Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
9 Bulan Perkembangan Janin Di Perut, Mums Wajib Tahu!

9 Bulan Perkembangan Janin Di Perut, Mums Wajib Tahu!

Menantikan kehadiran buah hati tentu menjadi saat yang mendebarkan bagi setiap calon Mums di luar sana. Setiap perkembangan atas janin dan kehamilan, setiap perubahan yang terjadi, menjadi penting untuk dipahami agar dapat menyikapinya dengan bijak. Nyatanya, perkembangan janin benar-benar perlu dipahami agar Mums dapat memberikan perlakuan yang tepat dan mempersiapkan kehadiran si Kecil.

Melakukan kontrol kehamilan dan kondisi janin bisa dilakukan sesaat setelah Mums mendapatkan konfirmasi atas kehamilan yang terjadi. Tentu, konfirmasi ini bisa dilakukan secara mandiri dengan alat yang bisa dibeli secara bebas. Namun demikian, tetap direkomendasikan untuk memastikan kondisi tersebut pada dokter yang sudah Mums percaya.

Untuk memberikan gambaran mengenai perkembangan janin yang ada di perut Mums, Mums bisa melihatnya dalam poin-poin singkat berikut ini.

Perkembangan Janin 1 Bulan

Pada bulan pertama usianya, si Kecil masih berbentuk embrio yang ukurannya sangat kecil. Ukuran embrio usia 1 bulan ini hanya sebesar kacang hijau saja. Hal ini karena janin masih dalam tahap pembentukan dan menyebabkan kondisinya sangat rawan. Mums harus berhati-hati dalam menjaga kondisi janin pada usia ini.

Usia 2 Bulan

9 Bulan Perkembangan Janin Di Perut, Mums Wajib Tahu!

Embrio yang tadinya seukuran kacang hijau telah tumbuh dan mengalami perkembangan sangat pesat. Pada usia ini, si kecil sudah memiliki organ dan jaringan tubuh (struktur dasar otak, mata, mulut, hidung) mulai terbentuk. Tentu, ukuran bagian tersebut masih sangat kecil karen baru saja mulai terbentuk.

Usia Janin 3 Bulan

Pada usia 3 bulan, perkembangan si Kecil di dalam perut mengalami peningkatan ukuran yang cukup signifikan. Hal ini juga membuat ukuran perut Mums mulai membesar dan mulai nampak. Organ vital yang ada pada tubuhnya mulai dapat berfungsi dengan baik, sehingga dapat dikatakan si Kecil mulai ‘aktif’.

Masuk Usia 4 Bulan

9 Bulan Perkembangan Janin Di Perut, Mums Wajib Tahu!

Di usia ini, janin sudah memiliki kemampuan untuk bergerak, mendengarkan suara, serta tertidur. Ya, tertidur, layaknya orang dewasa, si Kecil juga dapat bermimpi. Pada usia 4 bulan, Mums sudah dapat mengetahui jenis kelamin si Kecil dengan melakukan pemeriksaan.

Apa yang Terjadi pada Usia 5 Bulan?

Ukuran dan berat tubuh si Kecil sudah semakin meningkat. Tulang rawan yang awalnya terbentuk kini sudah mulai mengeras. Hal ini juga dibarengi dengan terbentuknya lapisan lemak di tubuh si Kecil guna menjaga suhu tubuhnya agar tetap stabil selama di dalam kandungan Mums.

Perkembangan Janin Usia 6 Bulan

9 Bulan Perkembangan Janin Di Perut, Mums Wajib Tahu!

Jika pada usia 6 bulan perkembangan janin sudah dapat diprediksi jenis kelaminnya, maka si Kecil akan dapat dipastikan jenis kelaminnya pada usia 6 bulan. Perkembangan signifikan lain pada usia ini adalah mulai pekanya indera penglihatan si Kecil pada cahaya, sehingga ia mulai bisa merespon cahaya yang diterima matanya.

7 Bulan

Semakin sempurna, janin dalam kandungan Mums terus berkembang dan tumbuh. Sistem indera, saraf, dan sistem lain mulai berfungsi, dan Mums juga dapat merasakan apakah si Kecil tengah bangun atau tertidur. Si Kecil mulai dapat bergerak dan sangat terasa oleh Mums secara langsung.

Usia Janin 8 Bulan

9 Bulan Perkembangan Janin Di Perut, Mums Wajib Tahu!

Pada usia ini, janin dalam perut sudah mengalami tahap pematangan. Semakin berfungsinya berbagai organ serta semakin sempurnanya bentuk tubuh si Kecil membuat berat badan si Kecil kian bertambah. Biasanya, pada usia ini si Kecil mulai ‘berputar’ untuk menuju arah jalan keluar.

Usia 9 Bulan, Saatnya Menantikan Kehadirannya

Idealnya usia janin adalah 9 bulan dan 10 hari. Pada usia 9 bulan, si Kecil mengalami penyempurnaan pada setiap tahapan tumbuh kembang yang sudah dilalui. Bentuk tubuh, sistem kerja organ tubuh, dan berbagai faktor lainnya semakin sempurna, dan mulai siap untuk dilahirkan. Kepala si kecil juga biasanya sudah berposisi di bagian panggul Mums, dan akan mulai dirasakan adanya kontraksi pertanda si Kecil siap keluar. 

Tahapan perkembangan janin yang disebutkan di atas merupakan tahapan umum yang dialami janin. Tentu, tahapannya mungkin saja sedikit berbeda, tergantung dengan situasi dan kondisi kesehatan Mums selama mengandung. Untuk memastikan tahapan yang dialami si Kecil di dalam perut, Mums disarankan untuk melakukan kontrol kondisi kandungan secara rutin pada dokter kepercayaan Mums agar dapat mengetahui secara pasti kondisi si Kecil selama di dalam kandungan.

Memahami fase perkembangan janin wajib untuk Mums agar dapat beraktivitas dengan tepat. Tentu, syarat utama dalam kehamilan adalah menerapkan pola hidup sehat, membatasi aktivitas sesuai dengan kondisi kehamilan, serta terus berpikir positif agar janin dapat berkembang dengan baik. Selama masa kehamilan, Mums juga disarankan untuk mengkonsumsi susu kehamilan untuk menunjang pemenuhan nutrisi harian. Mum bisa meminum Frisomum Gold Dualcare+ untuk membantu asupan nutrisi, sehingga si Kecil terus mendapat nutrisi yang cukup selama di dalam kandungan. Selalu koordinasikan menu makanan serta aktivitas dengan dokter ya Mums, agar kondisi kehamilan selalu terjaga dan si Kecil lahir dengan sempurna!