Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

7 Manfaat Tidak Terduga dari Permainan Menghias Kue untuk  si Kecil

7 Manfaat Tidak Terduga dari Permainan Menghias Kue untuk si Kecil

Proses belajar si Kecil dimulai sejak saat si Kecil masih dalam kandungan. Rangsangan berupa musik dengan berbagai genre, dinilai dapat menstimulasi kecerdasan anak. Seiring bertambahnya usia, si Kecil juga akan terus belajar dari lingkungan sekitarnya. Menginjak usia 3 hingga 6 tahun, pelajaran yang didapatnya bisa bersumber dari mana saja. Contohnya dari permainan menghias kue.
Memang mungkin terdengar aneh. Aktivitas yang secara kasat mata hanya merupakan kegiatan bersenang-senang ini memiliki manfaat untuk tumbuh kembang dan proses belajar si Kecil. Selain itu, kegiatan bersama antara Mums dan si Kecil dalam mengkreasikan kue yang akan dihias juga menjadi saat bonding yang sangat baik.
Berikut beberapa manfaat yang bisa si Kecil dapatkan dengan menghias kue bersama Mums. Dari segi psikis dan fisik, ini daftarnya.

Kepercayaan Diri

Mungkin Mums tidak menyadari hal ini, namun menghias kue dengan dampingan Mums di sisinya dapat memupuk rasa percaya diri si Kecil. Kreasi yang dibuatnya akan secara langsung dapat diapresiasi dan diberikan pujian, mungkin juga masukan. Dengan begini si Kecil akan merasa mendapat dukungan dari Mums atas apa yang dilakukannya.

Melatih Ketaatan Instruksi

Sesekali Mums bisa memberikan tantangan padanya untuk menirukan apa yang Mums lakukan pada hiasan kue. Berikan tantangan ini pada si Kecil dengan memberikannya contoh terlebih dahulu. Setelah selesai, minta si Kecil untuk bisa melakukan hal serupa. Melatih kemampuan si Kecil dalam mengikuti instruksi tak harus dilakukan dengan perintah atau perkataan langsung. Bisa juga dilakukan secara halus seperti menirukan apa yang Mums lakukan tersebut.

Perhatian pada Detail

Memperhatikan detail pada hiasan yang menjadi contoh, jika digunakan, dapat melatih kecermatan si Kecil dalam melihat hal-hal kecil. Kecermatan ini sangat berguna ketika si Kecil tumbuh dewasa, untuk menyelesaikan berbagai tantangan yang ditemuinya. Siapa sangka hal seperti ini bisa dilatih dengan aktivitas menyenangkan seperti menghias kue bukan?

Daya Imajinasi

Lakukan juga sesi menghias bebas untuk turut melatih imajinasi si Kecil. Seperti diketahui banyak orang, kekuatan imajinasi bisa menunjukkan kecerdasan si Kecil dalam berbagai hal. Dengan memberikan kebebasan pada si Kecil ketika mengkreasikan hiasan kuenya, Mums telah turut serta melatih daya imajinasi si Kecil. Jangan terkejut pada karya si Kecil ya Mums!

Kesabaran

Menghias kue tidak dapat dilakukan dengan terburu-buru. Sembari menghias kue yang ada di hadapannya, si Kecil juga akan belajar bahwa hasil yang baik memerlukan proses dan kesabaran dalam melakukan kegiatan tersebut. Untuk hal ini, dampingi si Kecil dengan intens ya Mums. Panduan dan pendampingan Mums akan sangat berpengaruh pada kestabilan emosi si Kecil ketika melakukan hal yang perlu kesabaran seperti ini.

Koordinasi Mata dan Tangan

Gerakan tangan ketika menggerakkan corong cetakan krim merupakan latihan yang baik untuk koordinasi yang dimiliki si Kecil. Dengan berbagai macam struktur kue, Mums bisa memberikan berbagai tantangan pada penggunaan corong krim untuk membantu si Kecil melatih gerakan pergelangan tangan dan jari-jarinya.
Selain itu, permainan menghias kue juga memerlukan koordinasi mata dan gerakan tangan yang tepat agar hiasan yang diberikan menjadi indah. Sebaiknya Mums selalu mendampingi si Kecil dan membimbingnya ketika melakukan berbagai gerakan ini. Selain agar si Kecil dapat memiliki kemampuan menghias kue, koordinasi tangan dan mata yang baik juga membantu si Kecil dalam aktivitasnya sehari-hari lho Mums.

Kekuatan Tangan

Menulis dan menggunakan berbagai peralatan yang dipegang dengan tangan memerlukan kekuatan pada kadar tertentu. Disadari atau tidak, proses menghias kue dengan corong cetakan krim dapat membantu si Kecil mengendalikan kekuatan cengkraman tangannya. Bisa dibayangkan bukan jika si Kecil memegang terlalu kuat? Krim justru akan menjadi berantakan dan hiasan menjadi kurang indah.
Dengan permainan menghias kue si Kecil akan belajar bahwa diperlukan pengendalian kekuatan pada genggamannya ke bagian belakang cetakan yang berisi krim tersebut. Kemampuan motorik seperti inilah yang terlatih ketika si Kecil menghias kue bersama Mums.

Lihat, betapa banyak manfaat yang bisa didapatkan si Kecil dengan menghias kue saja. Memang mungkin jika dilakukan hanya sesekali, akhirnya kegiatan ini akan menyumbangkan sedikit kontribusi untuk tumbuh kembangnya. Namun jika dipadukan dengan kegiatan lain yang juga bersifat stimulus pada kecerdasan dan pertumbuhan fisik si Kecil, maka hasilnya tentu lebih efektif.
Mengetahui manfaat permainan menghias kue yang disampaikan di atas, apakah Mums tertarik untuk mencobanya? Lepas dari tertarik atau tidak, Mums tetap perlu menjaga asupan nutrisi si Kecil agar tumbuh optimal. Untuk si Kecil berusia 4 hingga 6 tahun, Mums bisa memberikan Friso Gold 4 dengan kualitas proteinnya yang terjaga dalam kondisi alami karena teknologi Locknutri. Hal ini memungkinkan nutrisi yang ada dapat diserap lebih mudah oleh tubuh si Kecil dan membantu tubuhnya kuat dari dalam. Selain itu Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui fitur live chat pada situs resmi Friso yang ada di pojok kanan bawah ya Mums.