friso Gold 3. Lengkap dengan ALA, LA, Prebiotik, Nukleotida, Vitamin A, C, dan E, Zat Besi, serta Selenium, Friso Gold 3 dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan si Kecil. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas nutrisi yang terkandung di dalam susu sehingga lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh si Kecil.