Lompat ke isi utama
8 Cara Melancarkan ASI yang Aman dan Efektif, Sudah Coba Mums?

8 Cara Melancarkan ASI yang Aman dan Efektif, Sudah Coba Mums?

Yakin ingin melakukan cara melancarkan ASI yang asal-asalan? Hati-hati memicu komplikasi berbahaya lho. Simak cara yang aman di sini, yuk!

Sebagian besar Mums pasti memiliki harapan untuk memberikan ASI eksklusif sejak bayi lahir hingga berusia 6 bulan. Tak heran jika banyak Mums yang mencari cara melancarkan ASI agar kebutuhan nutrisi buah hatinya tercukupi dengan optimal.

Hal ini biasanya menjadi perhatian utama para Mums yang baru pertama kali melahirkan. Sebab, tak sedikit pula Mums yang khawatir jika produksi ASI yang ia keluarkan tidak akan cukup. Padahal, Mums tidak perlu cemas berlebihan bila ASI yang dikeluarkan tidak sesuai harapan karena setiap Mums menghasilkan ASI dengan takaran yang berbeda-beda. 

Nah, di artikel ini akan dijelaskan berbagai cara melancarkan ASI yang bisa Mums lakukan mulai sekarang. Jadi, kita simak penjelasannya sampai selesai, yuk! 

Bagaimana Cara Melancarkan ASI yang Efektif?

Melansir laman resmi parents.com, penelitian menunjukkan bahwa pemberian ASI secara eksklusif pada 6 bulan pertama dapat memberikan manfaat jangka panjang terhadap tumbuh kembang bayi.

Maka dari itu, penting bagi Mums untuk mengetahui beberapa cara melancarkan ASI yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah agar kebutuhan nutrisi buah hati tercukupi dengan optimal. Berikut ini beberapa cara melancarkan ASI yang bisa Mums lakukan, antara lain: 

  • Berikan bayi ASI terus menerus

    Biasanya jadwal pemberian ASI belum bisa teratur pada beberapa minggu pertama kelahiran buah hati Mums. Sebagai salah satu cara melancarkan ASI, Mums tetap harus menyusui bayi saat ia membutuhkannya. 

    Mums dapat memberikan ASI sekira 2 atau 3 jam sekali karena bayi yang baru lahir biasanya minum ASI sebanyak 8-12 kali dalam sehari. Jika pemberian ASI terakhir sudah lebih dari 2 jam dan bayi tertidur lelap, sebaiknya Mums tidak perlu membangunkannya, ya.

    Cara melancarkan ASI sebenarnya berkaitan dengan peningkatan frekuensi menyusui. Artinya, semakin sering diberikan, maka produksi ASI akan semakin bertambah. Hal ini terjadi karena hormon prolaktin akan bekerja lebih optimal untuk merangsang produksi ASI jika Mums terus menyusui buah hati.

  • Istirahat yang cukup

    Cara melancarkan ASI yang selanjutnya yaitu mencukupi waktu istirahat dan tidur Mums sehari-hari. Istirahat sangat penting untuk menjaga kestabilan produk ASI lho. Maka dari itu, pastikan Mums mengatur jadwal istirahat dan tidur secara tepat. 

    Di minggu-minggu pertama bayi lahir, mungkin jadwal tidur Mums akan terganggu karena akan terjaga di tengah malam. Untuk mengatasi kondisi ini, sebaiknya Mums ikut tidur bersama bayi saat ia terlelap. Cara melancarkan ASI yang satu ini pun bisa dilakukan sambil bersantai bersama buah hati Mums atau mengurangi kegiatan di luar rumah. 

  • Ciptakan suasana yang nyaman saat sedang menyusui

    Ternyata suasana yang nyaman juga termasuk ke dalam salah satu cara melancarkan ASI yang bisa Mums lakukan lho. Sebab, lingkungan yang tidak nyaman bisa mengganggu kondisi Mums saat sedang berusaha menyusui. Akibatnya, produksi ASI akan terganggu. 

    Usahakan untuk menciptakan lingkungan yang nyaman, tenang, dan santai saat menyusui atau pumping agar tubuh dan pikiran Mums lebih rileks. Cara melancarkan ASI ini bisa dilakukan dengan bantuan humidifier atau diffuser yang diisi oleh essential oil sehingga membuat Mums lebih nyaman saat berada di dalam ruangan. 

  • Hindari rasa cemas berlebih

    Cara melancarkan ASI yang tak kalah penting yaitu menghindari rasa cemas berlebih. Dalam hal ini, Mums tidak perlu terlalu cemas jika kekurangan ASI. Selama Mums sehat secara fisik maupun mental, serta mengonsumsi makanan sehat, maka Mums tetap dapat memproduksi ASI bagi buah hati. 

    Sebagai cara melancarkan ASI yang efektif, Mums juga bisa menyempatkan diri untuk melakukan meditasi, menonton film favorit, melakukan teknik pernapasan dalam, dan melakukan kegiatan yang membuat hati senang. 

  • Kelola stres dengan bijak

    Tak dapat dipungkiri bahwa masa menyusui menjadi salah satu masa yang cukup menantang bagi sebagian Mums. Hal ini karena selama masa menyusui, Mums pasti akan merasakan perubahan kondisi yang bermakna, salah satunya jika ASI tidak mau keluar. Nah, selama masa menyusui ini, usahakan untuk mengelola stres dengan baik ya, Mums, karena stres diduga bisa menghambat proses keluarnya ASI.

    Mintalah bantuan suami, keluarga, atau asisten rumah tangga untuk melakukan pekerjaan rumah. Tidak ada salahnya juga untuk meminta bantuan orang tua atau anggota keluarga lain dalam merawat buah hati Mums, apalagi jika Mums baru pertama kali memiliki anak. Hal tersebut menjadi salah satu cara melancarkan ASI sekaligus meringankan beban Mums agar dapat menyusui dengan tenang dan rileks. 

  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi

    Ini adalah cara melancarkan ASI yang paling penting dan wajib Mums lakukan setiap hari. Sebab, kualitas dan kuantitas ASI akan dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang Mums konsumsi selama masa menyusui. 

    Seperti yang Mums ketahui, nutrisi pada makanan dan minuman yang Mums konsumsi akan disalurkan kepada bayi melalui ASI. Maka dari itu, selama masa menyusui, Mums memerlukan tambahan nutrisi secara tepat. 

    Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kemenkes RI, bagi ibu menyusui yang berusia 19-29 tahun dianjurkan mendapat asupan energi sekira 2.580 kkal per hari selama 6 bulan pertama. Sedangkan, pada 6 bulan kedua, Mums dianjurkan menambah asupan energi sekira 400 kkal per hari. 

    Salah satu nutrisi yang perlu Mums konsumsi yaitu susu Frisomum Gold Dualcare+ yang diformulasi khusus ibu hamil dan menyusui. Kandungan nutrisi dalam susu Frisomum Gold Dualcare+ dapat mendukung kebutuhan gizi harian Mums dan bayi. 

    Selain itu, susu Frisomum Gold Dualcare+ juga mengandung protein, zat besi, kalsium, ALA/LA, prebiotik, probiotik, dan nukleotida untuk mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan sampai masa menyusui. Selain itu, susu Frisomum Gold Dualcare+ juga melalui proses pengolahan satu kali (single process) sehingga nutrisi di dalamnya tidak rusak dan lebih mudah dicerna oleh Mums.

  • Mencukupi kebutuhan cairan harian

    Cara melancarkan ASI yang lainnya yaitu mencukupi kebutuhan cairan harian secara tepat. Selama menyusui, Mums dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan sekira 3 liter per hari. Ini karena produksi ASI mungkin berkurang jika tubuh Mums kekurangan cairan. 

    Sebagai cara melancarkan ASI yang mudah, biasakanlah untuk minum sebelum Mums merasa haus. Pastikan memperbanyak minum air putih dibandingkan minuman kemasan yang mengandung gula tambahan, kopi, atau teh. Selain air putih, Mums juga bisa minum susu, seperti Frisomum Gold Dualcare+, dan jus buah alami sebagai salah satu cara melancarkan ASI yang bisa dilakukan secara rutin. 

  • Konsumsi vitamin sesuai anjuran dokter

    Konsumsi vitamin juga termasuk salah satu cara melancarkan ASI yang bisa Mums lakukan. Akan tetapi, sebelum mengonsumsi suplemen vitamin, sebaiknya Mums konsultasi dulu dengan dokter agar sesuai dengan kondisi kesehatan. Sebab, jika Mums mengonsumsi suplemen vitamin tanpa resep dokter, dikhawatirkan dosisnya tidak sesuai kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh Mums. Selain itu, selama masa menyusui, Mums juga harus lebih hati-hati dalam mengonsumsi suplemen vitamin dan obat-obatan agar tidak memicu komplikasi yang berbahaya. 

Jika Mums sudah melakukan berbagai cara melancarkan ASI, tetapi kualitas dan kuantitasnya tak meningkat, maka sebaiknya segeralah konsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Dengan begitu, kesehatan Mums dan tumbuh kembang buah hati Mums tetap terjaga.

 

Disadur dari berbagai sumber dan ditinjau oleh: dr. Rulli P.A Situmorang