Lompat ke isi utama
Manfaat Daging

8 Manfaat Daging Ayam untuk Kesehatan Anak

Manfaat daging ayam sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang Anak. Ketahui manfaat dari setiap bagian ayam di sini yuk, Mums.

Daging ayam termasuk salah satu makanan kesukaan anak-anak. Di balik rasanya yang gurih dan lezat, ternyata manfaat daging ayam pun cukup beragam lho, Mums. Manfaat ini muncul berkat kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daging ayam. Perlu Mums ketahui, daging ayam mengandung sejumlah nutrisi yang mencakup protein, lemak, vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, vitamin B9 (asam folat), vitamin E, vitamin K, kalsium, kalium, zat besi, natrium, magnesium, fosfor, zinc, selenium, dan tembaga. Melihat banyaknya nutrisi tersebut, tak heran jika manfaat daging ayam pun sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Manfaat Daging Ayam untuk Kesehatan Anak

Dibandingkan karbohidrat dan lemak, protein berada di urutan pertama sebagai zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Sebab, protein memiliki fungsi khas yang tidak bisa digantikan oleh zat gizi lain, yaitu membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh, mengangkut zat gizi, dan penting untuk tumbuh kembang anak. Manfaat ini bisa Mums dapatkan dalam daging ayam. 

Mendukung Metabolisme Tubuh

Manfaat daging ayam juga dapat mendukung metabolisme tubuh karena mengandung berbagai vitamin dan mineral. Salah satu vitamin yang berperan penting adalah vitamin B6. Vitamin B6 bertugas untuk mendorong enzim dan proses metabolisme yang digunakan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, sumber energi, dan pembakaran kalori. Selain itu, vitamin B6 juga berperan dalam meningkatkan fungsi dan perkembangan saraf otak, memproduksi beberapa jenis hormon, serta membantu tubuh membentuk antibodi untuk mencegah terjadinya infeksi dari virus atau bakteri. 

Membantu Pembentukan Otot

Manfaat daging ayam selanjutnya yaitu dapat membantu memaksimalkan pembentukan otot, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Dalam masa pertumbuhannya, otot anak sedang dalam proses pembentukan, sehingga mengonsumsi makanan tinggi protein seperti daging ayam otomatis akan membentuk ototnya menjadi lebih kuat. Sedangkan, manfaat daging ayam untuk orang dewasa diperlukan bagi mereka yang sedang dalam proses diet sehat dan membentuk otot lebih baik. 

Mengontrol Berat Badan

Manfaat daging ayam yang sayang untuk dilewatkan yaitu dapat mengontrol berat badan. Manfaat ini bisa anak dapatkan berkat kandungan protein di dalam daging ayam yang memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan begitu, anak tidak mudah lapar di luar jam makan utamanya. Supaya berat badannya dapat terkontrol lebih baik, Mums bisa memilih dada ayam karena mengandung protein yang tinggi dan sedikit lemak. Namun, perlu Mums ingat bahwa proses memasak pun akan memengaruhi kandungan kalori di dalam daging ayam yang akan dikonsumsi anak. 

Mengontrol Tekanan Darah

Penelitian dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry membuktikan bahwa mengonsumsi daging ayam dengan pengolahan yang tepat dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebab, daging ayam mengandung vitamin B3 yang memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, Mums perlu mengolahnya dengan tepat dan sehat agar mendapat manfaat daging ayam yang lebih optimal. 

Membantu Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain mengandung protein, manfaat daging ayam juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi karena adanya kandungan kalsium, vitamin D, kalium, dan magnesium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Kehadiran magnesium dapat membantu vitamin D untuk mengontrol kebutuhan fosfat dan kalsium yang berfungsi untuk membentuk dan menguatkan tulang. Fosfat merupakan partikel yang mengandung mineral fosfor, mineral inilah dibutuhkan untuk tulang, gigi, otot, dan saraf dalam tubuh. Fosfor juga berperan untuk memperkuat dan menyehatkan gigi anak yang masih belum tumbuh sempurna atau rawan rapuh. 

Mencegah Anemia

Daging ayam mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya dapat mencegah dan mengatasi anemia. Sebab, zat besi berperan untuk memperlancar peredaran darah merah ke seluruh tubuh. Jika kebutuhan zat besi dalam tubuh kurang, tubuh tidak dapat memproduksi cukup hemoglobin, yaitu zat dalam sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Maka dari itu, manfaat daging ayam ini sangat penting bagi orang yang mengalami anemia. 

Baca juga: 10 Jenis Nutrisi Terbaik di Dunia Beserta Manfaatnya untuk Anak

Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Tahukah Mums bahwa banyak penelitian yang menyebut salah satu manfaat daging ayam yaitu dapat mengurangi risiko kanker. Ini karena di dalam daging ayam mengandung vitamin B, B3, dan selenium yang dapat melawan serangan radikal bebas pemicu sel kanker. Selain itu, ketiga kandungan tersebut juga bertugas untuk mencegah kerusakan DNA di dalam tubuh. 

Membantu Menurunkan Risiko Peradangan

Manfaat daging ayam ini bisa anak dapatkan berkat kandungan mineral yang tinggi, seperti selenium. Selenium berperan untuk membantu menurunkan risiko peradangan, khususnya radang sendi. Mineral ini berfungsi dalam mencegah radang sendi yang bisa dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa. 

Berapa Kandungan Nutrisi di Setiap Bagian Ayam?

Setelah mengetahui beragam manfaat daging ayam di atas, Mums semakin yakin untuk mengolah daging ini menjadi hidangan yang lezat, bukan? Nah, untuk memaksimalkan manfaat daging ayam tersebut, Mums juga perlu mengetahui bagian tubuh ayam mana saja yang kaya akan nutrisi dan sangat baik dikonsumsi oleh anak. 

Bagian Dada Ayam

Mums ingin mendapatkan manfaat daging ayam yang kaya protein dan rendah lemak? Pilihlah bagian dada ayam tanpa kulit. Dalam 100 gram dada ayam terdapat 165 kalori, yang 80 persen kalorinya berasal dari protein dan 20 persen kalorinya berasal dari lemak. Bagian dada ayam memang paling populer dipilih para Mums jika akan mengolah makanan dengan rendah lemak namun tetap enak. 

Bagian Paha Atas Ayam

Mums bisa mendapatkan manfaat daging ayam dari bagian tubuh lainnya, yaitu paha atas ayam. Dalam 100 gram paha atas tanpa kulit, terdapat sekitar 26 gram protein. Kalori di bagian paha atas lebih tinggi dibandingkan bagian dada, yaitu sekitar 209 kalori dalam setiap 100 gramnya. 53 persennya berasal dari protein dan 47 persen berasal dari lemak. 

Bagian Paha Bawah Ayam

Bagian paha bawah memang banyak diminati anak-anak, namun ternyata kandungan kalorinya cukup tinggi lho, Mums. Dalam 100 gram daging paha bawah mengandung 28,3 gram protein. Total kalorinya adalah sekitar 172 kalori, 70 persen berasal dari protein dan 30 persen berasal dari lemak. Mengapa kandungan proteinnya cukup tinggi? Itu karena angka tersebut dihitung berdasarkan dagingnya saja, tidak termasuk kulit. Sementara, jika paha bawah ayam ditambahkan kulit, maka kalorinya akan lebih besar. 

Bagian Sayap Ayam

Sayap ayam juga menjadi salah satu bagian yang disukai banyak orang, termasuk anak-anak. 

Dalam 100 gram daging sayap tanpa kulit dan tulang mengandung 30,5 gram protein dan 203 kalori. Dari kalori tersebut, 64 persen berasal dari protein dan 36 persennya berasal dari lemak. 

Dari kandungan nutrisi pada masing-masing bagian tersebut, dapat disimpulkan bahwa manfaat daging ayam sangat baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang jika dikonsumsi sesuai dengan batas normal, serta diolah dengan cara yang lebih sehat. Selain dari manfaat daging ayam, Mums juga bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak dengan memberikan anak Susu FRISO Gold 3 yang mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. Dengan kemasan baru, susu FRISO Gold 3 tetap bernutrisi tinggi, diperkaya pula dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh anak agar membantunya kuat dari dalam.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang