Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
7 Buah Ini Bisa Jadi Pilihan Sumber Kalsium untuk si Kecil

7 Buah Ini Bisa Jadi Pilihan Sumber Kalsium untuk si Kecil

Kalsium menjadi salah satu mineral terpenting yang dibutuhkan si Kecil. Pasalnya, kalsium memiliki peran utama dalam pembentukan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga berfungsi menjaga fungsi jantung, otot, dan saraf. Oleh sebab itu, penting bagi Mums untuk selalu memberikan makanan yang mengandung kalsium agar tumbuh kembang si Kecil tetap optimal.

Makanan yang mengandung kalsium tidak hanya susu dan makanan laut saja lho Mums. Meski dikenal sebagai sumber vitamin dan serat, tapi beberapa buah-buahan juga dikenal sebagai sumber kalsium yang baik untuk si Kecil. Jumlah kalsium dalam buah-buahan memang tak sebanyak produk susu atau makanan laut, namun buah-buahan tetap bisa menjadi variasi asupan untuk memenuhi kebutuhan kalsium si Kecil. Berikut adalah 7 buah yang bisa menjadi pilihan sumber kalsium untuk si Kecil.

Jeruk

7 Buah Ini Bisa Jadi Pilihan Sumber Kalsium untuk si Kecil

Jeruk lebih dikenal sebagai buah yang kaya akan Vitamin C. Padahal, jeruk juga bisa menjadi sumber kalsium untuk si Kecil. Dalam 100 gram buah jeruk terdapat 40 miligram kalsium yang baik untuk tubuh. Mums bisa menyajikan jeruk sebagai camilan di sore hari. Buah manis dan menyegarkan ini cocok dihidangkan setelah si Kecil beraktivitas seharian.

Buah Ara

Buah ara diyakini banyak orang sebagai buah yang kaya akan serat dan antioksidan sehingga dipercaya membantu meregenerasi sel-sel dan mencegah berbagai jenis penyakit. Selain itu, buah ara juga mengandung kalsium tinggi yang bermanfaat untuk menguatkan tulang. Dalam 1 ons buah ara memberikan kalsium sebesar 5 persen dari kebutuhan kalsium harian. Sumber kalsium dari buah ara dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil.

Kurma

7 Buah Ini Bisa Jadi Pilihan Sumber Kalsium untuk si Kecil

Kurma menjadi salah satu buah kering yang bisa menjadi sumber kalsium. Perlu Mums ketahui, dalam setiap 5 buah kurma yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu tubuh si Kecil menerima asupan kalsium sekitar 77 miligram. Selain bisa dimakan secara langsung, buah ini dapat diolah menjadi kue, jus, hingga hiasan di dalam sebuah puding. Dengan berbagai olahan menu makanan tersebut, si Kecil dijamin tidak akan bosan memakan buah ini.

Mangga

Dalam 100 gram buah mangga terdapat 11 miligram sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan si Kecil. Mums bisa menjadikan buah mangga sebagai kudapan seru saat si Kecil bermain atau bersantai. Mums dapat menyajikan buah mangga dengan memotongnya kecil-kecil dan memadukannya bersama ketan dan saus santan.

Apel

7 Buah Ini Bisa Jadi Pilihan Sumber Kalsium untuk si Kecil

Apel menjadi salah satu buah yang mudah dijumpai sekaligus favorit bagi anak-anak. Tapi siapa sangka, buah apel juga menjadi sumber makanan yang mampu melengkapi kebutuhan kalsium si Kecil. Kalsium yang ada dalam apel dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kandungan quercetin dalam buah apel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sendi si Kecil. Dengan mengonsumsi buah apel secara rutin, tulang si Kecil bisa tetap kuat dan tidak mudah rapuh, sendi-sendi dalam tubuhnya pun tetap sehat dan dapat bekerja secara optimal.

Pepaya

Buah yang dikenal sebagai sumber kalsium selanjutnya adalah buah pepaya. Salah besar jika Mums hanya mengandalkan buah ini untuk mengatasi sembelit. Pasalnya, buah pepaya tak hanya mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan, namun juga kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Dalam 100 gram buah pepaya, terdapat 20 miligram kandungan kalsium. Mums bisa menyajikan buah pepaya sebagai hidangan pencuci mulut untuk si Kecil.

Alpukat

7 Buah Ini Bisa Jadi Pilihan Sumber Kalsium untuk si Kecil

Alpukat lebih dikenal sebagai jenis buah yang memiliki kandungan lemak tinggi, sekitar 20 kali lebih tinggi dibandingkan buah-buahan lain. Selain kaya akan lemak, buah ini juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Dalam 100 gram buah alpukat mengandung 12 miligram kalsium. Itulah sebabnya buah ini bisa menjadi pilihan sumber kalsium yang tepat untuk si Kecil.

Tak hanya kalsium saja, buah alpukat juga mengandung Vitamin K, serat, Asam Folat, Vitamin B6, Vitamin C, dan Vitamin E. Berbagai nutrisi tersebut bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil. Vitamin E dalam buah alpukat juga dipercaya bisa merawat kesehatan kulit. Sementara Asam Folat yang terkandung dalam buah alpukat dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil. Dengan mengonsumsi buah alpukat, si Kecil tak hanya mendapatkan sumber kalsium namun juga sumber nutrisi lainnya sekaligus.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan Sehat untuk Anak yang Membantu Tumbuh Kembangnya

Kini Mums sudah mengetahui jenis buah yang bisa Mums jadikan pilihan untuk memenuhi sumber kalsium harian si Kecil. Kombinasikan sumber kalsium di atas dengan beberapa asupan gizi lainnya agar kebutuhan nutrisi harian si Kecil tetap terpenuhi. Untuk melengkapi kalsium alami dan kebutuhan nutrisi lainnya, Mums bisa memberikan Friso Gold 4 sebagai susu pertumbuhan untuk si Kecil. Friso Gold 4 diperkaya dengan berbagai nutrisi yang bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, serta membantunya kuat dari dalam. Friso dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan senantiasa terjaga, sehingga mudah diserap dan dicerna oleh tubuh si Kecil. Dukung si Kecil untuk tetap mendapatkan nutrisi terbaik dalam setiap fase tumbuh kembangnya.