Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

6 Mainan Anak 1 Tahun Favorit si Kecil

6 Mainan Anak 1 Tahun Favorit si Kecil

Bermain, pada usia berapapun akan selalu menjadi hal yang seru untuk si Kecil. Jenis mainan yang digunakan bisa beragam. Misalnya untuk mainan anak 1 tahun, terdapat berbagai jenis mulai dari balok susun, alat musik yang dapat mengeluarkan bunyi, dan sebagainya. Tentu saja, setiap mainan ini tidak hanya memberikan kebahagiaan untuk si Kecil namun juga memberikan rangsangan pada tumbuh kembang fisik dan kecerdasannya.

Kesenangan dan kebahagiaan yang muncul pada si Kecil memang faktor besar dalam proses belajarnya. Dengan nuansa hati yang gembira, maka ia akan merasa nyaman dan rangsangan yang diberikan lebih mudah diserap. Namun demikian tidak semua jenis rangsangan disukai oleh si Kecil. Biasanya setiap anak akan memiliki mainan favoritnya sendiri dalam masa awal kehidupannya.

Jika dilihat, setidaknya ada 6 mainan yang biasanya menjadi favorit anak usia sekitar 1 tahun. Apa saja mainan tersebut? Simak selengkapnya pada uraian di bawah ini ya Mums!

Tepat Menaruh Barang atau Wadah

Si Kecil dalam masa bermainnya secara sadar atau tidak akan memiliki kecenderungan untuk mengisi benda yang memiliki volume tertentu. Berbagai barang dapat dimasukkan ke dalam benda tersebut untuk membuatnya penuh, kemudian kembali dikeluarkan.

Mainan seperti ini yang paling umum adalah kotak kayu dengan lubang berbagai bentuk yang dapat dimasuki dengan balok kayu dengan bentuk yang sama. Si Kecil akan berusaha menemukan pasangan untuk balok yang dipegangnya kemudian memasukkan balok tersebut pada lubang yang tepat. Selain rangsangan pada gerak tangan dan kemampuan mengenali objek, ini juga akan memberikan rangsangan yang baik pada kemampuan spasial si Kecil.

Mainan atau Balok Susun

Disadari atau tidak si Kecil juga akan menyukai kegiatan menyusun barang. Mulai dari balok, gelas, atau segala macam benda akan disusun untuk membuat menara. Mungkin pada awalnya si Kecil butuh sedikit dorongan motivasi dengan contoh dari Mums, namun selebihnya dia akan menemukan caranya sendiri.

Bermain menyusun benda dapat memberikan stimulus pada kekuatan otot tangan dan kemampuannya menyeimbangkan benda. Sedikit porsi logika juga akan terlatih ketika si Kecil bermain permainan ini. Biasanya balok yang disusun juga memiliki aneka bentuk dan warna, yang juga baik untuk pengenalan keduanya pada si Kecil.

Menjatuhkan Barang

Well, siapa yang tidak pernah melihat si Kecil bermain dengan barang kemudian dengan sengaja menjatuhkannya? Apa ekspresi yang muncul? Tentu adalah gelak tawa si Kecil. Masih menjadi misteri mengapa si Kecil menyukai permainan seperti ini, mungkin saja hanya karena melihat ekspresi Mums atau bunyi yang ditimbulkan.

Kekuatan genggaman sangat terasah untuk bermain hal seperti ini, bersamaan dengan ujian kesabaran Mums. Bagaimana tidak, barang yang telah diambil dan diberikan di hadapan si Kecil akan terus menerus dijatuhkan. Selalu sabar dan telaten menghadapi keisengan si Kecil ya Mums!

Mobil-Mobilan

Tidak secara harafiah hanya mobil-mobilan saja, namun semua barang yang memiliki roda dan bisa ditarik olehnya. Kegembiraan si Kecil muncul ketika ia merasa ada sesuatu yang dapat dikendalikannya dengan kemampuan yang dimiliki.

Berikan mainan mobil-mobilan yang sesuai dengan ukuran tubuh dan kemampuan fisiknya. Jika ada dan memungkinkan, Mums bisa memberikan mainan yang bisa berbunyi ketika ditarik agar dapat menimbulkan lebih banyak kebahagiaan untuk si Kecil.

Bola

Dengan satu benda ini saja si Kecil dapat melakukan berbagai permainan dan gerakan. Lempar tangkap, menendang, menyundul, mengejar bola, dan banyak lagi. Permainan dengan media bola bisa dilakukan bersama antara Mums dan si Kecil untuk memberikan rasa nyaman dan keintiman untuk si Kecil.

Tentu saja rangsangan yang diberikan juga akan sangat kuat pada faktor gerak dan koordinasi anggota tubuhnya. Permainan bola sangat digemari ketika ia mulai bisa berpindah tempat sendiri, seperti merangkak atau belajar berjalan.

Telepon

Mums tentu pernah membelikan si Kecil mainan berupa telepon. Nyatanya, objek berbentuk telepon sendiri sudah sangat erat dengan kehidupan si Kecil. Kekagumannya akan muncul manakala ia mendengar suara lain dari dalam telepon tersebut.

Di lain sisi, si Kecil menyukai barang ini karena Mums mungkin banyak menghabiskan waktu dengan menggunakan barang tersebut. Merasa mendapat cukup banyak perhatian dan cukup menarik untuk terus digunakan, rasa penasaran si Kecil akan muncul dan ia akan menemukan kesenangan dari mainan atau telepon yang sesungguhnya.

Mainan anak 1 tahun sendiri memang tidak hanya 6 jenis yang disebutkan di atas, namun secara umum setiap mainan tersebut pernah dan disukai si Kecil. Untuk mendukung tumbuh kembangnya, Mums harus senantiasa memberikan rangsangan yang intens serta dukungan nutrisi yang mencukupi. Berikan Friso Gold 3 untuk si Kecil ketika proses ini berlangsung. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan mempu menyerap rangsangan dengan baik. Mums juga dapat berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui situs resminya dengan fitur live chat.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang