Lompat ke isi utama
Manfaat buah leci

6 Manfaat Buah Leci Bagi Kesehatan Anak, Catat Mums!

Manfaat buah leci bukan hanya mencegah sembelit, tetapi juga penting bagi kesehatan tubuh anak secara keseluruhan

Sepertinya sebagian besar anak menyukai buah yang satu ini ya, Mums? Rasanya yang manis dan segar membuat leci menjadi salah satu buah yang sering tersedia di beberapa jenis hidangan yang menyegarkan, seperti minuman kekinian kesukaan anak. Di balik rasa manisnya, ternyata manfaat buah leci cukup penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak lho. 

Manfaat buah leci muncul berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Ada beberapa nutrisi dalam buah leci yang penting bagi tubuh, di antaranya karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, tembaga, kalium, kalsium, mangan, fosfor, dan magnesium. Selain itu, buah leci juga kaya akan senyawa tumbuhan yang berperan sebagai antioksidan. Berikut ini 2 jenis senyawa antioksidan yang terkandung dalam buah leci:

  • Epikatekin, yaitu jenis antioksidan flavonoid yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung dan membantu menurunkan risiko diabetes
  • Rutin, yaitu jenis antioksidan flavonoid yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis, seperti jantung hingga kanker 

Sama seperti jenis buah lainnya, salah satu manfaat buah leci yaitu berperan penting dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan anak berkat kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Eits, manfaat buah leci tak sampai di situ nih, Mums. Ada beragam manfaat buah leci lainnya yang wajib Mums ketahui. Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Manfaat Buah Leci Bagi Kesehatan Anak

Berikut ini beberapa manfaat buah leci berdasarkan kandungan nutrisi di dalamnya, antara lain:

  1. Mencegah sembelit atau konstipasi

    Seperti yang telah disebutkan ya, Mums, manfaat buah leci hampir sama seperti jenis buah lainnya, yaitu dapat melancarkan saluran pencernaan. Jika saluran pencernaan lancar, maka anak pun akan terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit atau konstipasi.

    Manfaat buah leci ini bisa didapatkan berkat kandungan serat dan air yang cukup tinggi. Tahukah Mums bahwa kandungan serat dalam buah leci juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik (probiotik) di dalam susu anak. Apabila ususnya sehat, maka sistem imunnya pun akan lebih kuat. 

  2. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Manfaat buah leci selanjutnya yaitu membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Manfaat buah leci ini bisa didapatkan berkat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Vitamin C dan antioksidan mampu menjaga sistem imun tubuh agar lebih kuat untuk melawan serangan radikal bebas. 

    Meskipun begitu, buah leci bukan satu-satunya makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh ya, Mums. Sistem imun anak perlu ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang lainnya, salah satunya adalah protein. 

    Tak hanya itu, daya tahan tubuh anak juga akan lebih meningkat jika Mums membiasakan pola hidup sehat dan aktif yang mencakup rutin berolahraga, istirahat yang cukup, penuhi kebutuhan cairan harian, serta menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

  3. Menjaga kesehatan jantung

    Manfaat buah leci yang tak kalah penting yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Ini karena leci mengandung antioksidan, kalium, dan serat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Nutrisi tersebut diketahui berperan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), menjaga tekanan darah anak tetap stabil, dan membantu mengurangi risiko terbentuknya sumbatan atau plak pada pembuluh darah di jantung. 

    Perlu Mums ingat kembali, selain memberikan anak buah leci, Mums juga perlu memberikan ia makanan bergizi lain, menjaga berat badannya tetap ideal, dan rutin mengajak ia untuk melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan agar jantungnya tetap sehat, ya. 

  4. Menangkal radikal bebas

    Selain vitamin C, leci juga mengandung antioksidan lain, seperti polifenol. Kandungan ini berperan penting untuk menangkal efek radikal bebas yang bisa memicu berbagai penyakit pada anak, seperti alergi, asma, dan diabetes. Selain itu, manfaat buah leci berkat kandungan antioksidan juga berperan penting untuk mendukung tumbuh kembang anak secara keseluruhan.

  5. Mendukung kesehatan tulang

    Manfaat buah leci yang sayang untuk dilewatkan yaitu untuk mendukung kesehatan dan kekuatan tulang anak. Ini karena leci termasuk buah yang mengandung kalsium dan kalium, yaitu mineral yang sangat baik untuk mendukung kesehatan dan kepadatan tulang. Kalsium dan kalium ini bekerja sama dengan protein serta vitamin D untuk mengoptimalkan manfaat buah leci untuk kesehatan tulang anak. Selain itu, kalium juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan otot dan sistem saraf.

  6. Membantu menambah energi dalam tubuh

    Seperti yang Mums ketahui, anak-anak membutuhkan energi yang cukup untuk bisa beraktivitas dengan baik. Apalagi di masa tumbuh kembang, anak-anak cenderung akan lebih aktif bergerak, bermain, dan melakukan berbagai kegiatan yang menguras energi. Nah, manfaat buah leci bisa menjadi nutrisi tambahan yang dapat menambah energi dalam tubuh anak. Sebab, manfaat buah leci ini bisa didapatkan berkat kandungan kalori, gula alami, karbohidrat, serta protein di dalamnya.

    Meski demikian, leci bukanlah satu-satunya makanan yang menambah energi ya, Mums. Untuk mencukupi kebutuhan energi anak lebih optimal, Mums sebaiknya memberikan ia asupan karbohidrat, protein, dan lemak yang seimbang dalam setiap menu makan hariannya. 

Itulah berbagai manfaat buah leci bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Walaupun manfaat buah leci cukup beragam, tetapi Mums sebaiknya tidak membiarkan anak mengonsumsi buah leci terlalu banyak, ya. Terlebih jika ia memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti diabetes.

Hal tersebut dikarenakan leci termasuk buah yang memiliki kandungan gula cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan gula darah anak meningkat jika ia mengonsumsi buah leci secara berlebihan. 

Selain memberikan buah leci kepada anak, Mums juga dianjurkan untuk memberikan ia beragam makanan bernutrisi, seperti susu pertumbuhan yang menggunakan metode single process. Metode single process adalah proses pengolahan satu kali sehingga kandungan nutrisi alami di dalamnya tidak rusak. Dengan begitu, nutrisi di dalam susu pertumbuhan tersebut lebih mudah dicerna oleh anak.

Nah, susu pertumbuhan yang menggunakan metode single process yaitu susu FRISO Gold 3 yang mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. 

FRISO Gold 3 merupakan susu bernutrisi tinggi yang diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang