Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

7-sumber-makanan-kaya-omega-3-untuk-ibu-hamil_e3uDgqZDbf

7 Sumber Makanan Kaya Omega-3 untuk Ibu Hamil

Asupan nutrisi yang diperoleh selama masa kehamilan, sangatlah penting untuk menunjang kesehatan Mum dan tumbuh kembang janin dalam kandungan. Untuk itu, selain memenuhi kebutuhan nutrisi dengan susu ibu hamil, Mum juga dapat mengonsumsi aneka makanan kaya asam lemak Omega-3. Apa saja ya, Mum?

Ikan laut

Asam lemak Omega-3 EPA dan DHA yang dapat membantu perkembangan otak janin, dan dapat ditemukan dalam lemak ikan. Meski begitu, Mum tak perlu menyajikan semua ikan laut selama masa kehamilan dan menyusui. Salmon, sarden, ikan hering, dan tiram merupakan sumber asam lemak Omega-3 yang baik untuk ibu hamil. Sajikan satu porsi ikan laut dan susu ibu hamil terbaik sebagai menu sarapan.

Canola dan

Canola dan minyak kedelai memiliki kandungan ALA yang tinggi serta rendah lemak jenuh. Selain itu, keduanya memiliki titik didih lebih tinggi dibanding minyak lainnya, sehingga Mum dapat memasak pada suhu yang cukup tinggi tanpa merusak kandungan minyak dan makanan yang Mum masak. Canola juga dapat Mum manfaatkan sebagai pelengkap salad yang lezat.

Kenari

Kenari merupakan salah satu jenis kacang yang memiliki kandungan lemak sehat dan asam lemak Omega-3. Mum bisa menikmati secangkir kenari sebagai camilan nikmat yang ditemani dengan susu ibu hamil terbaik. Menaburkannya di atas yoghurt ataupun memasukan kenari sebagai bahan pembuat muffin dan roti juga bisa menjadi pilihan.

Sayuran

Sayuran dengan warna hijau gelap seperti bayam, kangkung, dan selada air, memiliki kandungan asam lemak Omega-3 yang cukup baik. Mum bisa menyajikannya sebagai salad, tumis sayur, sup, dan sebagainya. Nutrisi kaya vitamin dan mineral yang satu ini tentu sangat baik untuk tumbuh kembang anak di dalam kandungan.

Suplemen Omega-3

Selain beragam jenis makanan di atas, suplemen Omega-3 juga bisa menjadi pilihan untuk Mum dan janin. Di pasaran, suplemen Omega-3 lebih dikenal dengan nama minyak ikan. Namun, untuk mengonsumsinya selama masa kehamilan dan menyusui, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ya, Mum.

Tak hanya memilih makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Mum juga harus cermat dalam memilih  susu ibu hamil, untuk menunjang kesehatan serta membantu memperkuat janin di dalam kandungan.

Susu Frisomum Gold yang diperkaya ALA, LA, Nukleotida, Asam Folat, Kalsium dan Zat Besi untuk membantu melindungi Mum dan janin dari dalam. Baiknya lagi, Friso diproduksi dengan Single Process, di mana susu tidak dipanaskan berlebih, sehingga nutrisinya tetap terjaga dan dapat diserap tubuh dengan baik. Susu ibu hamil  dengan kandungan nutrisi seimbang ini juga memiliki rasa vanila yang lezat lho, Mum!