Lompat ke isi utama
Sayuran untuk ibu hamil

6 Sayuran untuk Ibu Hamil yang Bermanfaat Bagi Janin

Mums pasti sudah paham mengenai pentingnya sayuran untuk Ibu hamil. Sebab, bahan pangan ini mengandung beragam nutrisi yang tak hanya penting bagi kesehatan Ibu hamil, tetapi juga penting bagi tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Di dalam sayuran untuk Ibu hamil terdapat vitamin, serat, mineral, dan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan mengonsumsi sayuran untuk ibu hamil, Mums juga bisa menjaga agar tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang. Seperti yang Mums ketahui, ada banyak jenis sayuran yang sebenarnya bermanfaat. Namun, Mums harus lebih cermat memilih sayuran untuk Ibu hamil yang tepat. 

Jenis Sayuran untuk Ibu Hamil

Meskipun sayuran termasuk makanan yang kaya akan nutrisi, nyatanya tidak semua jenis sayuran cocok untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil dalam jumlah yang banyak. Berikut adalah rekomendasi sayuran untuk Ibu hamil yang baik dikonsumsi oleh Mums: 

  1. Brokoli

    Mums pasti mengetahui popularitas brokoli sebagai sayuran yang kaya manfaat. Ternyata anggapan itu memang benar lho, Mums. Brokoli juga menjadi sayuran untuk Ibu hamil yang memiliki kandungan serat, vitamin C, vitamin A, vitamin B9 (asam folat), vitamin K, zat besi, kalsium, dan beta karoten yang baik dalam menjaga kesehatan Mums dan buah hati di dalam kandungan. 

    Nutrisi yang terkandung di dalam sayuran untuk ibu hamil ini bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun dan dapat mengurangi risiko berat badan lahir rendah. Brokoli menjadi pilihan tepat sebagai sayuran untuk ibu hamil yang dapat diolah dengan mudah, yaitu dengan cara direbus, dikukus, ditumis, digoreng, dan lain sebagainya.

  2. Wortel

    Wortel dikenal sebagai sayuran yang dapat menjaga kesehatan mata. Namun, manfaatnya tidak hanya itu saja lho, wortel juga menjadi salah satu sayuran untuk Ibu hamil yang bermanfaat bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Wortel memiliki kandungan beta karoten yang mampu menjaga agar perkembangan jaringan sel dan saraf pada janin dapat bekerja secara optimal. 

    Selain itu, wortel juga memiliki kandungan kalsium yang baik dalam merangsang pertumbuhan tulang dan gigi bagi janin. Di masa menyusui, wortel juga cukup sering dianjurkan, karena manfaatnya yang dapat menjaga kualitas ASI.

  3. Bayam

    Bayam adalah salah satu jenis sayuran untuk Ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi secara rutin. Bayam mampu jadi sumber utama dalam mencukupi kebutuhan asupan asam folat dan zat besi yang diperlukan oleh Mums di masa kehamilan. 

    Untuk asupan vitamin, bayam juga mengandung vitamin A, C, dan K yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain bermanfaat, sayuran untuk Ibu hamil ini juga mudah untuk diolah di rumah. Salah satu cara mudah mengolah bayam yaitu dengan membuat sayur bening. 

  4. Tomat

    Tomat juga termasuk sayuran untuk Ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan. Sebab, tomat bisa memenuhi kebutuhan vitamin B9 (asam folat) selama kehamilan. Selain itu, kandungan kalium dalam tomat dapat meredakan kram kaki dan otot yang biasa dialami oleh Ibu hamil. Sayuran untuk Ibu hamil ini cukup mudah diolah menjadi hidangan yang segar seperti jus maupun pelengkap dalam setiap masakan lain, seperti tumis atau sayur. 

  5. Daun katuk

    Sayuran untuk Ibu hamil yang satu ini sangat penting untuk meningkatkan produk ASI. Tahukah Mums, produksi ASI ternyata tidak hanya muncul ketika si Kecil sudah lahir dan dalam masa menyusui. Akan tetapi, perangsangan produksi ASI yang baik sudah dibutuhkan oleh Mums sejak trimester akhir kehamilan. 

