Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
buah vitamin d

7 Buah yang Mengandung Vitamin D untuk Anak

Buah yang mengandung vitamin D memiliki beragam manfaat untuk kesehatan anak, salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh. Ketahui jenis dan manfaat lainnya yuk!

Tahukah Mums, vitamin D memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tulang anak lho. Vitamin D berperan dalam meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh untuk mendukung kekuatan tulang dan gigi. Manfaat ini bisa Mums temukan dari sumber makanan, salah satunya dari buah yang mengandung vitamin D.

Mungkin selama ini Mums sering mendengar sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari. Tubuh manusia memang bisa memproduksi vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Namun, asupan vitamin D juga bisa dimaksimalkan dari buah yang mengandung vitamin D yang bisa dikonsumsi anak. 

Selain itu, konsumsi buah yang mengandung vitamin D juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko berbagai penyakit. Sedangkan, kekurangan asupan vitamin D dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan pada anak, seperti kejang, gangguan otot jantung, kerusakan gigi, dan kerontokan rambut. Namun, Mums tidak perlu khawatir karena kebutuhan asupan nutrisi tersebut bisa dioptimalkan dengan mengonsumsi buah yang mengandung vitamin D di bawah ini. 

Jenis Buah yang Mengandung Vitamin D

buah yang mengandung kalsium

Vitamin D bisa diaktifkan oleh sinar matahari dan berasal dari berbagai jenis makanan, termasuk buah yang mengandung vitamin D. Namun, berbeda dengan kalsium, hingga saat ini tidak ada buah yang dianggap sebagai sumber vitamin D terbaik untuk kesehatan anak. 

Meskipun kandungan nutrisinya tidak terlalu tinggi, akan tetapi buah yang mengandung vitamin D bisa menjadi tambahan nutrisi anak, karena mengandung vitamin dan mineral lain untuk mendukung kesehatannya, antara lain: 

  • Jeruk

    Selain kaya akan vitamin C, jeruk juga termasuk buah yang mengandung vitamin D dengan beragam manfaat untuk kesehatan anak. Jeruk bemanfaat untuk melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan kulit, mendukung kesehatan tulang, menjaga kesehatan mata, menurunkan kolesterol, mengontrol tekanan darah, dan melindungi jantung. 

    Baca juga: Manfaat Vitamin C Bisa Cegah Virus Corona? Cek Faktanya di Sini, Mums!

  • Kiwi

    Buah yang mengandung vitamin D selanjutnya adalah kiwi.Meskipun kandungan vitamin D dalam buah kiwi cukup rendah, namun manfaat buah berwarna hijau ini tak perlu diragukan lagi lho, Mums. Kiwi sering disebut sebagai buah yang kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalium, asam folat (vitamin B9), dan kalsium. 

    Selain itu, buah yang mengandung vitamin D ini juga memiliki sifat antioksidan dan kaya serat. Penelitian membuktikan, buah kiwi dapat membantu meredakan asma, menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan mata. 

  • Anggur

    Sama seperti kiwi, anggur termasuk buah yang mengandung vitamin D dengan kandungan yang cukup rendah. Namun, buah ini memiliki manfaat untuk kesehatan karena adanya kandungan nutrisi dari vitamin dan mineral lainnya, seperti vitamin C, serat, zat besi, kalsium, dan zinc. 

    Manfaat buah yang mengandung vitamin D ini di antaranya dapat melancarkan pencernaan, kaya antioksidan, mengurangi risiko infeksi pernapasan, dan membantu melindungi sistem saraf. 

  • Leci

    Di balik rasanya yang manis, ada banyak manfaat buah leci yang sayang untuk dilewatkan lho, Mums. Leci termasuk buah yang mengandung vitamin D dengan manfaat untuk meningkatkan sistem imun, menyehatkan jantung, mencegah penyakit kanker, membantu meningkatkan kepadatan tulang, dan mengatasi sembelit. 

  • Mangga

    Buah yang mengandung vitamin D selanjutnya adalah mangga. Rasanya yang manis dan segar membuat buah mangga digemari oleh anak-anak. Ternyata buah berwarna kuning ini mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan anak lho, di antaranya karbohidrat, gula, serat, asam folatkalium, magnesium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta vitamin D. 

    Dari banyaknya kandungan nutrisi tersebut, buah yang mengandung vitamin D ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, kulit, dan rambut, serta menurunkan risiko anemia. 

  • Jambu Biji

    Jambu biji termasuk buah yang mengandung vitamin D yang bisa jadi pilihan Mums. Buah ini juga mengandung protein, serat, vitamin C, vitamin A, zat besi, magnesium, serta kalium dan antioksidan yang baik untuk kesehatan anak. 

    Manfaat buah yang mengandung vitamin D ini dapat melancarkan pencernaan, membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata. 

  • Cranberry 

    Meski jarang dikonsumsi oleh orang Indonesia, akan tetap cranberry termasuk buah yang mengandung vitamin D lho, Mums. Cranberry termasuk jenis buah beri yang memiliki nutrisi dan antioksidan yang tinggi. 

    Meskipun rasanya cukup asam, namun buah yang mengandung vitamin D ini bermanfaat untuk kesehatan anak, di antaranya dapat menjaga kesehatan gigi, mengontrol berat badan, mencegah risiko infeksi saluran kemih, membantu meningkatkan fungsi otak, dan mencegah kanker. 

Selain buah yang mengandung vitamin D, ternyata zat gizi ini pun bisa Mums dapatkan dalam sayuran dan berbagai jenis makanan lain. Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Sayuran yang Mengandung Vitamin D

Tak kalah dengan jenis buah yang mengandung vitamin D di atas, berikut adalah 3 sayuran yang kaya akan vitamin D, antara lain:

  • Brokoli

    Brokoli termasuk sayuran yang mengandung vitamin D cukup tinggi dibandingkan jenis sayuran lainnya. Selain itu, brokoli juga kaya serat, vitamin C, zat besi, magnesium, serta beragam vitamin dan mineral lain yang penting untuk mendukung kesehatan anak.

  • Bayam

    Sayuran yang mengandung vitamin D selanjutnya adalah bayam. Sayuran hijau ini juga mengandung beragam nutrisi penting lainnya yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. 

  • Jamur

    Siapa sangka ternyata jamur juga termasuk sayuran yang mengandung vitamin D lho, Mums. Meskipun bermanfaat, Mums tetap perlu memberikan anak olahan jamur sesuai batas normal dan tidak berlebihan. 

Sumber Makanan Lain yang Tinggi Vitamin D

manfaat vitamin D 

Selain buah-buahan dan sayuran, berikut ini makanan yang mengandung vitamin D tinggi yang mudah ditemukan dan diolah: 

  • Kuning telur

    Kuning telur termasuk sumber makanan tinggi vitamin D yang bisa jadi alternatif untuk mendukung kesehatan anak. Meskipun bernutrisi, namun Mums tetap harus membatasi asupannya karena dalam satu telur mengandung sekitar 200 mg kolesterol. Seimbangkanlah asupan nutrisi harian anak dengan makanan sehat lainnya. 

  • Ikan Salmon

    Kandungan nutrisi vitamin D dalam ikan salmon lebih baik dibandingkan buah yang mengandung vitamin D. Seperti yang Mums ketahui, ikan salmon termasuk jenis ikan yang memiliki banyak manfaat kesehatan untuk anak. Salmon juga mengandung protein dan omega 3 yang dapat meningkatkan perkembangan otak anak. 

  • Ikan Sarden

    Selain tuna, sarden juga termasuk jenis ikan yang dianggap sebagai sumber vitamin D dan omega 3 yang baik untuk kesehatan anak. Selain itu, ikan sarden juga mengandung protein, karbohidrat, vitamin B12, vitamin E, zat besi, kalsium, magnesium, kalium, dan zinc. 

    Melihat banyaknya nutrisi dalam sarden, tak heran jika ikan ini bermanfaat untuk melindungi fungsi otak, menjaga kesehatan jantung, membangun dan memelihara otot tubuh, dan menjaga kesehatan tulang.

  • Ikan Tuna

    Tuna merupakan jenis ikan yang cukup populer karena memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Ikan tuna mengandung beragam nutrisi, seperti protein, asam lemak omega 3, vitamin B, vitamin D, kalsium, fosfor, kalium, zinc, selenium, dan kolin. Ikan tuna bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak, meningkatkan metabolisme tubuh, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, serta mencegah anemia. 

Itulah beberapa sumber makanan kaya akan vitamin D untuk mendukung kesehatan anak. Pastikan untuk mengolah makanan tersebut dengan tepat ya, Mums. Hindari memanaskan makanan lebih dari satu kali, agar nutrisi di dalamnya tidak rusak. 

Kebutuhan Vitamin D per Hari untuk Anak

kekurangan vitamin D

Kebutuhan vitamin D per hari bisa ditentukan sesuai dengan usia dan kebutuhan masing-masing orang. Untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, kebutuhan vitamin D per hari harus dipenuhi secara tepat agar mendukung tumbuh kembangnya lebih optimal.

Para ahli merekomendasikan anak-anak yang berusia di atas 1 tahun untuk memenuhi kebutuhan vitamin D per hari lebih dari 600 IU. Kementerian Kesehatan RI menganjurkan anak-anak agar mendapat paparan sinar matahari pagi sejak terbit sampai jam 09.00 pagi dan sore hari jam 15:00 sampai matahari terbenam. Durasinya cukup 10 sampai 15 menit, sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk mengaktifkan vitamin D dalam tubuh. 

Perbedaan Vitamin D dan Vitamin D3

Vitamin D untuk merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Secara kimiawi, bentuk aktif dari vitamin D ada 2 jenis, yaitu vitamin D2 dan vitamin D3. Vitamin D2 hanya ditemukan pada makanan dari jenis tumbuhan tertentu, seperti jamur. 

Sedangkan, vitamin D3 dapat ditemukan dari makanan yang berasal dari hewan dan diaktifkan secara alami ketika kulit terkena paparan sinar matahari langsung. Vitamin D3 juga bisa Mums temukan dalam susu pertumbuhan, sereal, dan jus buah yang diperkaya oleh vitamin D3.

Salah satu susu pertumbuhan yang diperkaya oleh vitamin D3 adalah susu FRISO Gold 3. Susu FRISO Gold 3 mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak.

Susu Friso Gold 3 termasuk susu bernutrisi tinggi yang diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh anak agar membantunya kuat dari dalam.