Lompat ke isi utama
6 Penyebab Mulut Pahit saat Hamil dan Cara Mengatasinya

6 Penyebab Mulut Pahit saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Mulut pahit saat hamil memang hal yang tergolong normal, tetapi jika kondisi ini sering muncul pasti akan mengganggu kenyamanan Mums

Mulut pahit saat hamil menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh sebagian besar Mums. Kondisi mulut pahit saat hamil umumnya disebabkan oleh perubahan hormon hingga munculnya gangguan kesehatan yang berkaitan dengan kondisi tersebut. Dalam istilah medis, mulut pahit saat hamil biasa disebut dysgeusia. 

Gejala yang biasanya dikeluhkan yaitu mulut terasa asam, pahit, atau asin seperti tersentuh logam, bahkan pada kondisi yang lebih serius, mulut akan terasa tengik dan bau busuk. Kondisi mulut pahit saat hamil ini kemungkinan besar dapat mengganggu kenyamanan Mums, terutama pada usia kehamilan trimester awal.

Namun, Mums tidak perlu khawatir karena kondisi mulut pahit saat hamil bisa diatasi dengan beberapa langkah pertolongan pertama di rumah. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, akan lebih baik jika Mums memahami dulu penyebab munculnya rasa pahit di mulut. Simak penjelasannya berikut ini, ya! 

Apa Saja Penyebab Mulut Pahit saat Hamil?

Dalam mengatasi rasa pahit di mulut, maka Mums perlu mengetahui dulu penyebab yang memicu kondisi tersebut. Sebab, terdapat berbagai penyebab mulut pahit saat hamil yang dirasakan oleh masing-masing Mums. Dengan begitu, cara mengatasi kondisi ini bisa dilakukan sesuai dengan faktor pemicunya.

Nah, berikut ini beberapa penyebab mulut pahit saat hamil yang mungkin dirasakan oleh Mums, antara lain:

  1. Perubahan hormon

    Perubahan hormon kehamilan menjadi salah satu penyebab munculnya rasa pahit di mulut. Itulah sebabnya, mulut pahit saat hamil berkaitan erat dengan morning sickness, terutama pada trimester awal kehamilan. 

    Saat adanya perubahan hormon kehamilan, Mums mungkin saja akan mengalami gangguan pada indra perasa, seperti lidah. Kondisi ini yang memicu sebagian besar ibu hamil mengalami morning sickness. 

  2. Masalah pada gigi

    Apakah Mums rutin membersihkan gigi secara teratur? Jika tidak, maka hal tersebut bisa jadi penyebab kondisi mulut pahit saat hamil lho. Sebab, gigi yang tidak dibersihkan secara teratur dapat memicu penumpukan bakteri di dalam mulut, sehingga muncul masalah pada gigi, seperti radang gusi dan infeksi gigi.

    Masalah inilah yang membuat mulut pahit saat hamil. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan membersihkan gigi secara rutin untuk mengurangi penumpukan bakteri dalam mulut. 

    Baca juga: Perbedaan Sakit Perut saat Hamil Muda yang Normal dan Berbahaya

  3. Penyakit asam lambung

    Penyakit asam lambung juga termasuk penyebab kondisi mulut pahit saat hamil yang perlu Mums waspadai. Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan kondisi naiknya asam lambung dan enzim pencernaan dari lambung ke kerongkongan. 

    Kondisi tersebut disebabkan oleh kebiasaan berbaring segera setelah makan, mengonsumsi makanan pedas, kebiasaan merokok, kebiasaan makan dalam porsi yang besar, serta terbiasa konsumsi minuman beralkohol, serta stres yang berlebihan. 

  4. Konsumsi suplemen vitamin

    Sebagian Mums mungkin akan mengonsumsi vitamin dan mineral berbentuk suplemen untuk mendukung kesehatan selama masa kehamilan, terutama asam folat dan zat besi. Namun, konsumsi suplemen yang mengandung zat besi ternyata bisa menyebabkan kondisi mulut terasa pahit saat hamil lho, Mums. 

    Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi suplemen kehamilan, sebaiknya Mums konsultasi dulu dengan dokter agar mendapatkan rekomendasi yang tepat. Selain memicu kondisi mulut pahit saat hamil, konsumsi suplemen yang tidak tepat juga berpotensi menyebabkan komplikasi lain. 

  5. Paparan zat kimia

    Penyebab mulut pahit saat hamil lainnya yaitu akibat paparan zat kimia yang tidak sengaja terhirup. Ketika Mums menghirup zat kimia yang mengandung merkuri atau timbal, maka kemungkinan besar akan memicu rasa pahit di dalam mulut. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk menghindari paparan zat kimia, salah satunya asap rokok. 

