Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

7 Kegiatan Produktif untuk Mengisi Liburan Anak Sekolah

7 Kegiatan Produktif untuk Mengisi Liburan Anak Sekolah

Tidak terasa liburan anak sekolah sebentar lagi tiba. Berbagai kegiatan produktif bisa Mums rencanakan untuk si Kecil dan keluarga alih-alih hanya bermalas-malasan saja sepanjang hari. Kegiatan seperti berkunjung ke tempat wisata atau rumah kerabat bisa jadi pilihan. Tapi mengingat mungkin kegiatan tersebut sudah dilakukan pada libur panjang kemarin, tidak ada salahnya melakukan kegiatan produktif lainnya bukan?
Ya, liburan tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya karena ada dua libur panjang yang terjadi berdekatan. Liburan Hari Raya Idul Fitri dan liburan anak sekolah. Jika Mums sudah berkunjung ke tempat kerabat, maka ada baiknya liburan sekolah yang akan datang sebentar lagi diisi dengan kegiatan produktif.
Mengisi waktu liburan dengan kegiatan produktif akan sangat bermanfaat bagi si Kecil. Selain mengasah kemampuan yang dimiliki, si Kecil juga akan memiliki kecerdasan yang semakin baik karena terus diasah semasa liburan. Jadi proses belajarnya tidak berhenti karena tidak masuk sekolah.
Beberapa kegiatan di bawah ini bisa jadi opsi. Selain produktif, kegiatan ini juga akan mengasah kreativitas, melatih kemampuan fisik serta kecerdasannya. Tidak usah berpanjang lebar, yuk Mums simak selengkapnya.

Pekerjaan Rumah

Pekerjaan rumah tidak akan mengenal hari libur atau masuk sekolah. Saat si Kecil sedang libur sekolah, ada baiknya si Kecil dikenalkan dengan berbagai pekerjaan rumah yang biasanya Mums lakukan. Mungkin Mums memiliki asisten rumah tangga, namun mengenalkan pekerjaan rumah pada si Kecil dapat menjadikan si Kecil pribadi yang lebih terorganisir dan menyukai kebersihan.

Mendalami Hobi

Jika si Kecil memiliki hobi, waktu liburan adalah waktu yang yang tepat untuk mendalami hobinya tersebut. Tersedia waktu yang cukup banyak untuk dialokasikan tanpa harus terpotong waktu sekolah. Mendalami hobi seperti misalnya menggambar, atau berolahraga, atau yang lain, menjadi salah satu kegiatan produktif yang bisa dilakukan pada masa liburan sekolah.

Membaca

Meski bukan kegiatan populer untuk mengisi waktu liburan, membaca memiliki banyak manfaat untuk si Kecil. Membaca akan memberikan si Kecil pengetahuan baru dan ilmu baru yang mungkin belum diketahuinya. Kebiasaan membaca yang ditanamkan sejak dini juga akan terbawa hingga si Kecil dewasa dan menjadikan si Kecil pribadi yang kritis.

Outbond atau Kemah

Kegiatan ini juga bisa jadi pilihan dan dilakukan bersama dengan keluarga. Selain dapat melatih kekuatan fisik si Kecil, kedua kegiatan ini akan sangat bermanfaat untuk mengeratkan hubungan emosional anggota keluarga. Mums bisa menggunakan jasa penyedia area outbond atau bumi perkemahan untuk melakukan kegiatan ini.

Memasak

Memasak akan selalu masuk dalam berbagai daftar kegiatan bersama si Kecil. Mengapa? Karena memasak dapat menjadi tempat belajar yang sangat baik. Si Kecil bisa mempraktekkan kemampuan matematisnya, kemampuan mengidentifikasi bahan makanan dan rasa serta kreativitasnya dalam membuat masakan. Dengan sedikit usaha dan kreativitas Mums, bahkan si Kecil bisa menyukai sayuran, yang biasanya tidak disukainya.

Bersosialisasi

Untuk Mums yang mungkin tinggal di area perumahan, waktu liburan juga merupakan waktu yang tepat untuk bersosialisasi dengan tetangga. Aktivitas rutin seperti misalnya lari sore atau pagi hari bersama si Kecil, bermain di taman, dan sebagainya dapat menjadi media pengenalan si Kecil pada orang disekitarnya. Si Kecil yang terbiasa bersosialisasi akan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mudah bergaul dengan teman banyak orang.

Berkarya

Bukan berarti bekerja, berkarya bersama si Kecil akan jadi aktivitas menghabiskan waktu liburan yang sangat produktif. Di sini Mums bisa mengasah keterampilan dan imajinasi si Kecil dalam menghasilkan satu karya dari barang-barang yang ada di sekitarnya. Manfaatkan barang bekas untuk melakukan aktivitas ini.
Selain berguna untuk mengasah keterampilan si Kecil, kegiatan ini juga akan dapat membantu mengurangi limbah dari barang yang tidak terpakai. Nantinya hasil karya si Kecil bisa digunakan sebagai hiasan atau peralatan praktis yang berguna untuk kegiatan sehari-hari seperti misalnya tempat koin, tempat mainan, dan lain sebagainya.

Kegiatan produktif semasa liburan yang telah disebutkan di atas bisa jadi opsi agar si Kecil tidak hanya bermalas-malasan saja. Selain menghabiskan waktu dengan lebih bermanfaat, si Kecil juga dapat mengasah berbagai kemampuan dan kreativitasnya. Ketika tiba waktunya sekolah, si Kecil tidak akan kaget untuk kembali belajar karena proses belajar terus terjadi selama liburan berlangsung.

Sebagai bentuk dukungan untuk kegiatan produktif masa liburan anak sekolah, Mums bisa memberikan Friso Gold 4. Friso Gold 4 memiliki nutrisi yang lengkap, serta  teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi dalam keadaan alami sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Masih memiliki pertanyaan seputar nutrisi si Kecil? Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui fitur live chat yang ada di pojok kanan bawah situs Friso.