Lompat ke isi utama
7-sumber-makanan-kaya-omega-3-untuk-ibu-hamil_e3uDgqZDbf

7 Sumber Makanan Mengandung Omega-3 untuk Ibu Hamil

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi dengan susu ibu hamil, Mum juga dapat mengonsumsi aneka makanan mengandung asam lemak Omega-3.

Ikan laut

Asam lemak Omega-3 EPA dan DHA yang dapat membantu perkembangan otak janin, dan dapat ditemukan dalam lemak ikan. Meski begitu, Mum tak perlu menyajikan semua ikan laut selama masa kehamilan dan menyusui. Salmon, sarden, ikan hering, dan tiram merupakan sumber asam lemak Omega-3 yang baik untuk ibu hamil. Sajikan satu porsi ikan laut dan susu ibu hamil terbaik sebagai menu sarapan.

Baca Juga : Menonton Film Anak-anak di Akhir Pekan, Apa Manfaatnya?

Canola dan minyak kedelai

Canola dan minyak kedelai memiliki kandungan ALA yang tinggi serta rendah lemak jenuh. Selain itu, keduanya memiliki titik didih lebih tinggi dibanding minyak lainnya, sehingga Mum dapat memasak pada suhu yang cukup tinggi tanpa merusak kandungan minyak dan makanan yang Mum masak. Canola juga dapat Mum manfaatkan sebagai pelengkap salad yang lezat.

Kenari

Kenari merupakan salah satu jenis kacang yang memiliki kandungan lemak sehat dan asam lemak Omega-3. Mum bisa menikmati secangkir kenari sebagai camilan nikmat yang ditemani dengan susu ibu hamil terbaik. Menaburkannya di atas yoghurt ataupun memasukan kenari sebagai bahan pembuat muffin dan roti juga bisa menjadi pilihan.

Baca Juga : Tips Membimbing Anak dalam Bermain Game | Friso

Sayuran

Sayuran dengan warna hijau gelap seperti bayam, kangkung, dan selada air, memiliki kandungan asam lemak Omega-3 yang cukup baik. Mum bisa menyajikannya sebagai salad, tumis sayur, sup, dan sebagainya. Nutrisi kaya vitamin dan mineral yang satu ini tentu sangat baik untuk tumbuh kembang anak di dalam kandungan.

Baca Juga : Perhatikan 2 Hal Penting Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak

Suplemen Omega-3

Selain beragam jenis makanan di atas, suplemen Omega-3 juga bisa menjadi pilihan untuk Mum dan janin. Di pasaran, suplemen Omega-3 lebih dikenal dengan nama minyak ikan. Namun, untuk mengonsumsinya selama masa kehamilan dan menyusui, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ya, Mum.

Tak hanya memilih makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Mum juga harus cermat dalam memilih  susu ibu hamil, untuk menunjang kesehatan serta membantu memperkuat janin di dalam kandungan.

Baca Juga : Jaga Gizi Seimbang Anak Dengan 5 Pola Makan Ini

Susu Frisomum Gold yang diperkaya ALA, LA, Nukleotida, Asam Folat, Kalsium dan Zat Besi untuk membantu melindungi Mum dan janin dari dalam. Baiknya lagi, Friso diproduksi dengan Single Process, di mana susu tidak dipanaskan berlebih, sehingga nutrisinya tetap terjaga dan dapat diserap tubuh dengan baik. Susu ibu hamil  dengan kandungan nutrisi seimbang ini juga memiliki rasa vanila yang lezat lho, Mum!