  6. Konsumsi obat-obatan tertentu

    Ibu hamil yang mengalami kondisi medis tertentu biasanya membutuhkan obat-obatan tertentu yang telah diresepkan oleh dokter kandungan. Obat-obatan ini berguna untuk mendukung kesehatan Mums dan janin.

    Namun, pada beberapa kasus, efek samping obat tertentu ternyata dapat memicu mulut pahit saat hamil lho. Meskipun rasa pahit di mulut biasanya tidak berlangsung lama, namun kondisi tersebut dapat mengganggu kenyamanan Mums.

Baca juga: 12 Pantangan Ibu Hamil yang Wajib Dihindari

Bagaimana Mengatasi Mulut Pahit saat Hamil?

Meskipun umumnya mulut pahit saat hamil akan hilang dengan sendirinya, tetapi kondisi ini pasti membuat Mums tidak nyaman. Bahkan, kondisi ini dapat menghilangkan nafsu makan yang bisa mengganggu kesehatan Mums dan janin dalam kandungan.

Untuk mengurangi rasa pahit di mulut, ada beberapa langkah yang bisa Mums lakukan, antara lain:

  • Netralkan dengan garam

    Terkadang, rasa pahit di dalam mulut muncul dikarenakan ibu hamil sangat sensitif terhadap makanan manis. Jika kondisi ini dialami oleh Mums, tak ada salahnya untuk menambahkan sejumput garam pada makanan yang dikonsumsi, khususnya makanan yang manis. 

  • Tambahkan perisa asam 

    Kondisi mulut pahit saat hamil dapat dihilangkan dengan mengonsumsi makanan yang memiliki rasa asam. Sebagai contoh, air dingin yang ditambahkan perasan lemon atau daging yang direndam dalam perasan jeruk nipis sebelum dimasak. Selain membantu mengurangi rasa pahit pada mulut, rasa asam juga dapat merangsang produksi air liur sekaligus indra pengecap. 

  • Upayakan untuk makan apa saja

    Jika Mums tidak bisa mengonsumsi makanan tertentu karena memunculkan rasa pahit dalam mulut, maka upayakan untuk mengonsumsi makanan apapun yang bisa Mums makan. 

    Meskipun mengganggu kenyamanan, Mums tidak perlu khawatir berlebihan akan kekurangan gizi karena rasa pahit tersebut, karena kondisi ini akan berangsur hilang saat usia kehamilan memasuki trimester kedua. Namun, Mums tetap perlu berkonsultasi dengan dokter jika kondisi mulut pahit saat hamil muncul secara terus menerus. 

  • Rutin merawat kebersihan rongga mulut

    Kebiasaan merawat kebersihan rongga mulut, mulai dari menyikat gigi 2x sehari, membersihkan permukaan lidah dan langit-langit mulut, serta memeriksakan ke dokter gigi merupakan hal yang dapat dilakukan untuk mencegah mulut pahit saat hamil. Selain mengurangi rasa pahit, kebiasaan merawat kebersihan rongga mulut juga dapat mencegah terjadinya komplikasi yang lebih serius. 

  • Perbanyak minum air putih

    Saat mulut terasa pahit, mungkin Mums akan menolak untuk minum air putih karena rasanya yang cenderung hambar. Biasanya banyak Mums yang merasakan mual karena rasa air putih tersebut. Namun, ternyata memperbanyak minum air putih termasuk salah satu cara mengatasi mulut pahit saat hamil lho.

    Ini karena air putih bisa menetralisir rongga mulut, apalagi setelah mengonsumsi makanan yang beraneka rasa. Selain itu, air putih juga penting untuk dikonsumsi secara tepat agar kebutuhan cairan harian Mums tercukupi dengan baik. Jadi, biasakan minum air putih setiap hari ya, Mums! 

Ada pula cara lain yang dapat membantu Mums mengurangi rasa pahit di dalam mulut, yaitu mengonsumsi susu kaya nutrisi yang rasanya lezat, seperti susu Frisomum Gold Dualcare+. Susu yang diformulasi khusus ibu hamil dan menyusui ini bisa menjadi nutrisi pendukung yang penting bagi kesehatan Mums dan si Kecil, apalagi rasanya yang lezat dengan aroma vanila. 

Susu Frisomum Gold Dualcare+ mengandung nutrisi yang mudah dicerna dan mendukung kesehatan pencernaan Mums karena melalui proses pengolahan satu kali (single process), serta mengandung prebiotik Inulin-FOS dan probiotik Bifidobacterium animalis subs. lactis HN019

Selain itu, susu Frisomum Gold Dualcare+ juga mengandung protein, zat besi, kalsium, ALA/LA, dan nukleotida untuk mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan sampai masa menyusui. 

Jika Mums sudah melakukan berbagai cara di atas, tetapi rasa pahitnya tak kunjung hilang, segeralah konsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Mums!

 

Disadur dari berbagai sumber dan ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang