Lompat ke isi utama
Vitamin Buat Anak

6 Vitamin buat Anak Beserta Manfaatnya

Ada banyak jenis vitamin buat anak yang memiliki manfaat penting untuk kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Vitamin buat anak termasuk nutrisi yang harus dipenuhi secara seimbang untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Kebutuhan vitamin buat anak memang tidak diperlukan dalam jumlah yang terlalu banyak dalam sehari, namun asupannya tetap harus dipenuhi agar tubuh berfungsi dengan baik. Melansir laman resmi kemkes.go.id setiap jenis vitamin buat anak memiliki manfaatnya masing-masing, di antaranya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan nafsu makan, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kesehatan mata, berperan untuk pembekuan darah, mencegah penyakit beri-beri, dan lain sebagainya. Manfaat ini bisa secara alami Mums dapatkan dari berbagai sumber vitamin dalam makanan. Oleh karena itu, si Kecil harus mengonsumsi beragam makanan agar kebutuhan vitaminnya tetap terpenuhi. 

Jenis dan Manfaat Vitamin buat Anak

Berikut ini beberapa jenis vitamin buat anak beserta manfaatnya yang penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil, antara lain: 

  • Vitamin buat Anak: Vitamin A

    Vitamin buat anak yang satu ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A berperan untuk meningkatkan penglihatan dan membedakan warna benda. Selain penting untuk kesehatan mata, vitamin A juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan membantu sistem imun melawan infeksi. Sumber vitamin daya tahan tubuh yang bagus ini bisa Mums dapatkan dari hati sapi, ubi jalar, wortel, brokoli, labu, tomat, dan semangka. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penderitanya mengalami penyakit rabun senja, sehingga ia akan sulit melihat ketika malam hari atau dalam cahaya yang redup. 

  • Vitamin buat Anak: Vitamin B Kompleks

    Vitamin buat anak yang tak kalah penting yaitu terdapat dalam kelompok vitamin B kompleks. Ada 8 jenis vitamin B kompleks dengan fungsi yang berbeda-beda, di antaranya:

    • Vitamin B1 yang berfungsi untuk membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi dan dapat menjaga kesehatan kulit si Kecil. 
    • Vitamin B2 berperan untuk membantu tubuh menghasilkan energi dari makanan, membantu sel tubuh membakar lemak dan menjaga kesehatan kulit.
    • Vitamin B3 (niacin) juga termasuk vitamin buat anak yang berfungsi untuk membantu sel-sel tubuh mengubah makanan menjadi energi dan menjaga kesehatan kulit.
    • Vitamin B5 berfungsi untuk membantu sel tubuh memproduksi asam lemak dan hormon dalam tubuh.
    • Vitamin B6 termasuk vitamin B kompleks yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam menggunakan dan memproses cadangan gula menjadi energi dan membantu produksi sel darah merah.
    • Vitamin B7 (biotin) berperan untuk membantu produksi asam lemak dan asam amino ketika dibutuhkan oleh tubuh si Kecil. 
    • Vitamin B9 (asam folat) termasuk vitamin buat anak yang perannya cukup penting dalam proses pembentukan sel darah merah dan materi genetik, seperti DNA, serta pembentukan sistem saraf pusat.
    • Vitamin B12 berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah dan memelihara fungsi saraf.

    Vitamin B banyak terdapat pada daging ayam, ikan, hati sapi, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, brokoli, bayam, buncis, tomat. Kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan terganggunya berbagai proses metabolisme. Beberapa penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin B, di antaranya beri beri, dermatitis, dan anemia. 

  • Vitamin buat Anak: Vitamin C

    Vitamin C termasuk nutrisi yang tak kalah penting untuk kesehatan si Kecil. Vitamin ini dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan satu serat protein yang berperan dalam menjaga kekenyalan kulit, membantu penyembuhan luka, dan memperkuat pembuluh darah. Tak hanya itu, vitamin C juga berperan penting untuk meningkatkan sistem imun agar terhindar dari penyakit penyebab infeksi. Banyak pula ahli yang menyebut bahwa vitamin buat anak ini berperan dalam produksi norepinefrin dan serotonin, yaitu zat kimia otak (neurotransmitter) yang berfungsi untuk mengirim sinyal antar saraf dalam tubuh si Kecil. Sumber vitamin C yang bisa Mums berikan kepada si kecil antara lain jeruk, stroberi, mangga, kiwi, jambu biji, pepaya, bayam, dan brokoli. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan si Kecil mengalami anemia, gusi berdarah, gangguan sistem saraf, penurunan massa otot, serta membuat luka si Kecil sulit sembuh dan rentan terkena infeksi.

  • Vitamin buat Anak: Vitamin D

    Vitamin D memang terkenal bisa membantu menguatkan tulang dan otot. Namun, vitamin buat anak ini pun berperan sebagai nutrisi pendukung daya tahan tubuh yang bagus untuk si Kecil. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan si Kecil mengalami pelunakan tulang (osteomalacia), rakitis, dan terkena infeksi. Mums bisa mendapatkan manfaat vitamin D dari beberapa jenis sumber makanan, seperti ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, udang, jamur, kuning telur. Vitamin D dalam tubuh diaktifkan dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi dan sore.

  • Vitamin buat Anak: Vitamin E

    Vitamin E merupakan nutrisi yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel dari kerusakan. Selain itu, vitamin E juga berfungsi untuk memperkuat sistem imun tubuh, membantu pembentukan sel darah merah, memperlambat penuaan, serta mengurangi risiko radang sendi. Meskipun jarang terjadi, kekurangan vitamin E dapat menyebabkan anemia hemolitik. Sumber vitamin E secara alami bisa Mums dapatkan dari kacang almond, kacang tanah, biji bunga matahari, alpukat, bayam, dan brokoli. 

  • Vitamin buat Anak: Vitamin K

    Tak seperti jenis vitamin buat anak sebelumnya, vitamin K masih terbilang cukup asing di telinga masyarakat Indonesia. Padahal, vitamin K termasuk salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Ini karena vitamin K memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah dan menjaga kekuatan tulang. Kekurangan vitamin K dapat membuat si Kecil berisiko mengalami perdarahan dan rentan patah tulang. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin K harian si Kecil, penting bagi Mums untuk memberikan dia makanan yang kaya akan vitamin K, seperti sayuran brokoli, kale, buncis, kol, lobak hijau, kiwi, blueberry, alpukat, tomat, anggur, minyak nabati, kacang-kacangan, susu, daging, ikan, dan udang. 

Setiap jenis vitamin buat anak tersebut bisa Mums optimalkan dari sumber alami yang terdapat dalam makanan. Oleh karena itu, sebenarnya Mums tidak perlu lagi menambah suplemen vitamin khusus bagi si Kecil jika kondisi tubuhnya normal dan sehat. Suplemen vitamin untuk daya tahan tubuh maupun kesehatan organ tertentu bisa Mums tambahkan pada kondisi tertentu sesuai anjuran dokter. Pemberiannya pun tidak boleh sembarangan karena harus berdasarkan faktor usia, berat badan, dan kondisi tubuh si kecil. Pastikan Mums berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, apakah si Kecil membutuhkan suplemen vitamin tambahan atau tidak. 

Selain itu, asupan gizi harian si Kecil juga bisa dioptimalkan dengan mengonsumsi susu pertumbuhan yang kaya akan nutrisi. Susu FRISO Gold 3 bisa jadi pilihan Mums sebagai tambahan gizi untuk si Kecil karena di dalamnya mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. Dengan kemasan baru, susu FRISO Gold 3 tetap bernutrisi tinggi, diperkaya juga dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang