Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
7-Manfaat-Minyak-Ikan-untuk-si-Kecil-Mums-Wajib-Tahu.jpg

7 Manfaat Minyak Ikan untuk si Kecil, Mums Wajib Tahu!

Tak hanya baik untuk orang dewasa, minyak ikan juga kaya akan manfaat yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Salah satu manfaatnya adalah memberikan nutrisi untuk meningkatkan kecerdasan dan membuat si Kecil pintar. Secara umum, minyak ikan bisa Mums berikan saat si Kecil menginjak usia 1 tahun dan sebagai tambahan dalam MPASI.

Bahan utama minyak ikan berasal dari hati ikan cod yang difermentasi. Minyak ikan yang banyak dijual dipasaran sebagai suplemen biasanya telah mengalami proses sedemikian rupa sehingga aman untuk dikonsumsi oleh si Kecil. Kandungan vitamin dan lemak tak jenuh menjadi nutrisi utama yang akan didapatkan si Kecil ketika mengkonsumsinya.

Nutrisi utama yang didapatkan dari minyak ikan tersebut terbukti mampu mengoptimalkan fungsi otak dan memiliki banyak manfaat lain untuk si Kecil. Selain itu, minyak ikan memiliki kandungan DHA yang baik untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif, motorik, serta visual si Kecil. Adapun 7 manfaat utama minyak ikan yang perlu Mums ketahui telah dirangkum di bawah ini.

Meningkatkan Fungsi Otak

7-Manfaat-Minyak-Ikan-untuk-si-Kecil-Mums-Wajib-Tahu.jpg

Minyak ikan secara ideal mampu mencerdaskan dan membuat pintar otak si Kecil. Kandungan DHA atau Omega-3 pada minyak ikan berfungsi untuk memelihara sel-sel otak dan memfasilitasi penyampaian stimulus dan komunikasi antarrneuron. DHA bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi, sehingga si Kecil akan lebih mudah dalam menyerap pengetahuan yang ia terima, baik secara langsung maupun tidak langsung dari lingkungan sekitarnya.

Mengoptimalkan Tumbuh Kembang si Kecil

Kandungan nutrisi tinggi dalam minyak ikan bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Minyak ikan mengandung Zat Besi, vitamin, dan mineral sebagai nutrisi utama untuk menjaga fungsi organ dan perkembangannya. Perlu Mums ketahui, masa tumbuh si Kecil akan berjalan ideal ketika setiap kebutuhan nutrisi telah terpenuhi.

Menjaga Kesehatan karena Bebas Merkuri

Ikan memiliki sumber nutrisi yang baik bagi si Kecil. Namun, beberapa ikan bisa saja memiliki kandungan merkuri yang perlu Mums waspadai. Sebagai alternatif, Mums bisa memberikan minyak ikan agar si Kecil tetap mendapatkan nutrisi dari ikan.

Beberapa penelitian telah membuktikan produk minyak ikan umumnya telah bebas dari merkuri. Perusahaan minyak ikan memilih ikan yang rendah merkuri, kemudian akan disaring lagi untuk menghilangkan seluruh zat yang terkontaminasi. Jadi, Mums tidak perlu khawatir saat memberikan minyak ikan untuk si Kecil, sebab bahan-bahan yang terkandung di dalamnya justru akan menjaga kesehatannya.

Mempertajam Penglihatan

7-Manfaat-Minyak-Ikan-untuk-si-Kecil-Mums-Wajib-Tahu.jpg

Kandungan Vitamin A yang tinggi pada minyak ikan dapat mempertajam penglihatan dan mengoptimalkan perkembangan visual si Kecil.  Seperti yang Mums ketahui, Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, DHA dalam minyak ikan akan meningkatkan kemampuan indera si Kecil termasuk indera penglihatannya.

Memperkuat Tulang

Kaya akan Vitamin D membuat minyak ikan dipercaya dapat menjaga kesehatan dan menguatkan tulang si Kecil. Omega-3 yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang. Selain bermanfaat bagi pertumbuhan tulang, Omega-3 juga bermanfaat untuk membuat daya tahan tubuh si Kecil kuat dan terhindar dari penyakit seperti pilek, flu, dan batuk.

Mencegah Eksim

Eksim seringkali terjadi pada si Kecil dan membuatnya tidak nyaman karena kondisi kulitnya. Eksim bisa menyebabkan kulit si Kecil sangat kering bahkan pecah-pecah hingga berdarah. Untuk meredakan itu, Mums bisa memberikan minyak ikan yang kaya akan kandungan Omega-3. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit si Kecil.

Memperbaiki Mood

7-Manfaat-Minyak-Ikan-untuk-si-Kecil-Mums-Wajib-Tahu.jpg

Minyak ikan dipercaya dapat membuat mood si Kecil terjaga dan membuatnya bahagia serta tersenyum setiap hari. Memberikan minyak ikan juga dipercaya bisa menghilangkan tantrum atau rewel pada si Kecil.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan Sehat untuk Anak yang Membantu Tumbuh Kembangnya

Setelah mengetahui banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari minyak ikan, mungkin Mums berpikir untuk secara rutin memberikan minyak ikan pada si Kecil. Tak hanya minyak ikan, Mums bisa mencukupi kebutuhan nutrisi si Kecil melalui asupan makanan sehat lainnya. Beberapa jenis makanan yang dapat diberikan untuk si Kecil antara lain telur, susu, makanan mengandung santan, minuman kedelai, jus, dan yogurt. Semua makanan tersebut memiliki kandungan Omega-3 yang sejenis dengan apa yang terkandung dalam minyak ikan.

Konsumsi makanan yang terpenuhi dengan baik dapat menjadi kunci utama tumbuh kembang yang optimal. Fase tumbuh kembang si Kecil akan lebih optimal dengan asupan makanan sehat dan bernutrisi. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan stimulasi aktif pada si Kecil seperti gerak, interaksi yang rutin, dan yang lainnya agar si Kecil bisa belajar hal baru setiap hari.

Manfaat yang telah disebutkan di atas tidak hanya bisa didapatkan dari olahan minyak ikan saja namun juga jenis makanan sehat lainnya. Kebutuhan nutrisi si Kecil juga bisa Mums dapatkan dari susu pertumbuhan. Friso Gold 3 kini hadir untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil. Diperkaya ALA, LA, Prebiotik, Nukleotida, Vitamin A, C, dan E, Zinc, Zat Besi, serta Selenium, susu pertumbuhan ini mampu menutrisi si Kecil sekaligus memperkuat daya tahan tubuhnya dari dalam. Friso Gold 3 dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas nutrisi di dalam susu sehingga lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.