Lompat ke isi utama
Mainan bayi 2 bulan

6 Rekomendasi Mainan Bayi 2 Bulan yang Aman dan Menyenangkan

Mainan bayi 2 bulan tak hanya menarik dan lucu, tetapi juga harus sesuai dengan kemampuan dan tahap perkembangan bayi

Saat ini sudah banyak mainan bayi 2 bulan dengan beragam variasi yang lucu dan menyenangkan. Namun, memilih mainan tak hanya dilihat dari tampilannya saja yang menarik, tetapi juga harus memilih mainan bayi 2 bulan yang aman dan sesuai dengan tahap perkembangan usia anak supaya dapat menstimulasi dengan tepat dan lebih optimal. Oleh karena itu, pastikan Mums memilih mainan bayi 2 bulan yang bermanfaat bagi tumbuh kembang buah hati. 

Sebelum mengetahui rekomendasi mainan yang cocok, Mums perlu mengetahui dulu tahap perkembangan bayi 2 bulan. Kira-kira, bayi yang baru memasuki usia 2 bulan sudah bisa melakukan apa saja ya? Serta, jenis mainan apa yang cocok untuknya? Kita simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

Bagaimana Tahap Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan?

Berikut ini tahap perkembangan bayi usia 2 bulan yang perlu Mums ketahui, antara lain: 

  • Kemampuan motorik

    Saat bayi baru lahir, biasanya ia mudah terkejut, namun saat usianya 2 bulan, gerakan terkejut ini sudah mulai tidak terlihat lagi. Pada usia ini, gerakan bayi biasanya akan lebih teratur dibandingkan sebelumnya. Selain itu, bayi juga menunjukkan beberapa perkembangan kemampuan motorik, seperti:

    • Menenangkan diri dengan mengisap jari tangannya
    • Mulai tertarik pada benda berwarna cerah dan bisa berbunyi
    • Tatapan matanya mengikuti pergerakan suatu benda di hadapannya
    • Mulai bisa menegakkan kepala hingga 45 derajat dengan topangan tangan dan bergerak menyerupai orang sedang push up saat berbaring tengkurap
    • Terkadang sudah bisa menggenggam sesuatu dengan erat selama beberapa detik
  • Kemampuan komunikasi

    Pada usia 2 bulan, umumnya bayi sudah bisa mendengar bunyi-bunyi dan mengenali suara di sekitarnya. Bayi juga mulai mengeluarkan suara-suara dengan ekpresi wajah yang berubah, sesuai dengan apa yang ia rasakan. Sebagai contoh, ia sudah bisa menaikkan alis mata, melotot, dan/atau meniup. Pada usa ini, sebagian bayi juga sudah bisa menunjukkan bahwa ia ingin bermain atau digendong, misalnya dengan celotehan atau tangisan. 

  • Kemampuan sosial

    Umumnya, bayi usia 2 bulan sudah mulai bisa berinteraksi dengan memberikan senyuman. Jika Mums membalas senyumannya, itu bisa jadi pelajaran baginya bahwa tindakan tersebut adalah hal yang menyenangkan. Ini juga menjadi bagian dari cara berkomunikasi dengan bayi. Selain itu, bayi juga mulai bisa mengeluarkan suara ketika ada orang yang berbicara padanya. Beberapa bayi bahkan mungkin saja sudah bisa meniru ekspresi lawan bicaranya. 

    Melihat tahap perkembangan di atas, maka ada beberapa rekomendasi mainan bayi 2 bulan yang bisa menjadi stimulasi agar tumbuh kembangnya lebih optimal. Yuk, simak rekomendasi mainannya di bawah ini.

Apa Saja Mainan Bayi 2 Bulan yang Aman dan Menyenangkan?

Berikut ini beberapa rekomendasi mainan bayi 2 bulan yang bisa Mums pilih:

  1. Mainan yang digantung

    Penglihatan bayi usia 2 bulan sudah mulai jelas, namun belum sempurna. Oleh karena itu, Mums dapat memberikan mainan bayi 2 bulan yang digantung untuk membantu mengoptimalkan perkembangan matanya. 

    Tak hanya penting untuk mata, mainan bayi 2 bulan yang digantung juga dapat menstimulasi tangannya saat berusaha untuk meraih dan bermain-main dengan mainan tersebut. Hal ini tentu saja baik untuk menunjang tumbuh kembang buah hati Mums. 

    Saat memilih mainan bayi 2 bulan yang digantung, Mums bisa memilih mainan dengan warna yang mencolok serta memiliki banyak pola yang mudah dilihat oleh bayi. Mums juga sebaiknya tidak menggantung mainan ini tepat di atas mata bayi, tetapi taruhlah mainan tersebut dengan jarak yang tidak terlalu dekat. 

