Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
6 Tips Parenting untuk yang Wajib Mums Pahami

6 Tips Parenting untuk yang Wajib Mums Pahami

Merawat dan membesarkan si Kecil tentu menjadi kewajiban semua orangtua. Oleh karena itu, Mums harus memberikan asuhan yang terbaik agar si Kecil dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Salah satu asuhan terbaik yang bisa Mums berikan adalah mendidiknya dengan benar.

Mendidik si Kecil memang bukan perkara mudah, namun pastikan Mums tidak pernah menyerah akan hal itu. Tips parenting dalam mendidik anak yang perlu Mums ingat yaitu tidak hanya memberikan kenyamanan dan kebahagiaan pada si Kecil, namun juga mengajarkan bertanggung jawab dan mandiri. Agar Mum lebih mudah dalam mendidik si Kecil, Mums bisa menerapkan 6 tips parenting berikut ini.

Pahami Kelebihan dan Kekurangan si Kecil

6 Tips Parenting untuk yang Wajib Mums Pahami

Tips parenting pertama yang bisa Mums terapkan adalah memahami kelebihan dan kekurangan si Kecil. Pemahaman akan kelebihan dan kekurangan si Kecil akan memudahkan Mums dalam mengidentifikasi cara mendidik anak sesuai dengan kepribadiannya. Selain itu, mengetahui kelebihan dan kekurangan dinilai bisa meningkatkan rasa percaya diri si Kecil. Rasa percaya diri pada si Kecil akan membuat ia mudah mengelola emosinya. Ia juga akan lebih mudah untuk mendengar dan mengubah perilaku buruk yang mungkin ia perbuat.

Selalu Beri Perhatian Positif

Perhatian positif yang cukup dari Mums akan membuat si Kecil merasa nyaman dan bahagia. Memberikan perhatian positif dalam tips parenting ini bukan sekadar memberikan materi atau barang-barang kesukaan si Kecil. Lebih jauh lagi, perhatian yang juga berdampak pada pembentukan karakter mandiri pada si Kecil. Misalnya, memberikan perhatian berupa kepedulian terhadap perasaan dan aktivitas si Kecil. Rasa empati terhadap perasaannya bisa membangun kedekatan emosional antara Mums dan si Kecil. Ia akan merasa tenang dan diperhatikan.

Beri Hadiah, Hindari Hukuman

6 Tips Parenting untuk yang Wajib Mums Pahami

Saat si Kecil menunjukkan perilaku yang baik atau setidaknya menuruti nasihat dari Mums, tak ada salahnya memberikan ia pujian atau hadiah. Dengan begitu, ia akan termotivasi untuk mengulangi tindakan positif tersebut. Ia juga akan merasakan wujud kasih sayang dan perhatian dari pujian dan hadiah yang Mums berikan.

Sebaliknya, bila si Kecil melakukan kesalahan, hindari memberi hukuman untuknya. Mums cukup menegur dan mengoreksi kesalahannya dengan cara yang baik. Dengan menegur dan mengoreksinya, si Kecil akan semakin paham tindakan mana yang boleh dan tidak boleh ia lakukan. Hindari hukuman karena memberikan hukuman pada si Kecil tidak berdampak positif pada tumbuh kembangnya.

Baca Juga: 4 Peran Orang Tua terhadap Anak, Pertumbuhan Fisik dan Mental

Hindari Reaksi Emosional yang Negatif

Tips parenting yang perlu Mums pahami adalah menghindari menunjukkan reaksi emosional yang negatif di depan si Kecil. Contoh reaksi emosional yang negatif adalah marah dan mengejek. Reaksi marah akan menimbulkan rasa takut pada si Kecil. Bila terlalu sering menunjukkan rasa marah di depannya, bisa jadi si Kecil akan takut berkomunikasi dengan Mums. Sementara reaksi mengejek yang Mums tunjukkan dapat membuat si Kecil merasa salah dan berperilaku buruk. Ia akan takut untuk melakukan sesuatu yang baru karena takut hal itu salah. Selain itu, anak adalah peniru yang handal. Jika Mums terlalu sering menunjukkan reaksi emosional negatif di depannya, ia berpotensi akan meniru reaksi tersebut ketika menemui persoalan yang tidak cocok dengannya.

Pegang Prinsip Orangtua adalah Contoh

6 Tips Parenting untuk yang Wajib Mums Pahami

Tips parenting selanjutnya adalah memegang prinsip orang tua adalah contoh. Seperti yang Mums ketahui, anak adalah peniru yang handal. Ia akan meniru perilaku orang terdekatnya yaitu Mums. Ia akan menilai perilaku Mums sebagai cara yang benar untuk berperilaku. Dengan memegang prinsip ini, Mums akan menunjukkan perilaku yang baik sebagai contoh, dan menghindari perilaku yang buruk. Perilaku baik yang bisa Mums tunjukkan seperti berkata dengan tutur kata yang baik, bersikap jujur, menghormati orang lain, menunjukkan rasa empati, dan sebagainya.

Konsultasikan dengan Pakar

Mendidik anak bukanlah hal yang mudah. Terlebih, setiap anak memiliki karakter dan kepribadian masing-masing. Jika Mums mulai kewalahan dan menemukan kesulitan saat mendidik si Kecil, jangan menyerah. Sebagai solusinya, Mums bisa berkonsultasi dengan ahli psikologi, pakar anak, atau orang yang berpengalaman untuk mendapatkan tips-tips parenting yang sesuai dengan karakter si Kecil.

Itulah beberapa tips parenting yang wajib Mums pahami. Pada prinsipnya, Mums memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian si Kecil kelak. Oleh karena itu, Mums memiliki kewajiban untuk mendidik dan merawat si Kecil dengan baik dan benar, agar si Kecil bisa tumbuh dengan baik dan diterima oleh lingkungan sosialnya. Jangan lupa juga ya Mums, tetap penuhi kebutuhan nutrisi si Kecil agar ia bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Mums bisa memberikan Friso Gold 4 untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas alami nutrisi yang terkandung dalam susu sehingga mudah dicerna dan diserap oleh tubuh si Kecil, serta membantunya kuat dari dalam.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang