Lompat ke isi utama
Mainan anak 2 tahun

7 Mainan Anak 2 Tahun yang Edukatif, Mana Pilihan Mums?

Penting bagi Mums untuk memilih mainan anak 2 tahun yang tepat agar tumbuh kembang anak lebih maksimal. Simak rekomendasi mainannya di sini

Banyak mainan anak 2 tahun yang bisa Mums pilih untuk dijadikan ‘teman bermain’ anak di rumah, mulai dari mainan balok, boneka, hingga mainan musik yang menyenangkan. Selain membuat happy, mainan anak 2 tahun tersebut bisa menjadi media untuk menstimulasi tumbuh kembang anak lho. 

Seperti yang Mums ketahui, di 1.000 hari pertama atau 2 tahun pertama kehidupannya, setiap anak mengalami tahap tumbuh kembang yang sangat signifikan. Selama periode ini, otaknya akan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Proses tersebut dapat mendukung anak untuk cepat belajar dan memahami dunia di sekitarnya. Maka dari itu, kehadiran mainan anak 2 tahun sangat dibutuhkan bagi si Kecil sebagai media stimulasi kemampuan motorik, sensorik, berbahasa, komunikasi, sosial, hingga emosional anak. 

Meski saat ini sudah banyak pilihan mainan anak 2 tahun yang bisa Mums berikan untuk buah hati, tetapi tidak semua mainan tersebut aman digunakan lho. Oleh karenanya, penting bagi Mums memilih mainan anak 2 tahun yang tepat dengan memerhatikan bahan dasarnya, keamanan, komponen mainan, dan lain sebagainya. 

Rekomendasi Mainan Anak 2 Tahun 

Berikut ini adalah rekomendasi mainan anak 2 tahun yang bisa Mums pilih, antara lain:

  1. Buku

    buku

    Mainan anak 2 tahun yang sangat edukatif bagi buah hati Mums adalah buku. Mums pasti paham bahwa buku merupakan media pembelajaran sekaligus bermain yang menarik bagi anak. Terdapat beragam manfaat yang bisa kita dapatkan dalam buku, di antaranya dapat meningkatkan kemampuan bahasa, menambah kosakata, meningkatkan kemampuan berpikir, meningkatkan fungsi otak, kemampuan kognitif, menjalin hubungan yang lebih dekat dengan orang tua, dan masih banyak manfaat lainnya. 

    Mums berikan anak berbagai jenis buku yang menarik, biasanya anak-anak lebih menyukai buku bertema hewan, luar angkasa, ensklopedia, board book, serta buku jenis lain yang berisi cerita dan gambar yang menarik. Mums juga bisa mengajak anak untuk pergi ke toko buku supaya ia bisa memilih jenis buku yang diinginkan. 

  2. Balance bike 

    balance bike

    Balance bike merupakan salah satu mainan anak 2 tahun yang bisa menstimulasi tumbuh kembang sekaligus permainan yang menyenangkan. Ada berbagai manfaat dari balance bike yang penting, di antaranya dapat melatih koordinasi, keseimbangan, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta membangun hubungan lebih dekat antara anak dan orang tua.

    Meskipun mainan anak 2 tahun ini memiliki banyak manfaat, tetapi Mums perlu memilih balance bike yang berkualitas dan sesuai dengan usia anak. Sebab, saat ini sudah banyak jenis balance bike yang didesain berdasarkan usia anak, mulai dari usia 1 tahun hingga 5 tahun. Selain itu, pastikan Mums memantau anak saat menggunakan balance bike agar tetap aman. 

  3. Mainan balok susun

    blok susun

    Selain buku dan balance bike, Mums juga bisa memilih balok susun berwarna-warni sebagai salah satu mainan anak 2 tahun yang edukatif dan menyenangkan. Sebenarnya mainan balok sudah bisa Mums kenalkan kepada anak sejak ia masih bayi. Namun, untuk anak yang berusia 2 tahun, Mums bisa memberikannya mainan balok susun dengan bentuk dan warna yang beragam, mulai dari bentuk kecil hingga besar, sehingga anak bisa lebih mengeksplorasi kemampuannya untuk menyusun balok-balok tersebut. 

    Selain itu, Mums juga bisa memberikan ia mainan balok yang berbentuk angka, huruf, hewan, dan lain sebagainya untuk mengasah kemampuan si Kecil. Mainan anak 2 tahun ini bermanfaat untuk melatih koordinasi, meningkatkan koordinasi, kecerdasan, kreativitas, dan melatih kesabaran anak.

  4. Mainan profesi atau peran

    peran

    Rekomendasi mainan anak 2 tahun selanjutnya adalah mainan bertema profesi atau peran, seperti dokter, polisi, pemadam kebakaran, koki, superhero, dan lain sebagainya. Selain menyenangkan, jenis mainan ini bisa menjadi media untuk mengenalkan berbagai profesi yang ada kepada anak. Dengan begitu, ia akan terbayang mengenai pekerjaan yang dilakukan oleh profesi dokter. 

    Selain itu, mainan ini juga bisa bermanfaat hingga jangka panjang karena anak bisa memiliki imajinasi mengenai profesi seperti apa yang ia inginkan untuk ia lakukan di masa mendatang. 

    Supaya mainan anak 2 tahun ini lebih menyenangkan, Mums bisa bermain bersama dengan buah hati. Misalnya, Mums bisa berperan sebagai pasien dan anak berperan menjadi dokter. Dengan begitu, muncul interaksi 2 arah yang dapat melatih kemampuan anak dengan lebih optimal.

    Baca juga: 7 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak yang Perlu Mums Ketahui

  5. Bola

    bola

    Bola juga termasuk mainan anak 2 tahun yang dapat menstimulasi buah hati Mums lho. Apalagi bola dapat mendorong anak untuk lebih aktif bergerak. Sebab, bola dapat mendukung anak agar bisa melempar, menangkap, dan memasukkannya ke dalam wadah dengan benar, sehingga bukan hanya tangan anak saja yang bergerak, tetapi juga kakinya. 

    Selain itu, mainan anak 2 tahun ini juga bermanfaat untuk melatih konsentrasi, koordinasi antara mata dan tangan serta kaki, melatih keseimbangan, paham konsep sebab-akibat, mengasah kemampuan motorik, dan lain sebagainya. 

  6. Puzzle

    puzzle

    Ingin memberikan mainan anak 2 tahun yang lebih menantang dan mengasah kemampuan berpikir buah hati Mums? Maka puzzle bisa jadi pilihannya. Puzzle termasuk mainan yang dapat meningkatkan kecerdasan, kemampuan berpikir, dan memecahkan masalah pada anak usia dini lho. 

    Puzzle juga sangat penting untuk meningkatkan memori, melatih kemampuan motorik halus, dan melatih koordinasi dengan lebih baik. Namun, pastikan Mums memilih jenis puzzle yang sesuai dengan usia anak supaya ia mudah untuk melakukannya.

  7. Mainan alat musik

    alat musik

    Satu lagi mainan anak 2 tahun yang bisa jadi pilihan Mums adalah mainan alat musik. Selain seru, mainan ini dapat meningkatkan pendengaran, melatih kemampuan motorik dan kognitif, meningkatkan kemampuan berbicara, dan mengenalkan anak terhadap alat musik. 

    Dengan mengenalkan mainan ini sejak dini, mungkin saja Mums bisa melihat ketertarikan anak terhadap salah satu alat musik yang ia mainkan dan nantinya bisa terus diasah seiring pertambahan usia si Kecil.

Baca juga: Kenali Pertumbuhan Gigi Susu dan Cara Merawatnya

Seperti yang telah disebutkan, mainan anak 2 tahun memang cukup beragam, tetapi Mums tetap harus memilih mainan tersebut yang aman. Sebaiknya pilihlah mainan yang sudah bersertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia) dan sesuai dengan usia anak. Hindari mainan yang berbahaya, seperti mainan yang menggunakan aliran listrik, magnet, dan menggunakan baterai ukuran kecil. Tak hanya itu, Mums juga harus selalu menemani dan memantau anak saat sedang bermain agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Selain menstimulasi anak melalui mainan, Mums juga perlu memenuhi asupan nutrisinya secara tepat. Salah satu nutrisi yang sebaiknya dikonsumsi anak usia 1-3 tahun adalah susu FRISO Gold 3 karena mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. 

Susu FRISO Gold 3 merupakan susu bernutrisi tinggi yang diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, beragam vitamin dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh anak guna membantunya kuat dari dalam. 

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang