Lompat ke isi utama
Manfaat berjemur

7 Manfaat Berjemur di Pagi Hari Bagi Kesehatan Bayi

Manfaat berjemur di pagi hari memang penting bagi tumbuh kembang bayi, tapi ada hal-hal yang harus Mums perhatikan sebelum menjemur si Kecil

Manfaat berjemur di pagi hari untuk bayi dipercaya dapat mencegah penyakit kuning dan meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Manfaat tersebut bisa bayi dapatkan berkat peran sinar matahari pagi yang dapat mengaktifkan vitamin D pada kulit yang terpapar. Maka dari itu, manfaat berjemur di pagi hari sudah dilakukan secara turun temurun sejak zaman dahulu. Lantas, apa saja manfaat sinar matahari pagi lainnya? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini. 

Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Bayi

Berikut ini beberapa manfaat berjemur di pagi hari untuk bayi, antara lain:

  1. Mengurangi dan mencegah penyakit kuning

    Manfaat berjemur di pagi hari yang pertama yaitu dapat mengurangi dan mencegah bayi mengalami penyakit kuning. Penyakit kuning pada bayi baru lahir terjadi akibat penumpukan bilirubin. Bilirubin merupakan pigmen dari empedu yang berwarna kuning kemerahan yang merupakan hasil pemecahan sel darah merah oleh organ hati. 

    Nah, bayi yang baru lahir belum mampu mengolah bilirubin dengan sempurna dan inilah yang membuat sebagian bayi terlihat kuning pada beberapa hari pertama kelahirannya. Maka dari itu, menjemur bayi di bawah sinar matahari bisa membantu mengatasi bayi kuning. Sebab, menjemur bayi di pagi hari secara rutin dapat membantu memecah bilirubin sehingga kadarnya akan menurun. 

  2. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Manfaat berjemur di pagi hari yang tak kalah penting yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Ini karena sinar matahari pagi dapat mengaktifkan vitamin D pada kulit yang terpapar sehingga sistem imun bayi pun dapat meningkat. 

    Namun, manfaat berjemur di pagi hari ini pun tetap harus didukung oleh asupan gizi yang berkualitas, salah satunya adalah ASI. Untuk bayi yang sudah berusia di atas 6 bulan, Mums juga sudah bisa memberikan ia asupan MPASI yang bergizi seimbang agar daya tahan tubuhnya meningkat. 

  3. Menghangatkan tubuh 

    Manfaat berjemur di pagi hari untuk bayi yang tak kalah penting yaitu dapat menghangatkan tubuh. Dengan begitu, bayi akan lebih nyaman, apalagi jika kondisinya sedang mengalami kedinginan. Namun, tentunya Mums harus memerhatikan waktu serta kondisi cuaca saat menjemur bayi agar manfaatnya dapat diperoleh secara optimal. 

  4. Meningkatkan kualitas tidur

    Salah satu manfaat berjemur di pagi hari untuk bayi yaitu dapat meningkatkan kualitas tidurnya lho, Mums. Ini karena sinar matahari berperan dalam membantu ritme sirkadian bayi dengan baik. Ritme sirkadian merupakan jam alami tubuh yang menentukan siklus tidur dan bangun agar lebih teratur. 

  5. Mengaktifkan kadar vitamin D dalam tubuh

    Di lapisan kulit terdapat zat provitamin D. Zat ini akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Itulah sebabnya, salah satu manfaat berjemur di pagi hari yaitu dapat meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh bayi. Seperti yang Mums ketahui, vitamin D sangat diperlukan oleh tubuh bayi pada masa tumbuh kembang. 

  6. Meningkatkan produksi hormon serotonin

    Tahukah Mums, ternyata manfaat berjemur di pagi hari juga dapat membantu meningkatkan produksi hormon serotonin dalam tubuh lho. Hormon serotonin merupakan hormon yang bertugas untuk membawa pesan antar sel di dalam otak.

    Hormon ini berperan untuk memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik sehingga bayi pun bisa merasa lebih bahagia jika produksi hormon serotonin dalam tubuhnya tercukupi dengan baik.

    Melansir laman resmi healthline.com, penelitian yang dimuat dalam jurnal Innovations in Clinical Neuroscience menunjukkan bahwa manfaat berjemur di pagi hari bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan hormon serotonin secara alami bagi bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Ini karena sinar matahari yang diserap oleh kulit mengalami proses sintesis menjadi serotonin. 

  7. Membantu mengatasi penyakit kulit

    Manfaat berjemur di pagi hari yang lainnya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Melansir laman resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO), manfaat sinar matahari pagi ternyata dapat mengatasi sejumlah masalah pada kulit, termasuk eksim. 

Manfaat berjemur di pagi hari memang penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi, tetapi Mums juga harus melakukannya dengan tepat. Sebab, kulit bayi masih sangat sensitif jika dibandingkan orang dewasa. Selain itu, saat berjemur pun Mums harus menjaga mata bayi agar tidak terkena sinar matahari secara berlebihan. Supaya lebih jelas, Mums perlu memahami aturan berjemur di pagi hari untuk bayi yang mencakup waktu berjemur, durasi, dan hal-hal penting lainnya. 

Panduan untuk Menjemur Bayi di Pagi Hari

Berikut ini beberapa hal yang harus Mums lakukan sebelum menjemur bayi di pagi hari, antara lain:

  • Waktu

    Supaya manfaat berjemur di pagi hari bisa dirasakan dengan lebih optimal, sebaiknya Mums memerhatikan waktu terbaik untuk berjemur. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menganjurkan waktu berjemur di pagi hari untuk bayi dan anak-anak sebaiknya dilakukan sebelum pukul 10.00 pagi.

    Mums bisa menjemur bayi sejak pukul 07.00 - 10.00 pagi. Ini karena, di rentang waktu tersebut, sinar UV masih belum terlalu kuat sehingga manfaat berjemur di pagi hari akan lebih maksimal bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi. 

  • Durasi

    Manfaat berjemur di pagi hari juga akan lebih optimal jika Mums memerhatikan durasinya. IDAI menganjurkan durasi berjemur di pagi hari sebaiknya sekira 10-15 menit yang dilakukan secara rutin setiap hari. Durasi tersebut cukup optimal untuk mengaktifkan vitamin D pada kulit bayi yang terpapar sinar matahari pagi.

  • Bagian tubuh yang terkena sinar matahari pagi

    Meskipun manfaat berjemur di pagi hari cukup baik bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi, bukan berarti Mums harus menjemur semua bagian tubuhnya, mulai dari wajah sampai kaki. Sebaiknya Mums menjemur bagian punggung, dada, perut, lengan, dan kaki si Kecil. 

    Mums wajib melindungi mata bayi dari paparan sinar matahari langsung agar tidak berbahaya terhadap penglihatannya. Selain itu, Mums juga perlu memastikan kebutuhan cairan bayi tercukupi dengan baik, caranya dengan memberikan ASI sebelum atau sesudah berjemur. 

Manfaat berjemur di pagi hari memang cukup beragam, namun bayi juga tetap harus mendapatkan asupan vitamin D dari nutrisi yang dikonsumsi. Bagi bayi yang berusia 0-6 bulan, Mums perlu mencukupi asupan nutrisi dari ASI. Itulah sebabnya, penting bagi Mums untuk meningkatkan kualitas ASI agar kebutuhan gizi harian bayi tercukupi dengan tepat.

Nah, susu Frisomum Gold Dualcare+ bisa menjadi salah satu nutrisi berkualitas yang dibutuhkan oleh Mums serta bayi. Ini karena susu Frisomum Gold Dualcare+ mengandung zat besi, kalsium, ALA/LA, prebiotik, probiotik, dan nukleotida untuk mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan sampai masa menyusui.

Selain itu, untuk bayi yang berusia 6 bulan ke atas, Mums bisa mencukupi asupan vitamin D dari beberapa jenis makanan, seperti ikan, jamur, kuning telur, dan hati sapi yang diolah menjadi MPASI lezat dan bergizi seimbang. Yuk, pastikan kebutuhan vitamin D harian buah hati Mums tercukupi agar kesehatan dan tumbuh kembangnya lebih optimal.

 

Disadur dari berbagai sumber dan ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang