Lompat ke isi utama
Minyak Ikan

7 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak yang Perlu Mums Ketahui

Minyak ikan untuk anak tak hanya penting untuk kecerdasan, tetapi juga untuk tumbuh kembang secara keseluruhan. Simak penjelasannya di sini, yuk!

Pemberian minyak ikan untuk anak bertujuan memenuhi asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk mengoptimalkan kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Asam lemak omega 3 termasuk salah satu nutrisi yang harus didapatkan dari luar karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Nah, salah satu sumbernya adalah minyak ikan. 

Berbicara mengenai minyak ikan untuk anak dan asam lemak omega 3. Sebenarnya jenis asam lemak esensial ini terbagi ke dalam 3 jenis, di antaranya: 

  • Docosahexaenoic acid (DHA) yang berperan dalam perkembangan otak agar dapat berfungsi secara normal.
  • Eicosapentaenoic acid (EPA) yang berperan dalam membantu mengurangi peradangan dan mengurangi depresi.
  • Alpha-linolenic acid (ALA) yang berperan untuk mendukung kinerja DHA sehingga dapat bekerja dengan maksimal untuk pembentukan sel otak. 

Selain jenis omega 3, sebenarnya ada satu jenis asam lemak esensial lain yang sangat penting dalam meningkatkan kinerja otak anak, yaitu Linoleic Acid (LA) yang termasuk ke dalam asam lemak omega 6. 

Kandungan LA ini banyak terdapat dalam susu dari produk hewani. Oleh karena itu, penting bagi Mums untuk memenuhi asupan asam lemak esensial ini secara tepat agar kecerdasan si Kecil semakin meningkat dan tumbuh kembangnya kian optimal.

Kehadiran asam lemak omega 3 dan omega 6, serta DHA dan AA, bisa Mums dapatkan dalam susu Friso Gold 4, yaitu susu pertumbuhan untuk anak usia 3-12 tahun yang mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. 

Secara umum, ALA (omega 3) dan LA (omega 6) dalam susu Friso Gold 4 bermanfaat sebagai bahan baku pembentuk DHA dan AA di dalam tubuh. ALA dan LA diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang otak dan kecerdasan si Kecil, serta menjaga kesehatan matanya. 

Itulah sebabnya, kebutuhan asam lemak esensial si Kecil sebenarnya bisa Mums dapatkan dari sumber makanan berkualitas, seperti susu. Namun, asam lemak omega 3 juga bisa Mums dapatkan dari berbagai jenis ikan, udang kerang, bayam, kale, dan kacang-kacangan. Sedangkan, asam lemak omega 6 banyak ditemukan pada minyak bunga matahari, minyak biji kapas, minyak kedelai, dan kelapa sawit.

Dengan mengetahui pentingnya asam lemak esensial bagi si Kecil, lantas apa saja manfaat lain dari minyak ikan untuk anak? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan berikut ini yuk! 

Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

  1. Meningkatkan fungsi otak 

    Ibarat balok-balok penyusun dalam permainan susun balok, minyak ikan untuk anak memberikan fondasi dan fungsi yang dibutuhkan otak si Kecil untuk berkembang. Di 2 tahun pertama kehidupannya, otak anak berkembang dengan pesat, sehingga membutuhkan berbagai nutrisi penting yang mengoptimalkan perkembangannya.

    Itulah sebabnya minyak ikan untuk anak sangat penting untuk mendukung kecerdasannya di masa mendatang. Minyak ikan membantu membentuk bagian-bagian otak yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir, mengambil keputusan, konsentrasi, dan meningkatkan daya ingat. 

  2. Menjaga kesehatan mata

    Minyak ikan untuk anak tidak hanya penting untuk perkembangan otaknya saja lho, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan mata si Kecil. Ini karena retina mata memerlukan asam lemak dalam jumlah yang cukup agar berfungsi secara optimal. 

    Namun, untuk menjaga kesehatan mata si Kecil, minyak ikan bukan satu-satunya nutrisi yang wajib dikonsumsi, ya. Mums tetap harus memenuhi asupan nutrisi penting lainnya, seperti protein, vitamin A, vitamin D, vitamin E, serta vitamin dan mineral lain. Selain itu, Mums juga perlu membiasakan pola hidup sehat dan aktif dan mengurangi penggunaan gadget pada anak-anak. 