    Supaya perangsangan produksi ASI berjalan optimal, Mums dianjurkan untuk mengonsumsi daun katuk karena kaya akan nutrisi berupa alkaloid, sterol, flavonoid, tanin, vitamin C, dan vitamin A yang cukup tinggi.

  6. Kale

    Sayuran untuk Ibu hamil yang tak kalah penting adalah kale. Di dalamnya terkandung vitamin A dan vitamin C yang bermanfaat untuk membantu memperkuat sistem imun tubuh Mums selama hamil. Bahkan, kale juga dapat memenuhi lebih dari 10 kali kebutuhan vitamin K harian Mums. Artinya, ini sangat penting untuk mendukung pembekuan darah dan mencegah kekurangan vitamin K saat si Kecil lahir. 

Manfaat Sayuran untuk Ibu Hamil

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Mums dapatkan saat rutin mengonsumsi sayuran untuk ibu hamil: 

  • Melancarkan saluran pencernaan

    Ibu hamil rentan mengalami sembelit, sehingga membutuhkan asupan tinggi serat, terutama serat pangan yang berfungsi sebagai prebiotik. Nah, sayuran termasuk bahan makanan yang mengandung tinggi serat, sehingga bisa melancarkan saluran pencernaan Mums selama hamil. 

  • Menjaga kesehatan mata

    Sayuran juga bisa membantu menjaga kesehatan mata lho, Mums. Mungkin selama ini Mums mengetahui wortel sebagai sayuran yang bisa menjaga kesehatan mata. Namun, ternyata ada jenis sayuran lain yang bisa jadi pilihan, di antaranya bayam, brokoli, kale, labu siam. 

  • Menjaga kesehatan kulit

    Mums pasti ingin memiliki kulit yang sehat selama hamil, bukan? Maka dari itu, perbanyak konsumsi sayuran sesuai kebutuhan. Sebab, sayuran kaya akan nutrisi yang dapat menjaga kesehatan kulit dari radikal bebas. Manfaat ini bisa didapatkan bila diseimbangkan juga dengan pola hidup sehat ya, Mums. 

  • Menjaga saluran pernapasan

    Dengan mengonsumsi sayuran secara rutin, Ibu juga dapat memberikan manfaat yang dibutuhkan oleh janin dalam kandungan, salah satunya si Kecil dapat terhindar dari risiko gangguan pernapasan di masa pertumbuhannya. Permasalahan pada saluran pernapasan seperti asma di masa pertumbuhan si kecil bisa Mums cegah dengan rutin mengonsumsi sayuran, seperti bayam dan brokoli yang mengandung vitamin E.

  • Membantu mengurangi peradangan

    Ada banyak jenis sayur yang bisa membantu mencegah terjadinya peradangan, seperti bayam, brokoli, kale, dan pakcoy yang mampu menurunkan risiko munculnya radang sendi pada tubuh. Manfaat ini bisa didapatkan berkat adanya kandungan antioksidan dalam sayur yang berperan menangkal radikal bebas. 

  • Mencegah risiko penyakit jantung

    Ternyata sayur juga bisa mencegah munculnya risiko berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung. Ini karena di dalam sayuran hijau mengandung vitamin C, vitamin K, fitokimia seperti flavonoid dan karotenoid yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Setelah mengetahui jenis dan manfaat sayuran untuk Ibu hamil, diharapkan Mums dapat mengonsumsi sayuran secara rutin sesuai dengan batas normal. Sebelum mengonsumsi berbagai jenis sayuran, pastikan Mums mengolahnya dengan tepat. Hindari memasak dan memanaskan sayuran lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak, sehingga nutrisinya mudah dicerna dan diserap ya, Mums. Selain itu, Mums juga harus menyeimbangkan asupan nutrisi dari jenis makanan bergizi lainnya. Salah satu nutrisi tambahan yang tak kalah penting adalah susu khusus Ibu hamil. 

Susu Frisomum Gold Dualcare+ bisa menjadi solusi bagi Mums karena mengandung zat besi, kalsium, ALA/LA, prebiotik, probiotik, dan nukleotida untuk mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang si Kecil selama di dalam kandungan sampai setelah lahir.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang