Lompat ke isi utama
Menaikkan berat badan janin

9 Cara Menaikkan Berat Badan Janin yang Lebih Sehat

Cara menaikkan berat badan janin harus dilakukan dengan cara yang sehat dan aman lho. Yuk, ketahui apa saja yang harus Mums lakukan di sini

Selama masa kehamilan, banyak hal yang harus Mums lakukan untuk menjaga kesehatan diri dan tumbuh kembang janin, salah satunya yaitu melakukan berbagai cara menaikkan berat badan janin dengan lebih sehat. Langkah ini sangat penting dilakukan oleh ibu hamil yang sebelumnya memiliki berat badan rendah dan kesulitan mengalami peningkatan saat hamil. Sebab, jika Mums kekurangan gizi dan kesulitan meningkatkan berat badan, maka akan berdampak pada tumbuh kembang janin dalam kandungan. 

Cara menaikkan berat badan janin termasuk langkah yang perlu diperhatikan karena berpengaruh terhadap kesehatan dan tumbuh kembang bayi setelah lahir. Tak hanya itu, Mums juga membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan sebelum hamil. Sebab, nutrisi dari makanan yang Mums konsumsi dibutuhkan oleh janin agar berkembang lebih optimal.

Itulah sebabnya, Mums perlu memahami apa saja cara menaikkan berat badan janin yang bisa dilakukan mulai sekarang, tentunya dengan cara yang sehat dan aman ya, Mums. Simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

Bagaimana Cara Menaikkan Berat Badan Janin yang Aman?

Berikut ini beberapa cara menaikkan berat badan janin yang aman, antara lain:

  1. Lebih banyak konsumsi protein hewani

    Mungkin Mums mengira bahwa apa yang Mums makan sudah memenuhi kebutuhan gizi hn. Padahal, bisa jadi Mums masih kekurangan nutrisi tertentu sehingga kenaikan berat badan janin belum tercapai secara optimal. 

    Nah, salah satu cara menaikkan berat badan janin yang sehat yaitu mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani dengan porsi yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya. 

    Sumber protein hewani yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih. Apapun jenis makanannya, pastikan Mums mengolah makanan tersebut dengan tepat. Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang matang secara merata, bukan yang setengah matang atau mentah. Selain itu, hindari memasak atau memanaskan makanan lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak ya, Mums. 

  2. Minum susu khusus ibu hamil sebelum tidur 

    Cara menaikkan berat badan janin selanjutnya yaitu rutin minum susu sebelum tidur. Pastikan Mums memilih susu yang tepat, yaitu susu yang diformulasikan untuk ibu hamil dan menyusui seperti susu Frisomum Gold Dualcare+ yang mengandung zat besi, kalsium, ALA/LA, prebiotik, probiotik, dan nukleotida untuk mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang bayi dalam kandungan hingga setelah lahir. 

    Selain sebagai cara menaikkan berat badan janin, minum susu sebelum tidur juga bermanfaat untuk membuat tubuh lebih rileks dan tidur nyenyak, menjaga kesehatan jantung, mengoptimalkan tumbuh kembang janin, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu mengurangi anemia pada ibu hamil. 

  3. Pilih makanan sehat yang mengandung karbohidrat

    Selain mengonsumsi protein hewani dan minum susu, Mums juga dianjurkan untuk memperbanyak asupan makanan yang mengandung karbohidrat sebagai salah satu cara menaikkan berat badan janin. Karbohidrat merupakan zat gizi makro yang mengandung energi sebanyak 4 kkal per gram. 

    Mums bisa memilih beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti gandum utuh, nasi merah, kacang polong, sereal, roti gandum, dan lain sebagainya. Makanan tersebut bisa membantu Mums untuk menambah berat badan janin dengan lebih sehat. Selain mengandung kalori, karbohidrat kompleks juga kaya serat yang baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

    Cara menaikkan berat badan janin dengan asupan karbohidrat ini tidak hanya dikonsumsi di setiap menu makanan utama saja, sebaiknya Mums juga mengonsumsi camilan sehat yang mengandung karbohidrat.

    Baca juga: Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Hamil dan Menyusui

  4. Konsumsi makanan sehat yang mengandung lemak

    Cara menaikkan berat badan janin yang tak kalah penting yaitu mengonsumsi makanan yang mengandung lemak. Ini karena makanan tinggi lemak bisa meningkatkan kalori dalam tubuh. Dalam 1 gram lemak, setidaknya mengandung lebih banyak kalori dibandingkan zat gizi makro yang lain lho. Namun, Mums sebaiknya memilih makanan tinggi lemak yang lebih sehat. 

    Mums dapat menggunakan minyak zaitun, minyak kanola, dan mentega sebagai bahan memasak untuk makanan sehari-hari. Dengan menambah 1 sendok makan dari salah satu jenis minyak tersebut, maka akan meningkatkan kalori sekitar 45-120 kkal. Cara menaikkan berat badan janin ini juga bisa Mums lakukan dengan mengonsumsi saus krim atau keju leleh yang dikombinasikan dengan pasta, sayuran, atau makanan lainnya. 

  5. Makan kacang-kacangan dan buah-buahan

    Mengonsumsi kacang-kacangan dan buah kering termasuk salah satu cara menaikkan berat badan janin yang bisa Mums lakukan juga. Ini karena kacang-kacangan mengandung protein, karbohidrat, zat besi, vitamin B9 (asam folat), dan nutrisi penting lainnya untuk mengoptimalkan kesehatan Mums dan janin. 

    Sedangkan buah-buahan mengandung gula alami yang dapat menambah berat badan dengan lebih sehat. Mengonsumsi makanan yang mengandung gula alami bisa menjadi cara yang lebih sehat untuk meningkatkan berat badan dibandingkan makanan tinggi pemanis buatan. 

    Baca juga: Ragam Vitamin Buat Ibu Hamil yang Paling Penting

  6. Lakukan aktivitas fisik secara rutin

    Selain dari makanan, cara menaikkan berat badan janin juga bisa Mums lakukan dengan cara rutin berolahraga saat hamil. Olahraga saat hamil tidak hanya penting untuk kesehatan Mums, tetapi juga untuk kesehatan dan tumbuh kembang janin dalam kandungan. 

    Melansir laman resmi American College of Obstetricians and Gynecologist, Mums bisa melakukan olahraga atau aktivitas fisik seperti jalan santai, senam hamil, berenang saat hamil, dan aktivitas fisik menyenangkan lainnya.

  7. Cukupi waktu istirahat dan tidur

    Cara menaikkan berat badan janin yang tak kalah penting yaitu mencukupi waktu istirahat dan tidur Mums. Sebaiknya Mums membiasakan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas selama masa kehamilan. 

    Istirahat yang cukup dapat mengembalikan energi ibu hamil sehingga membuat tubuh Mums tetap segar dan bugar. Jika Mums merasa lebih cepat lelah dari biasanya pada siang hari, sebaiknya Mums kurangi aktivitas dan luangkan waktu untuk tidur siang bila memungkinkan. 

  8. Kelola stres dan rasa cemas dengan baik

    Selama hamil, mungkin Mums akan merasakan beberapa hal yang tidak nyaman, mulai dari rasa cemas, morning sickness, dan lainnya. Kondisi tersebut tentu berpengaruh terhadap pikiran Mums, sehingga bisa menyebabkan rasa cemas dan stres meningkat. Jika Mums tidak mengelola stres dan rasa cemas dengan baik, maka Mums akan kehilangan selera makan dan tubuh tidak segar. 

    Oleh karena itu, mengelola stres dan rasa cemas menjadi salah satu cara menaikkan berat badan janin dengan baik. Apabila ada sesuatu hal yang membuat Mums tidak nyaman, cobalah mengeluarkan keluhan tersebut ke suami atau orang terdekat. Jika perlu, Mums bisa berkonsultasi dengan psikolog atau dokter untuk ditangani secara tepat. Ibu hamil sebaiknya tetap tenang dalam menjalani masa kehamilan agar dapat mengontrol nafsu makan dengan baik. 

  9. Kurangi junk food, makanan tinggi gula, tinggi garam, dan gorengan

    Meskipun tujuan Mums yaitu menaikkan berat badan janin, bukan berarti Mums mengonsumsi makanan cepat saji (junk food), tinggi gula, tinggi garam, dan gorengan yang berlebihan, ya. 

    Ketiga jenis makanan tersebut memang termasuk salah satu cara menaikkan berat badan janin, tetapi tidak sehat dan justru berisiko memicu penyakit pada Mums dan janin. Ini karena junk food, makanan tinggi gula, tinggi garam, dan gorengan merupakan jenis makanan bernutrisi rendah. 

    Maka dari itu, pastikan Mums menyeimbangkan asupan makanan yang tepat, yaitu makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, serta beragam vitamin dan mineral sebagai cara menaikkan berat badan janin dengan lebih sehat. 

Baca juga: Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Mitos atau Fakta?

Itulah beberapa cara menaikkan berat badan janin yang bisa Mums lakukan mulai sekarang. Apabila Mums sudah melakukan cara-cara di atas, tetapi berat badan tak kunjung bertambah atau bahkan di bawah rata-rata, segeralah konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang