Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
8 Jenis Makanan dan Panduan Jadwal MPASI 9 Bulan

8 Jenis Makanan dan Panduan Jadwal MPASI 9 Bulan

Menginjak usia 9 bulan, si Kecil akan semakin besar dan memerlukan energi lebih banyak untuk proses tumbuh kembangnya. Tentu, kemudian Mums perlu mencukupi kebutuhan energi harian ini dengan asupan ASI dan MPASI 9 bulan yang tepat. Selain itu, Mums juga tetap perlu memperhatikan kandungan nutrisi dalam MPASI yang diberikan agar dapat pula menunjang kebutuhan nutrisi hariannya.

Kebutuhan kalori harian sebanyak 700 hingga 900 kalori dapat dipenuhi dengan dua asupan. Pertama dengan ASI, dan yang kedua dengan makanan pendamping ASI. Untuk ASI tentu Mums sudah secara alami memproduksinya, tinggal mengkonsumsi makanan bernutrisi dan menerapkan pola hidup sehat.

Untuk MPASI 9 bulan yang diberikan pada si Kecil, Mums bisa memberikan beberapa varian makanan. Tentu, memberikan MPASI ini juga direkomendasikan memiliki jadwal dan dengan jumlah yang cukup sehingga si Kecil dapat menyerap nutrisinya dengan sempurna.

Panduan Jadwal MPASI 9 Bulan

8 Jenis Makanan dan Panduan Jadwal MPASI 9 Bulan

Untuk panduan jadwal MPASI 9 bulan sendiri dapat dibagi menjadi 6 waktu makan, yakni sarapan, camilan setelah sarapan, makan siang, camilan sore, makan malam, dan camilan sebelum tidur.

Sarapan, untuk sarapan, Mums dapat memberikan seperempat hingga setengah cangkir sereal bayi. Berikan pula puree buah pada porsi yang sama, dan lanjutkan dengan sekitar 120 hingga 180 mililiter ASI.

Camilan setelah sarapan, Mums dapat memberikan 180 sampai 190 mililiter ASI dan seperempat gelas sayuran rebus yang disajikan sebagai finger food. Rebus hingga matang agar teksturnya menjadi embuk ya Mums!

Makan siang, untuk makan siang, Mums dapat memberikan seperempat hingga setengah cangkir yogurt atau daging tanpa lemak atau keju cottage. Tambahkan juga potongan rebusan sayur dengan porsi yang sama, dan berikan 120 sampai 180 mililiter ASI untuk si Kecil.

Camilan sore, ketika sore hari tiba, Mums dapat memberikan 1 buah biskuit bayi sebagai MPASI 9 bulan untuk si Kecil, disertai dengan seperempat cangkir buah potong, keju lembut, atau bisa juga sayuran rebus.

Makan malam, untuk makan malam sendiri porsi makanannya cenderung lebih banyak daripada porsi makan yang lain. Seperempat gelas potongan daging tanpa lemak atau tahu, seperempat gelas sampai setengah gelas sayuran rebus, seperempat gelas kentang tumbuk atau bubur, seperempat gelas puree atau buah potong, dan 120 -180 mililiter ASI.

Sebelum tidur, untuk waktu sebelum tidur, Mums dapat memberikan 180 sampai 240 mililiter ASI agar si Kecil dapat tertidur dengan nyenyak.

Nah, cukup jelas bukan Mums panduan jadwal di atas?

Jenis MPASI yang Diberikan untuk si Kecil

8 Jenis Makanan dan Panduan Jadwal MPASI 9 Bulan

Melihat panduan jadwal MPASI 9 bulan di atas, Mums dapat menemukan beberapa makanan yang cukup bervariatif. Makanan-makanan tersebut bisa dikreasikan sesuai dengan selera Mums untuk menjaga nafsu makan sekaligus melatih kemampuan pencernaan si Kecil.

Buah dan sayur, bisa diberikan sebagai finger food atau disajikan dalam bentuk puree. Untuk dua jenis makanan ini, potong hingga ukurannya cukup kecil agar si Kecil mudah dalam memakannya.

Oatmeal dan roti, oatmeal kaya akan serat yang sangat baik untuk pencernaan si Kecil. Untuk roti sendiri, Mums sudah dapat memberikannya pada si Kecil pada usia 9 bulan, dengan catatan si Kecil tidak memiliki alergi pada bahan makanan ini.

Tahu, keju, dan yogurt, tahu kaya akan Protein dan lemak sehat yang sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Selain itu, kandungan Zat Besi dan Zinc yang ada di dalamnya juga tepat guna membantu tubuh si Kecil tumbuh. Untuk keju dan yogurt sendiri bisa mulai dikenalkan karena memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Catatannya adalah keju yang diberikan harus yang sudah melalui proses pasteurisasi, dan untuk yogurt adalah yang alami tanpa pemanis buatan.

Daging tanpa lemak, sebagai opsi lain sumber protein, Mums dapat memberikan daging dalam potongan yang kecil dan tingkat kematangan yang cukup. Tujuannya sederhana, agar si Kecil dapat mencerna daging tanpa kesulitan dan menghindari resiko tersedak ketika ia memakannya.

Minta Rekomendasi dari Dokter

8 Jenis Makanan dan Panduan Jadwal MPASI 9 Bulan

Tidak bosan disampaikan, bahwa untuk mendapatkan menu MPASI 9 bulan yang tepat Mums perlu mendatangi dokter atau ahli gizi yang Mums percaya. Memang panduan di atas bisa digunakan secara umum, namun agar lebih efektif dan tepat ada baiknya Mums berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sehingga didapatkan MPASI 9 bulan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh si Kecil.

Baca Juga : Jadwal Makan Bayi Usia 1 Tahun [Panduan Lengkap]

Menu dan jadwal MPASI 9 bulan di atas bisa menjadi acuan umum. Yang terpenting adalah untuk selalu menjaga higienitas dari setiap makanan yang diberikan. Selain itu, Mums juga perlu menerapkan pola hidup sehat, serta mengkonsumsi makanan bernutrisi. Jika diperlukan, Mums dapat menambahkan Frisomum Gold Dualcare+ dalam menu makanan Mums untuk membantu mencukupi nutrisi selama masa menyusui ini. Berikan yang terbaik untuk si kecil, dan lihat ia tumbuh dengan optimal!