Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
8 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan Si Kecil

8 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan Si Kecil

Labu kuning sering diolah menjadi hidangan manis yang menggugah selera, seperti puding, sup, atau kolak saat bulan Ramadan tiba. Meski jarang dikonsumsi untuk sehari-hari, manfaat labu kuning ternyata baik untuk kesehatan si Kecil lho, Mums. Bahkan, manfaat labu kuning tidak hanya dapat diperoleh dari dagingnya saja, tetapi juga dari bijinya. Namun, hingga saat ini masih jarang orang yang mengonsumsi biji labu kuning dan lebih banyak yang memilih dagingnya untuk diolah menjadi hidangan lezat dan sehat. 

Kandungan Nutrisi Labu Kuning

Buah berbentuk bulat dan berwarna oranye ini mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama bagi si Kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan. Dalam seporsi labu kuning atau setara 250 gram, terdapat nutrisi berikut ini:

  • Protein: 2 gram
  • Karbohidrat: 12-15 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Serat: 2,5 gram
  • Vitamin A: 800-900 mikogram
  • Vitamin C: 20 mg
  • Kalsium: 50 mg
  • Magnesium: 25 mg
  • Kalium: 400-500 mg
  • Zinc: 1 mg
  • Zat besi: 2 mg 

Selain nutrisi di atas, buah ini juga mengandung vitamin B, vitamin K, asam folat (vitamin B9), serta beragam antioksidan. 

Manfaat Labu Kuning

Di balik nutrisinya yang beragam, manfaat labu kuning pun cukup banyak dan penting untuk mendukung kesehatan si Kecil. Berikut beberapa manfaat labu kuning yang perlu Mums ketahui: 

  1. Melancarkan pencernaan

    Manfaat labu kuning yang penting yaitu dapat melancarkan pencernaan si Kecil sehingga dapat mengurangi risiko gangguan pencernaan, seperti sembelit. Mums perlu tahu bahwa kondisi pencernaan sangat berkaitan erat dengan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Oleh karena itu, penting bagi Mums untuk memberikan nutrisi yang tepat dan menjalani pola hidup sehat bagi si Kecil agar tumbuh kembangnya lebih optimal. 

  2. Menjaga kesehatan mata

    Manfaat labu kuning juga dapat menjaga kesehatan mata si Kecil lho, Mums. Manfaat ini ada berkat kandungan vitamin A di dalamnya. Bahkan, kandungan vitamin A dalam labu kuning lebih banyak dibandingkan wortel. Selain itu, labu kuning juga kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kandungan nutrisi tersebut menjadikan manfaat labu kuning penting untuk mencegah penyakit mata, seperti degenerasi makula yang menyebabkan penderitanya kehilangan penglihatan. 

  3. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Ternyata vitamin A dan antioksidan yang terkandung dalam labu kuning juga berperan untuk membantu menjaga sistem imun si Kecil. Maka dari itu, manfaat labu kuning dapat menjaga tubuh lebih kuat melawan kuman dan virus penyebab penyakit. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah labu juga dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit. 

  4. Menjaga kesehatan jantung

    Manfaat labu kuning selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung karena adanya kandungan kalium, serat, dan antioksidan. Kalium berperan dalam menjaga tekanan darah tetap stabil, sedangkan serat dan antioksidan dapat mengurangi kolesterol dalam darah, serta membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah jantung. Penelitian dalam American Heart Association menunjukkan kebutuhan serat dan antioksidan yang cukup berperan penting dalam menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Meski begitu, untuk mendapatkan manfaat labu kuning ini, Mums tetap harus menerapkan pola hidup sehat kepada si Kecil, dengan membatasi asupan garam dan gula tambahan yang berlebihan. 

  5. Mengontrol berat badan

    Labu kuning merupakan salah satu buah yang mengandung protein, serat, dan karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan. Buah berwarna oranye ini juga tergolong rendah kalori dan tidak berlemak. Oleh karena itu, manfaat labu kuning ini sangat baik untuk mengontrol berat badan karena dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama. 

    Baca juga: 4 Mitos dan Fakta yang Mengandung Nutrisi Untuk Anak

  6. Menjaga kesehatan kulit

    Manfaat labu kuning lainnya adalah menjaga kesehatan kulit. Sebab, labu kuning mengandung berbagai vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit agar lebih lembab. Kandungan beta karoten dalam labu kuning dapat menghasilkan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Manfaat labu kuning ini tak hanya bisa didapatkan dengan cara dikonsumsi saja, banyak pula orang yang mengolah buah ini menjadi masker untuk kulit wajah.

  7. Membantu meningkatkan kualitas tidur

    Tahukah Mums, manfaat labu kuning ini muncul berkat kandungan nutrisi di dalam bijinya lho. Biji labu kuning mengandung asam amino triptofan yang membantu meningkatkan kualitas tidur. Biji labu kuning juga mengandung zinc yang dapat membantu otak menghasilkan hormon serotonin dan melatonin, yaitu hormon yang bertugas dalam mengatur siklus tidur. Berdasarkan data dari United States Department of Agriculture (USDA), setiap dua sendok makan biji labu kuning atau setara 28 gram mengandung 163 kalori, 4 gram karbohidrat, 8 gram protein, dan 8 persen kebutuhan zat besi sehari-hari. Meski demikian, saat si Kecil susah tidur, bukan berarti Mums hanya memberikan biji labu kuning saja ya, Mums juga tetap harus menyeimbangkan asupan nutrisi lain dan menerapkan pola hidup sehat, agar kesehatan si Kecil tetap terjaga.

  8. Menurunkan risiko kanker

    Manfaat labu kuning yang tak kalah penting adalah dapat membantu menurunkan risiko penyakit kanker. Labu kuning mengandung vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Maka dari itu, manfaat labu kuning ini sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan si Kecil di masa mendatang. 

    Melihat banyaknya manfaat labu kuning untuk si Kecil, tidak ada salahnya jika Mums menambahkan buah ini dalam menu hariannya. Mums bisa mengolah labu kuning dengan cara dikonsumsi secara langsung atau dicampurkan dengan makanan lain, seperti kue, sup, dan puding. Pastikan untuk mengolah labu kuning dengan tepat ya. Hindari memanaskan labu kuning lebih dari satu kali, agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak. 

Cara Memilih dan Menyimpan Labu Kuning 

Saat hendak mengolah labu kuning ke dalam menu harian si Kecil, pastikan Mums memilih labu yang berwarna jingga cerah. Semakin cerah warnanya, semakin bagus pula kualitasnya. Biasanya labu yang memiliki rasa manis cenderung yang berukuran kecil, yaitu setara dengan 2-4 kg. Namun, jika Mums lebih suka yang lebih berair atau juicy, bisa pilih labu kuning ukuran besar. 

Selain melihat warna dan beratnya, perhatikan pula permukaan kulit labu kuning. Pilihlah yang permukaannya halus, tidak berlubang dan rusak. Hindari memilih labu kuning yang sudah berjamur ya, Mums. Sebab, labu kuning yang permukaannya berjamur bisa jadi kemungkinan cepat busuk. Tak hanya itu, saat memilih labu kuning, Mums juga dapat mengetuk permukaan kulitnya. Jika kulit terasa keras dan di dalamnya terdengar berongga, maka labu kuning masih segar. 

Mums bisa menyimpan labu kuning dengan dua cara, yaitu dalam bentuk utuh atau potongan. Untuk labu kuning bentuk utuh, simpanlah dalam suhu ruang (idealnya 20-25 derajat celsius) di tempat kering dan teduh. Penyimpanan ini penting karena labu kuning butuh sirkulasi udara yang baik agar tidak berjamur. Mums juga bisa tambahkan alas seperti cooling rack di bagian bawah labu agar ada sirkulasi udara. Jika Mums melihat adanya bercak putih di kulit labu, maka segeralah mengolah dan mengonsumsinya. 

Sedangkan, untuk menyimpan labu kuning potong, Mums perlu mengupas dan memisahkan daging dengan bijinya terlebih dahulu, lalu masukkan ke dalam wadah kering dan kedap udara. Setelah itu masukkan ke dalam kulkas dan simpan kurang dari satu minggu. Yuk, biasakan konsumsi buah ini agar si Kecil mendapatkan manfaat labu kuning untuk mendukung kesehatannya.

Selain labu kuning, Mums juga bisa menambah asupan nutrisi harian si Kecil dengan cara memberikannya susu pertumbuhan kaya gizi. Susu FRISO Gold 3 bisa menjadi pilihan tepat karena mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. Dengan kemasan baru, susu FRISO GOLD 3 tetap bernutrisi tinggi yang diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.