Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

shutterstock-202280893_I6H0DDAyaJ

6 Nutrisi Alami untuk Perkuat Sistem Imun Anak

6 makanan peningkat daya tahan tubuh berikut ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan lho, Mum. Simak, yuk!

Tahukah Mum? Di samping memberikan vaksin, upaya meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil juga bisa dilakukan dengan rutin memberikan aneka jenis asupan alami. Selain mudah didapat, beberapa asupan alami yang memperkuat sistem imun ternyata ada juga yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan anak. Penasaran apa saja? Berikut info selengkapnya.

Aktivitas yang bisa dilakukan

1.Bawang Putih

Tahukah Mum? Tak sekadar melezatkan masakan, bawang putih ternyata juga baik untuk memperkuat sistem imun serta menjaga kesehatan sistem pencernaan, lho!

Seorang ahli nutrisi holistik dari Amerika Serikat bernama Andrea Moss menjelaskan, bawang putih mengandung senyawa antivirus dan antibakteri alami yang disebut Allicin. Senyawa ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus dan bakteri, termasuk virus penyebab flu. Tak heran, dokter biasanya akan menyarankan pasien dengan gejala flu untuk mengonsumsi satu siung bawang putih mentah yang sudah dipotong-potong kecil sehingga lebih mudah ditelan.

Tak sekadar meningkatkan imunitas tubuh, bawang putih juga bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat, Mum. Bawang putih mampu memperlambat proses pengosongan lambung, sehingga si Kecil merasa kenyang dan berenergi lebih lama. Dengan begini, durasi bermain dan bereksplorasi si Kecil pun bisa berlangsung lebih lama.

2.Bayam

Bayam menjadi makanan berikutnya yang bisa Mum pilih. Tak hanya menjadi sumber Kalium dan Magnesium yang berperan sebagai elektrolit tubuh, sayuran hijau satu ini juga membantu menstabilkan energi tubuh dengan menjaganya tetap terhidrasi.

Bayam juga tinggi kandungan Vitamin C. Hal inilah yang membuatnya masuk ke dalam daftar asupan alami yang baik dalam menjaga kekebalan tubuh. Kandungan serat yang tinggi pada daun dan batang bayam juga baik untuk memperlancar sistem pencernaan, sehingga si Kecil terhindar dari sembelit. Mum bisa menyajikan 1-2 porsi sayur bayam per minggu untuk balita tersayang agar ia mendapatkan semua manfaat baik sayuran yang satu ini.

3.Brokoli

Seperti halnya bayam, brokoli juga tinggi kandungan Vitamin C, Mum. Dengan demikian, sayuran hijau ini jelas bermanfaat dalam membantu Mum memperkuat kekebalan tubuh anak dari berbagai bakteri, virus, dan jamur yang membahayakan kesehatan.

Brokoli

Selain itu, bagian batang dan daun pada brokoli adalah sumber serat alami yang baik untuk tubuh. Oleh sebab itu, mengonsumsi sayur ini secara teratur akan berdampak positif pada kesehatan organ pencernaan si Kecil, Mum. Supaya si Kecil tak bosan, Mum bisa menyajikan olahan brokoli untuk si Kecil 1-2 porsi per minggu.

4.Jamur

Asupan selanjutnya yaitu jamur, Mum. Selain sumber Vitamin D yang baik, jamur juga mengandung Zinc yang bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh dari berbagai penyakit. Di samping itu, karena mengandung serat alami, konsumsi jamur secara rutin akan membantu mempercepat proses pembusukan sisa makanan di dalam sistem cerna si Kecil, sehingga usus halus, usus besar, dan saluran pembuangannya senantiasa sehat.

Mum bisa mengkreasikan jamur ke dalam aneka jenis masakan yang disukai si Kecil (misalnya ditumis, dioseng, atau dimasukkan ke dalam campuran sup) dan sajikan untuk anak 1-2 minggu sekali.

5.Semangka

Buah segar dengan kandungan air melimpah satu ini juga bisa menjadi alternatif pilihan, Mum. Di balik rasanya yang menyegarkan, semangka mengandung Vitamin C dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga mampu membantu tubuh lebih kebal dari serangan virus, bakteri, dan jamur.

Semangka

Kandungan serat dan air yang melimpah juga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, karena keduanya membantu melumasi sistem pencernaan tubuh sehingga lebih lancar saat memproses makanan. Untuk penyajiannya, Mum bisa memberikan sepotong semangka setiap hari untuk si Kecil, sebelum ia mengonsumsi makanan berat.

6.Yogurt

Selain kelima asupan di atas, Mum juga bisa menjatuhkan pilihan pada yogurt. Tak hanya membantu meningkatkan kekebalan alami tubuh, yogurt juga tinggi kandungan Kalsium yang bermanfaat menjaga kesehatan tulang serta menjadi sumber Probiotik dan Prebiotik alami untuk tubuh. Probiotik ialah sejenis bakteri yang menguntungkan bagi kesehatan sistem pencernaan, sementara Prebiotik ialah makanan untuk Probiotik.

Mum bisa memberikan sebotol yogurt pada si Kecil 2-3 hari sekali. Mengingat rasanya cenderung asam, usahakan perut si Kecil tidak sedang dalam keadaan kosong saat Mum memberinya asupan ini, ya.

Nah, itulah enam asupan yang baik Mum berikan pada si Kecil untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak sekaligus menjaga kesehatan pencernaannya. Di samping memberikan keenam asupan tadi, sajikan juga segelas susu kaya nutrisi untuk si Kecil setiap hari agar ia tumbuh optimal ya, Mum. Terkait hal ini, Friso Gold 4 bisa menjadi pilihan Mum.

Diperkaya Prebiotik, susu anak ini membantu menjaga kadar bakteri baik di usus si Kecil agar ia terlindungi dari bakteri jahat pemicu hadirnya beragam gangguan pencernaan. Dengan kandungan ALA, LA, Nukleotida, Vitamin A, C, dan E, Zinc, Zat Besi, serta Selenium, Friso Gold 4 juga membantu Mum memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil agar ia tumbuh sehat dan kuat dari dalam. Terakhir namun tak kalah penting, Friso juga diproduksi dengan teknologi Locknutri untuk memastikan kualitas Protein di dalam susu selalu terjaga. Dengan begitu, nutrisinya pun lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh si Kecil, Mum.

Akhirnya, terus semangat dalam menjaga kesehatan pencernaan anak dan daya tahan tubuhnya ya, Mum!