  2. Boneka

    Boneka menjadi salah satu mainan yang digemari sebagian besar bayi dan anak-anak. Mainan bayi 2 bulan ini dapat membantu buah hati Mums dalam mengolah emosinya, seperti rasa empati dan kasih sayang. Hal tersebut bisa terlihat dari cara ia memperlakukan boneka yang menjadi latihan bagi dia untuk meningkatkan kepedulian terhadap orang sekitar sejak dini. Saat bermain boneka, tentu saja bayi juga akan menggunakan imajinasinya sendiri. 

    Bermain dengan boneka berbulu lembut yang warna-warni juga dapat membantu mengembangkan pergerakan otot dan meningkatkan kemampuan visual bayi. Mainan bayi 2 bulan ini akan bertindak sebagai stimulus warna dasar yang bagus untuk bayi. Selain itu, motif atau corak pada boneka juga dapat membantu mendorong pengenalan pola pada bayi. 

    Pastikan Mums memilih mainan bayi 2 bulan berjenis boneka yang lembut dan tidak memiliki banyak bulu karena jika terlalu banyak bulu khawatir rontok dan bisa tertelan oleh buah hati Mums. 

  3. Mainan yang berbunyi

    Pada usia 2 bulan, bayi akan tertarik dengan suara-suara yang muncul. Maka dari itu, Mums bisa memberikan ia mainan bayi 2 bulan yang bisa mengeluarkan bunyi. Beberapa rekomendasi mainan bayi 2 bulan di antaranya mainan kerincing, xilofon, piano, kolintang, dan lain sebagainya. Mainan bayi 2 bulan ini dapat mendukung kemampuan motorik kasar, motorik halus, kemampuan mendengar, dan kemampuan berbicara bayi. 

  4. Mainan soft book 

    Soft book termasuk mainan bayi 2 bulan yang bisa Mums pilih juga. Soft book adalah buku yang terbuat dari kain sehingga tidak mudah robek saat digenggam oleh bayi. Mainan bayi 2 bulan ini biasanya tersedia dalam berbagai bentuk dan warna yang menarik sehingga sangat cocok untuk dijadikan media dalam mendukung tumbuh kembang bayi. Melalui mainan bayi 2 bulan ini, indra penglihatan, peraba, dan perasa bayi akan terlatih. Namun, Mums perlu memastikan soft book tetap bersih dan aman dengan cara mencucinya secara rutin agar tidak ada kuman atau bakteri yang bersarang. 

  5. Mainan teether 

    Mainan bayi 2 bulan selanjutnya yaitu teether yang berfungsi untuk melatih keterampilan motorik, kekuatan mulut dan rahang, serta mendorong stimulasi perasa bayi. Supaya aman, pilihlah mainan bayi 2 bulan jenis teether yang terbuat dari silikon bebas dari bahan kimia berbahaya, seperti ftalat, lateks, dan BPA. Pastikan juga mainan bayi 2 bulan ini memiliki lisensi resmi sehingga aman saat digigit oleh buah hati Mums. 

  6. Playmat warna-warni 

    Pada usia 2 bulan, bayi biasanya mulai berusaha untuk tengkurap dan mengangkat kepalanya. Oleh karena itu, Mums juga perlu memberikan ia mainan bayi 2 bulan yang sesuai dengan usia dan kemampuannya. Melalui mainan playmat, Mums dapat menidurkan bayi sekaligus bermain bersama. Pilihlah playmat yang memiliki warna cerah dan pola yang beragam, sehingga dapat membuat buah hati Mums lebih lincah dan aktif. Dengan playmat, bayi jadi lebih sering menggerakkan tubuh sekaligus mengingat warna, bentuk, serta pola dari alas yang ditidurinya.

Satu hal yang sangat penting dalam memilih mainan bayi 2 bulan, yaitu memastikan mainan tersebut sudah bersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI). Pastikan juga untuk menghindari mainan yang menggunakan listrik, magnet, dan baterai karena bisa berbahaya bagi bayi. 

Selain meningkatkan stimulasi dari mainan, Mums juga perlu memenuhi kebutuhan gizi harian bayi dengan memberikannya ASI secara rutin. Oleh karena itu, pastikan Mums untuk meningkatkan kualitas ASI dengan mengonsumsi berbagai macam makanan sehat, salah satunya susu Frisomum Gold Dualcare+ yang mengandung zat besi, kalsium, ALA/LA, prebiotik, probiotik, dan nukleotida untuk mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang anak. 

 

Disadur dari berbagai sumber dan ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang