Lompat ke isi utama
Manfaat Tidur Siang

6 Manfaat Tidur Siang yang Baik Bagi Pertumbuhan Si Kecil

Selain asupan nutrisi, waktu istirahat yang cukup memegang peranan penting dalam tumbuh kembang anak, lho Mums. Salah satunya adalah tidur siang. Manfaat tidur siang dinilai mampu menjaga tumbuh kembang anak secara seimbang dan optimal. Namun kerap kali manfaat tidur siang seakan terlewatkan, karena takut mengganggu waktu tidur anak di malam hari. Padahal, di masa pertumbuhannya, anak cenderung memiliki perilaku aktif sehingga manfaat tidur siang bisa membawa dampak positif dengan baik.

Perilaku anak yang aktif di masa tumbuh kembangnya ini tentu saja menguras energi yang besar dalam kesehariannya. Tentu saja istirahat, seperti tidur siang jadi salah satu cara yang efektif agar tubuh si buah hati bisa mengisi kembali energi yang telah dikeluarkan dari aktivitas yang dilakukan sebelumnya.

Manfaat tidur siang bagi si kecil

Perlu dipahami juga, ya Mums, bahwa anak-anak memang memerlukan waktu istirahat yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Jadi Mums tidak perlu cemas apakah dengan tidur siang anak akan jadi kurang aktif. Mari membahas lebih lengkap tentang manfaat tidur siang.

  1. Menjaga tumbuh kembang secara optimal

    Sebagaimana yang sudah diinformasikan pada paragraf sebelumnya, salah satu manfaat tidur siang yang bisa didapatkan oleh si kecil adalah membantu tubuh untuk dapat berkembang secara optimal. Aspek pertumbuhan yang baik berkat manfaat tidur siang ini juga memengaruhi perkembangan fisik dari si kecil. Tidur siang dinilai memberikan manfaat agar anak tumbuh dengan tinggi serta berat badan yang ideal. 

    Pasalnya, dengan memaksimalkan manfaat tidur siang ini, akan membantu tubuh dalam menyerap asupan yang dikonsumsi oleh anak-anak sekaligus juga memperbaiki metabolisme, sehingga nutrisi yang dibutuhkan di masa pertumbuhan dapat disebar secara optimal. 

  2. Memperbaiki suasana hati anak

    Manfaat tidur siang yang bisa didapatkan oleh si kecil adalah suasana hati yang selalu riang dan ceria. Mengingat kebutuhan istirahat anak lebih besar dibandingkan oleh orang dewasa, ternyata tidur yang cukup memiliki kaitan yang erat terhadap kondisi emosi anak. Beberapa studi sempat membuat riset dan menemukan bahwa anak-anak yang memiliki waktu tidur siang yang cukup dapat membantu si kecil dalam mempunyai respons emosi yang lebih stabil. Respons emosi yang stabil berkat manfaat tidur siang tersebut akan membantu anak untuk mudah memiliki suasana hati yang menyenangkan agar tidak mengganggu aktivitas keseharian dalam mengoptimalisasi tumbuh kembangnya. 

    Baca juga: Stimulasi Adalah Tanda Penting bagi Perkembangan

  3. Memperbaiki sel tubuh yang rusak

    Di masa tumbuh kembangnya, anak cenderung memiliki perilaku yang aktif, sehingga membutuhkan energi yang tidak hanya besar, tapi tubuh si kecil juga harus punya sistem pengembalian atau pengisian kembali energi yang baik juga. Agar tubuh mampu menjalankan perannya dalam mengembalikan energi yang dikeluarkan anak pada aktivitas bermain dan belajarnya, tidur siang bisa jadi salah satu cara yang baik untuk diterapkan dalam keseharian. 

    Aktivitas yang dilakukan oleh anak pun memiliki risiko rusaknya sel di dalam tubuh yang dapat membuat proses perkembangan jadi tidak optimal. Namun perlu Mums ketahui bahwa, manfaat tidur siang lainnya juga memberi dampak positif agar tubuh mampu memperbaiki sel yang rusak tersebut. Sel tubuh yang diperbaiki tersebut juga berperan dalam mempersiapkan stamina yang dibutuhkan untuk melanjutkan aktivitas anak.

  4. Membuat anak jadi lebih fokus

    Di masa pertumbuhannya, proses belajar yang mudah dan menyenangkan jadi aktivitas yang penting. Agar anak dapat mudah menyerap proses belajar yang dilakukan dari aktivitas sehari-harinya, anak tentu membutuhkan kemampuan fokus dan konsentrasi yang baik. Perlu diketahui bahwa manfaat tidur siang juga ternyata dapat berguna untuk merangsang fokus serta konsentrasi anak di saat belajar. Rangsangan konsentrasi ini tidak hanya dapat membuat anak tumbuh jadi pintar, tapi juga bisa mengasah nalar, sehingga anak mudah memahami hal-hal baru di sekitarnya. 

  5. Memperkuat daya ingat

    Selain konsentrasi, dalam tahap belajar di masa perkembangannya, anak juga membutuhkan daya ingat yang optimal. Daya ingat yang optimal ini ternyata juga jadi salah satu manfaat tidur siang yang baik terutama bagi perkembangan otak si kecil. Di usia 1 hingga 3 tahun, proses belajar anak biasanya sangat dipengaruhi oleh aspek visual, seperti melihat gambar. Dengan daya ingat yang kuat, anak akan mudah mengenali hal-hal baru yang sebelumnya sudah pernah diajarkan melalui gambar yang biasa jadi salah satu sarana belajarnya. Kebiasaan tidur siang sejak dini juga membantu mempersiapkan kemampuan otak si kecil ketika anak sudah mulai memasuki masa sekolah nantinya. Jadi manfaat tidur siang ini menghadirkan kebaikan dalam jangka waktu yang panjang

  6. Tidur malam jadi nyenyak

    Mungkin Mums suka khawatir jika anak sering tidur siang nantinya akan mengganggu pola tidur di malam hari. Padahal, manfaat tidur siang dengan cukup lainnya dapat memberikan manfaat baik bagi pola istirahat kecil di waktu malam. Si kecil yang rutin tidur di siang hari cenderung akan mendapatkan kualitas tidur yang baik, sehingga anak bisa tidur dengan nyenyak di malam hari. Kualitas tidur yang baik berkat manfaat tidur siang ini ternyata dipengaruhi dari suasana hati atau mood anak yang baik juga. Dengan suasana hati yang riang berkat manfaat tidur siang, mampu mengurangi rasa gelisah yang mungkin sulit diungkapkan oleh anak jika suasana hatinya tidak menentu.

    Baca juga: Anak Menangis Tengah Malam? Ini Penyebabnya

Waktu tidur siang ideal bagi anak

Meskipun manfaat tidur siang memberikan dampak yang baik bagi pertumbuhan serta aspek lain dalam kesehariannya, Mums juga perlu memerhatikan waktu tidur siang yang ideal. Perlu dipahami bahwa durasi tidur siang yang dibutuhkan si kecil ini berbeda-beda dan mungkin tidak akan bisa diterapkan pada waktu yang sama setiap harinya. 

Namun perlu dicatat, semakin dini usia anak, semakin besar durasi tidur siang yang dibutuhkan oleh si kecil. Secara usia, di rentang 1 hingga 5 tahun, anak membutuhkan durasi selama 1 hingga 3 jam untuk mendapatkan manfaat tidur siang yang optimal bagi waktu istirahatnya. Sedangkan untuk usia 5 tahun ke atas, biasanya anak hanya membutuhkan durasi selama 30 menit hingga 2 jam saja. Mums juga perlu memantau aktivitas apa yang dilakukan sebelum tidur siang agar bisa menentukan durasi yang tepat dari si kecil. Selain itu, pastikan waktu tidur siang si kecil tidak terlampau sore agar mengurangi kesulitan tidur di malam hari.

Meskipun manfaat tidur siang punya peran baik bagi pertumbuhan si kecil, tentu saja asupan nutrisi lengkap dan seimbang jadi aspek utama yang perlu Mums perhatikan. Dalam melengkapi asupan nutrisi harian si kecil, Mums bisa menghadirkan susu pertumbuhan yang berkualitas, salah satu pilihannya adalah susu FRISO Gold 3 yang mengandung nutrisi alami tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. Susu FRISO Gold 3 juga diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang