Lompat ke isi utama
manfaat minum susu

9 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur Bagi Ibu Hamil

Manfaat minum susu sebelum tidur dianggap dapat membantu tubuh lebih rileks dan membuat tidur lebih nyenyak. Tak heran jika banyak orang yang menjadikan kegiatan ini sebagai rutinitas harian, termasuk Ibu hamil dan menyusui. 

Apa Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur Bagi Ibu Hamil?

Apakah selama kehamilan, Mums sering ngemil sebelum tidur? Jika iya, daripada mengonsumsi makanan yang tidak sehat, sebaiknya Mums minum susu sebelum tidur karena memiliki beragam manfaat bagi janin dalam kandungan. Cari tahu manfaat lainnya di bawah ini, yuk! 

  • Membuat Tubuh lebih rileks dan tidur lebih nyenyak

    Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penelitian menunjukkan bahwa manfaat minum susu sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak. Sejumlah ahli setuju dengan manfaat minum susu sebelum tidur tersebut karena kemungkinan adanya pengaruh dari asam amino triptofan dan melatonin di dalam susu. 

    Asam amino triptofan merupakan bahan utama penghasil hormon serotonin yang berperan mengatur suasana hati, memberikan rasa tenang, membuat tubuh lebih rileks, dan memicu rasa kantuk. Dengan begitu, manfaat dari triptofan dan melatonin memang terbukti dapat membantu tidur lebih nyenyak. Manfaat minum susu sebelum tidur memang dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun, hal ini tetap harus disertai dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat.

  • Mengurangi risiko terhambatnya pertumbuhan janin

    Manfaat minum susu sebelum tidur yang tak kalah penting yaitu dapat menunjang pertumbuhan janin dalam kandungan. Terhambatnya pertumbuhan janin dapat terlihat dari ukuran janin yang lebih kecil dibandingkan dengan usia kehamilan normal. Kondisi ini sering kali disebabkan oleh gangguan plasenta karena pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan janin tidak bisa tersalurkan dengan baik. 

    Selain itu, pertumbuhan janin yang terhambat juga bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan yang dialami oleh Mums, salah satunya adalah kekurangan gizi. Maka dari itu, manfaat minum susu sebelum tidur sangat penting bagi Mums agar mendukung asupan nutrisi yang dibutuhkan janin. Akan tetapi, susu saja tidak cukup, Mums juga harus mengonsumsi berbagai jenis makanan bergizi dan menjalani gaya hidup sehat agar tumbuh kembang janin lebih optimal. 

  • Menjaga kesehatan tulang dan otot

    Manfaat minum susu sebelum tidur selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan tulang dan otot Mums. Saat tidur di malam hari, tubuh akan memproses nutrisi dari makanan yang Mums konsumsi. Selama proses berlangsung, tubuh akan memperbaiki berbagai jaringan, termasuk tulang dan otot. Nah, karena susu merupakan sumber terbaik dari protein, vitamin D, dan kalsium, maka manfaat minum susu sebelum tidur terbukti dapat memperbarui jaringan tulang dan otot. 

  • Menjaga kesehatan jantung

    Dengan meminum susu secara rutin, maka organ jantung pun akan lebih sehat. Sebab, susu mengandung asam lemak omega 3 yang berperan dalam membantu menjaga fungsi organ jantung. Meskipun manfaat minum susu sebelum tidur baik bagi kesehatan, tetapi Mums perlu mengonsumsi susu sesuai batas normal. Sebab, asupan lemak dalam susu yang berlebih dapat meningkatkan kolesterol, sehingga berisiko memicu gangguan kesehatan. 

  • Mengurangi kebiasaan makan tengah malam

    Munculnya rasa lapar di malam hari bisa membuat Mums tiba-tiba terbangun. Hal ini wajar karena tubuh tidak mendapatkan asupan energi selama tidur. Oleh karena itu, salah satu manfaat minum susu sebelum tidur yaitu dapat mengurangi rasa lapar saat Mums terlelap. Susu mengandung protein yang berperan untuk memberikan rasa kenyang lebih lama dan karbohidrat yang menjadi sumber energi utama bagi tubuh. 

    Baca juga: Tahap Perkembangan Janin di Setiap Minggu

  • Memperlancar ASI

    Manfaat minum susu sebelum tidur juga dapat dirasakan setelah melahirkan. Dengan mengonsumsi susu yang tepat, maka ASI akan lebih lancar karena adanya kandungan kalsium di dalam susu. ASI yang tidak lancar sering menjadi kendala bagi sebagian Mums karena khawatir kebutuhan nutrisi si Kecil tidak tercukupi. Sementara, jika produksi ASI lancar, maka tumbuh kembang si Kecil pun akan optimal. 

    Salah satu cara untuk memperlancar dan meningkatkan kualitas ASI yaitu dengan mengonsumsi susu khusus Ibu hamil dan Ibu menyusui, seperti susu Frisomum Gold Dualcare+ yang mengandung zat besi, kalsium, ALA/LA, prebiotik, probiotik, dan nukleotida untuk mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang si Kecil selama di dalam kandungan sampai setelah lahir. 

  • Berpengaruh terhadap kesehatan bayi

    Bagi bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan, ASI merupakan asupan nutrisi yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Itulah sebabnya, manfaat minum susu sebelum tidur bagi Ibu menyusui sangat berpengaruh terhadap kesehatan bayi. Jika kualitas ASI baik, maka kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil pun akan lebih optimal. Ketika si Kecil berusia 6-12 bulan, barulah Mums bisa memberikan nutrisi lainnya ke dalam menu MPASI agar kebutuhan gizi harian si Kecil terpenuhi dengan seimbang. 

  • Mengurangi risiko anemia

    Sebagian Mums yang sedang hamil mengalami anemia yang bisa diakibatkan oleh kurangnya pasokan darah di dalam tubuh. Efeknya, Mums jadi lebih mudah sakit serta merasakan pusing dan lelah. Oleh karena itu, manfaat minum susu sebelum tidur bisa membantu mengurangi risiko anemia karena di dalamnya mengandung zat besi yang penting untuk mencegah kekurangan darah. 

  • Menambah berat badan

    Manfaat minum susu sebelum tidur juga dapat meningkatkan berat badan Mums lho. Seperti yang diketahui, selama masa kehamilan dan menyusui, Mums membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. Ini karena nutrisi tersebut dibutuhkan juga oleh si Kecil agar tumbuh kembangnya optimal. Dengan begitu, selain mendapat tambahan nutrisi, berat badan Mums juga akan bertambah dengan cara yang sehat. 

Itulah beberapa manfaat minum susu sebelum tidur yang penting bagi Ibu hamil dan bayi. Manfaat minum susu sebelum tidur memang cukup banyak. Akan tetapi, Mums tetap harus mengonsumsi susu sesuai batas normal. Hindari minum susu secara berlebihan karena akan memicu gangguan kesehatan jangka panjang. Selain itu, pastikan memilih produk susu yang mengandung melalui proses pemanasan satu kali (single process) dan mengandung nutrisi alami agar manfaat minum susu sebelum tidur bisa Mums dapatkan dengan lebih optimal.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang