Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

8 Cara Mengatasi Anak Muntah dan Mual Secara Alami

8 Cara Mengatasi Anak Muntah dan Mual Secara Alami

Di usia perkembangannya, anak mudah terkena penyakit akibat sistem kekebalan tubuhnya  yang belum terbentuk sempurna. Beberapa gejala yang sering kali tiba-tiba muncul saat anak sakit adalah mengeluhkan mual hingga muntah tiba-tiba. Kondisi tersebut yang membuat orang tua khawatir dan mencari cara mengatasi anak muntah dan mual secara alami.

Cara mengatasi anak muntah tidak disarankan untuk memberikan obat mual tanpa konsultasi dokter. Ketidaknyamanan muntah dan mual pada anak akan mengakibatkan anak dehidrasi. Hal tersebutlah yang kebanyakan orang tua panic dan bingung tindakan apa yang harus dilakukan. Membawa anak ke dokter juga memerlukan waktu yang tidak sedikit.  Berikut ini beberapa cara mengatasi anak muntah dan mual yang bisa dilakukan di rumah guna mencegah dehidrasi pada anak.

  1. Perbanyak minum air mineral atau cairan elektrolit

    Cara mengatasi anak muntah dan mual bisa menggunakan cairan elektrolit atau air mineral. Cairan ini berguna untuk menggantikan unsur-unsur di tubuh yang hilang akibat muntah. Guna mencegah anak dehidrasi, berikan cairan elektrolit seperti oralit atau air putih biasa juga bisa. Terkadang setelah muntah, kondisi mulut anak tidak nyaman memasukan apapun. Jadi, jangan dipaksa untuk banyak minum, lebih baik diberikan dengan menggunakan sendok makan sebanyak 1-2 sendok. Di setiap 15 menitnya jumlah cairan ditambah sebanyak 2-3 sendok makan, dan seterusnya sampai mual pada anak perlahan hilang.

  2. Berikan ASI untuk balita 

    Bagaimana cara mengatasi anak muntah jika masih bayi atau balita? ASI merupakan cairan yang bisa mengatasi anak muntah. Cairan pada ASI bisa mengembalikan unsur-unsur yang hilang saat bayi atau balita Mum tiba-tiba muntah. Jangan ragu untuk memberikan ASI saat imun tubuh anak menurun dan muntah secara tiba-tiba.

  3. Mengonsumsi minuman jahe

    Mengonsumsi minuman jahe juga bisa menjadi cara mengatasi anak muntah secara alami. Dehidrasi pada saat anak muntah, orang tua tidak disarankan untuk memberikan obat langsung pada anak. Oleh sebab itu, mengonsumsi minuman jahe yang Mum buat sendiri, bisa menjadi cara mengatasi anak muntah secara alami. Caranya mudah sekali, Mum hanya perlu menyeduh atau merebus jahe hingga hangat, lalu diberikan pada anak setelah muntah sekitar 1 jam setelahnya. Jangan langsung memberikan minuman jahe hangat pada anak, karena kandungan gingerol dan shogaol pada jahe bisa membantu mengosongkan lambung. Jadi, bisa dibilang cara mengatasi anak muntah dengan jahe ini untuk meredakan mual pada anak agar tidak mengalami muntah berkelanjutan.

  4. Seduhan Air lemon

    Selain seduhan jahe hangat, seduhan air lemon hangat juga bisa menjadi cara mengatasi anak muntah secara alami. Banyak hal yang bisa menyebabkan anak muntah tiba-tiba, salah satunya karena imunitas di tubuhnya menurun, sehingga reaksi tubuh untuk melawan hal tidak baik di tubuh dengan muntah. Oleh karena itu, air lemon mengandung antioksidan dan vitamin C yang bisa meningkatkan kembali imunitas tubuh pada anak. Cara mengatasi anak muntah secara alami dengan mencampurkan 1 sendok teh air perasan lemon dan 1 sendok teh madu. Selain itu, aroma lemon juga bisa meredakan mual yang membuat tidak nyaman bagian mulut dan tenggorokan.

  5. Cuka Apel

    Cara mengatasi anak muntah secara alami lainnya adalah dengan mencampur 1 sdt cuka apel dengan setengah gelas air lalu dijadikan obat kumur. Cuka apel ini bisa mencegah mual dan muntah pada anak, yang sekaligus juga bisa menghilangkan rasa tak enak di mulut setelah muntah. Anak akan gelisah karena tidak nyaman mulutnya setelah muntah. Jadi, cuka apel ini bisa menjadi alternatif Mum untuk membuat obat kumur alami penghilang rasa gak nyaman setelah muntah.

  6. Konsumsi makanan yang mudah dicerna

    Memberikan makanan yang mudah dicerna merupakan salah satu cara mengatasi anak muntah dengan tujuan mengembalikan energy tubuhnya yang terbuang saat muntah. Saat anak muntah kebanyakan memang anak menjadi tidak begitu nafsu makan. Namun, Mum jangan membiarkan anak berlama-lama tanpa asupan makanan. Hal tersebut bertujuan agar menambah stamina anak. Makanan yang diberikan juga harus berkalori tinggi dan mudah dicerna oleh pencernaan, seperti cracker atau biskuit asin, nasi dengan kuah sop   hangat, dsb. Berikan makanan tersebut dalam jumlah yang bertahap, mulai dengan sedikit-sedikit tapi sering.

  7. Beristirahat dengan posisi duduk atau berbaring

    Cara mengatasi anak muntah selanjutnya dengan memberikan anak untuk istirahat. Jangan biarkan anak langsung beraktivitas bahkan bermain. Usahakan posisi istirahat anak duduk atau berbaring, dengan kepala lebih tinggi dari bagian tubuh yang lain, agar rasa mual yang dirasa anak segera menghilang. Mengajaknya untuk tidur siang juga salah satu cara mengatasi mual pada anak, agar anak lebih banyak beristirahat. Beristirahat ini dilakukan setelah muntah dan cairan dalam tubuh anak sudah mulai pulih. Jadi, jangan biarkan anak langsung bermain kembali setelah muntah dan cairan di tubuh pulih, usahakan untuk memberikan anak istirahat.

  8. Gunakan Essential Oil 

    Wewangian pada essential oil juga merupakan salah satu cara mengatasi anak muntah secara alami. Diffuse essential oil di ruangan anak Mum beristirahat setelah muntah, bertujuan agar anak nyaman kembali setelah muntah. Selain wewangian, ada juga beberapa essential oil yang bisa langsung dilute ke tubuh, agar memberikan rasa hangat pada tubuh salah satunya bagian perut. Essential oil dikenal sebagai oil alami tanpa yang baik untuk tubuh. Namun, sesuaikan dengan petunjuk di setiap essential oil yang Mum miliki.

Itulah beberapa cara mengatasi anak muntah yang bisa Mum terapkan di rumah. Bahan alami yang tersedia di rumah, bisa menjadi obat alternatif untuk anak yang muntah tiba-tiba. Banyak orang tua yang panic jika anak tiba-tiba muntah apalagi tanpa diawali dengan demam. Muntah yang terjadi terus-terusan tentunya bukan hal yang baik. Kondisi tersebut bisa membuat anak kehilangan banyak cairan dan nutrisi sehari-harinya. Sedangkan saat anak muntah, orang tua tidak disarankan untuk langsung memberikan obat. Hal tersebut bisa berbahaya untuk kesehatan anak.

Oleh sebab itu, beberapa cara mengatasi anak muntah di atas kebanyakan memberikan beberapa cairan yang bisa dibuat sendiri di rumah untuk mengatasi anak muntah. Hal tersebut bertujuan agar cairan-cairan di atas dapat mengembalikan unsur-unsur nutrisi dan cairan tubuh yang hilang karena muntah tadi.

Walaupun kebanyakan anak-anak akan menolak Mum saat memberikan asupan untuk meredakan muntah dan mualnya, karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan oleh rasa mual dan muntah tadi. Oleh karena itu, Mum dituntut untuk sedikit memaksa dengan memberikan asupan-asupan cara mengatasi anak muntah di atas dengan perlahan-lahan namun sering. Namun, jika intensitas muntah pada anak tidak terkontrol ada baiknya Mum membawa anak ke dokter atau rumah sakit terdekat agar bisa ditangani oleh ahlinya.

Jangan lupa juga ya Mum agar kebutuhan nutrisi harian si Kecil tercukupi, Mum bisa berikan Susu Friso Gold 3. Friso dengan teknologi Locknutri, kualitas protein susu akan selalu terjaga kealamiannya, sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh dan membantu si Kecil kuat dari dalam. Daya tahan tubuh si Kecil menjadi kuat dan mencegah datangnya penyakit.