Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

6-permainan-seru-ini-bisa-dilakukan-di-rumah_JqBNmnvzTY

6 Permainan Seru Ini Bisa Dilakukan di Rumah

Selain susu pertumbuhan, aktivitas bermain juga dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil sejak usia dini. Namun, dibutuhkan dampingan Mum agar aktivitas ini benar-benar dapat memberikan manfaat bagi tumbuh kembangnya. Tidak sempat mengajak si Kecil bermain di luar? Simak inspirasi permainan sederhana yang dapat dilakukan di dalam rumah berikut ini!

Dress Up Game

Di masa tumbuh kembang balita, biasanya ia mulai tertarik untuk meniru kebiasaan orang-orang di sekitarnya, termasuk cara berpakaian. Untuk itu, ajak ia bermain kostum yuk, Mum! Si kecil mungkin akan menggunakan topi cantik milik Mum ataupun kemeja milik Dad sebagai kostumnya. Kegiatan sederhana ini dapat membantu si meningkatkan kreativitas dan imajinasi si Kecil sejak dini, lho.

Percakapan Sederhana

Berikan boneka untuk anak perempuan dan robot untuk anak laki-laki. Umumnya, ketika bermain dengan benda-benda ini, si Kecil kadang merasa dapat berbicara dengan mainannya. Ia pun dapat meniru cara Mum berbicara pada mainan-mainan miliknya. Ajak si Kecil berbincang seru yuk, Mum! Permainan ini dapat membantu memperkaya kosakata si Kecil. Siapkan juga segelas susu pertumbuhan anak favoritnya ya, Mum.

Mencari Harta Karun

Sesekali coba ajak si Kecil menjelajahi rumah dengan menyembunyikan mainan. Mum bisa membimbingnya untuk menemukan mainan yang sudah Mum sembunyikan. Untuk melakukan permainan ini, Mum bisa menyembunyikan beberapa objek dan meminta si Kecil untuk mengumpulkannya. Permainan seperti ini dapat mengasah keterampilan mendengarkan, pemecahan masalah, dan melatih memori si Kecil.

Ekspresikan diri

Mum tentu memiliki majalah yang sudah tidak terpakai, bukan? Temukan gambar wajah yang ada di majalah tersebut, kemudian guntinglah beberapa bagian, seperti mata, hidung, dan rambut. Kemudian sediakan lem dan kertas kosong berbentuk lingkaran untuknya. Minta si Kecil menggabungkan potongan gambar wajah. Kegiatan ini, dapat mengasah kreativitas serta kemampuan logika si Kecil.

Lagu dan Gambar

Mum dan si Kecil tentu memiliki lagu favorit untuk dinyanyikan bersama-sama. Kali ini, coba nyanyikan lagu tersebut, sambil meminta si Kecilmenggambar sesuai lagu yang dinyanyikan. Misalnya untuk lagu Pelangi, Mum bisa meminta ia menggambar pelangi dan menyesuaikan warna sesuai lagunya. Begitu pula dengan lagu Balonku, Mum bisa meminta si Kecil menggambar balon sesuai warna yang dinyanyikan.

Stop and Go

Permainan ini sebenarnya bisa dibilang sebagai pelatihan untuk kontrol diri bagi anak. Mum bisa melatihnya untuk melakukan sesuatu sesuai kondisi. Misalnya, ketika Mum berkata ‘go’ anak boleh bernyanyi, namun ketika Mum mengucapkan ‘stop’ si kecil harus berhenti bersenandung. Permainan ini cukup mudah dilakukan dan dapat membantu si Kecil memahami perintah yang diberikan. Sajikan juga susu pertumbuhan untuk menemani aktivitasnya ya, Mum.

Berbagai permainan seru tersebut bisa Mum terapkan di rumah bersama si Kecil, lho! Satu lagi,  guna mendukung proses belajarnya, pastikan juga Mum memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan memberikan Friso Gold 4 yang diformulasikan dengan Vitamin A, C, dan E, serta kandungan Prebiotik, Nukleotida, Zink, Zat Besi, dan Selenium. Friso diproduksi dengan konsep Single Process tanpa pemanasan berlebih, sehingga nutrisi dalam susu pertumbuhan ini tetap terjaga dan mudah dicerna oleh tubuh.