  3. Menjaga kesehatan jantung

    Manfaat minyak ikan untuk anak juga berperan terhadap kesehatan jantung si Kecil. Melansir laman resmi healthline.com, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak ikan untuk anak secara rutin sejak dini dan sesuai batas normal dapat mengurangi risiko penyakit jantung di kemudian hari, serta tekanan darah pun lebih terkontrol. Selain itu, minyak ikan untuk anak juga dapat mengurangi risiko penyakit asma. 

  4. Mencegah munculnya gangguan tidur

    Manfaat minyak ikan untuk anak juga ternyata dapat mencegah munculnya gangguan pada si Kecil. Menurut Healthline.com, sekira 4 persen anak-anak di bawah usia 5 tahun dapat mengalami gangguan tidur sehingga tidurnya tidak nyenyak dan tidak berkualitas. 

    Padahal, tidur merupakan waktu yang tepat bagi hormon pertumbuhan untuk bekerja pada anak-anak. Waktu tidur yang cukup dan berkualitas dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil agar lebih optimal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi minyak ikan dengan kadar yang cukup memiliki pola tidur yang baik dibandingkan anak yang kekurangan asupan minyak ikan. 

  5. Membantu meningkatkan kepadatan tulang

    Manfaat minyak ikan untuk anak lainnya yaitu berperan dalam membantu meningkatkan kepadatan dan kesehatan tulang si Kecil. Sebab, EPA dan DHA dalam minyak ikan untuk anak berperan dalam menjaga kesehatan tulang dengan meningkatkan kadar kalsium dalam tulang. Itulah sebabnya, minyak ikan serta nutrisi penting lainnya berperan untuk mengoptimalkan kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil dengan baik. 

  6. Membantu menjaga kesehatan kulit

    Perlu Mums ketahui bahwa manfaat minyak ikan untuk anak juga ternyata penting dalam membantu menjaga kesehatan kulitnya lho. Asam lemak omega 3 dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Penelitian menunjukkan kandungan asam lemak omega 3 termasuk DHA dan EPA dalam minyak ikan untuk anak dapat mengurangi sensitivitas kulit terhadap sinar ultraviolet (UV). 

  7. Membantu mengurangi risiko ADHD

    ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder adalah gangguan mental yang ditandai dengan gejala pada anak-anak yang ditandai dengan hiperaktivitas, impulsif, dan kesulitan untuk fokus. 

Banyak penelitian menunjukkan bahwa pemberian minyak ikan untuk anak dapat membantu mengurangi risiko ADHD. Kandungan asam lemak omega 3 yang terkandung di dalam minyak ikan untuk anak dapat mengatasi perilaku hiperaktif, meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan proses pembelajaran yang biasanya dipengaruhi oleh ADHD.

Baca juga: Sering Dihindari, Ternyata Ini Fungsi Lemak Bagi Anak 

Sumber Alami Minyak Ikan untuk Anak

Seperti yang telah dijelaskan ya, Mums, secara sederhana minyak ikan untuk anak bisa didapatkan secara alami dari makanan laut (seafood), seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, ikan makarel, dan lainnya. Jenis ikan tersebut memiliki kandungan DHA yang cukup tinggi. Sedangkan, biji rami, kacang kedelai, kacang kenari, minyak kanola mengandung ALA yang baik bagi si Kecil. 

Tak hanya itu, susu pertumbuhan Friso Gold 4 juga diperkaya oleh minyak ikan yang sangat penting untuk mengoptimalkan kecerdasan si Kecil. Susu Friso Gold 4 termasuk susu bernutrisi tinggi yang diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

Sebenarnya minyak ikan untuk anak juga bisa Mums dapatkan dalam bentuk suplemen, tetapi asupannya harus sesuai dengan anjuran dari dokter anak ya, Mums. Nantinya dokter akan memberikan jumlah asupan minyak anak sesuai dengan kondisi tubuh si Kecil. Sebab, minyak ikan yang dikonsumsi secara berlebihan pun tidak baik bagi kesehatan si Kecil. Penelitian dari American Academy of Dermatology menyebutkan bahwa konsumsi minyak ikan untuk anak yang berlebihan dapat memicu nyeri perut dan diare. Oleh karena itu, pastikan pemberian minyak ikan untuk si Kecil sesuai batas normal ya, Mums!

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang