Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Adakah Efek Positif dari Permainan Anak Online?

Adakah Efek Positif dari Permainan Anak Online?

Dunia permainan kini sedang dihebohkan dengan menjamurnya berbagai gim online yang beredar di berbagai platform. Tentu saja, gadget juga kini telah dimiliki oleh hampir setiap rumah tangga di Indonesia. Si Kecil pun semakin pintar mengoperasikan gadget yang ada, dan tak jarang terpapar permainan anak online. Meski tidak berbahaya secara langsung, hal ini perlu disikapi dengan bijak.

Permainan online yang kini tersedia, sangat banyak diakses anak-anak di berbagai usia. Idealnya permainan ini memiliki kategori, dimana usia anak tertentu yang disarankan untuk memainkannya. Hal ini dikarenakan pertimbangan kemampuan fisik dan kecerdasan si Kecil, serta kematangan emosional si Kecil ketika bermain permainan seperti ini.

Banyak yang mengatakan bahwa permainan seperti ini cenderung tidak bermanfaat dan lebih baik melakukan permainan tradisional. Satu dan lain hal, pernyataan ini bisa dikatakan benar. Permainan tradisional membuat si Kecil berinteraksi langsung dengan anak-anak lain, dan baik untuk merangsang pertumbuhan fisik dan kemampuan bersosialisasi si Kecil.

Namun demikian, permainan anak online juga ternyata memiliki beberapa manfaat. Tentu, dengan pengawasan dan arahan yang tepat, permainan ini akan menjadi media belajar dan perangsang tumbuh kembang si Kecil. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh si Kecil dengan bermain permainan online.

Koordinasi Mata dan Gerak Tangan

Permainan online yang dimainkan si Kecil pada perangkat gadget biasanya akan melibatkan gerakan mata dan gerakan jari-jari si Kecil . Dalam berbagai variasi permainan, koordinasi gerakan jari tangan dan mata akan sangat dilatih untuk mengikuti permainan yang berbasis sentuhan. Koordinasi yang terbentuk antara mata dan jari ini yang bisa menjadi latihan baik untuk anak-anak.

Semakin cepat tempo permainan, maka semakin cepat pula koordinasi yang diperlukan untuk menyinkronkan gerak mata dan sentuhan jari. Rangsangan seperti ini memang bisa didapatkan dari permainan tradisional. Namun demikian, permainan online juga bisa menjadi tempat latihan yang baik untuk aspek yang satu ini.

Respon Anak

Terkait dengan koordinasi mata dan gerak tangan yang dilakukan si Kecil, maka hal lain yang akan terlatih adalah respon si Kecil. Permainan online biasanya mengharuskan si Kecil menyentuh bagian layar tertentu pada waktu yang telah ditentukan. Hal ini melatih si Kecil untuk mengenali perubahan yang terjadi di sekitarnya sehingga bisa memberikan respon yang cepat dan tepat.

Kontrol Emosi

Tidak jarang ketika bermain, si Kecil akan menemui beragam jenis kegagalan. Baik ketika karakter yang dimainkan sudah tidak bisa melanjutkan cerita, atau karena hal lain. Hal ini mendorong si Kecil untuk terlatih menghadapi kegagalan atau hal yang tidak diinginkannya. Pada aspek ini, pendampingan orang tua sangat diperlukan agar latihan ini bisa berhasil baik.

Jika tanpa pendampingan orang tua, maka si Kecil bisa saja lepas kendali dan malah menjadi pribadi yang destruktif. Tentu hal ini tidak diinginkan oleh setiap orang tua. Selalu dampingi si Kecil ketika bermain permainan online, agar ketika si Kecil menemui kesulitan atau kegagalan orang tua bisa menenangkan dan memberikan pengertian.

Kemampuan Memecahkan Masalah dan Fokus

Berbagai persoalan dan masalah dirancang sedemikian rupa agar permainan online tetap menarik untuk dimainkan. Hal ini memiliki tujuan untuk terus melatih kemampuan berpikir dari si Kecil yang memainkannya, dan melatih fokus dari si Kecil. Ketika si Kecil terbiasa menghadapi masalah dan memiliki pola pikir yang baik, maka di dunia nyata si Kecil akan lebih mudah bersosialisasi dan menyelesaikan masalah dengan baik pula.

Tanpa fokus, si Kecil akan mudah teralihkan dan kurang dapat berkonsentrasi. Dalam permainan online, fokus menjadi aspek yang sangat penting agar si Kecil bisa terus melanjutkan permainan. Kadar fokus yang muncul akibat bermain permainan seperti ini bisa menjadi modal baik untuk kehidupan si Kecil di masa yang akan datang.

Sosialisasi

Meski pelatihan sosialisasi terbaik yang bisa diberikan pada si Kecil adalah secara riil, namun permainan anak online juga bisa melatih hal ini. Ketika bermain, si Kecil akan berhadapan dengan orang lain yang juga memainkan permainan yang sama. Kerjasama diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah yang ada, sehingga mau tidak mau si Kecil akan berkomunikasi dengan rekan bermainnya.

Disinilah peran orang tua diperlukan. Pendampingan pada si Kecil yang tengah bermain harus dilakukan, agar orang tua juga dapat menyisipkan ilmu mengenai cara berkomunikasi yang baik dan benar. Kemampuan komunikasi yang baik akan terus dilatih, sehingga ketika si Kecil bersosialisasi di dunia nyata, orang lain akan lebih mudah menerimanya.

Tentu saja, efek positif dari permainan anak online bisa didapat dengan syarat utama pendampingan orang tua dan kesesuaian usia si Kecil dengan permainan yang dimainkannya. Untuk menunjang proses belajar si Kecil melalui media ini, orang tua harus menjamin nutrisi yang diperlukan si Kecil selalu terpenuhi. Untuk usia 3 hingga 6 tahun, usia dimana si Kecil sangat aktif bermain dan belajar, berikan Friso Gold 4 dengan teknologi Locknutri. Selain memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, Friso juga menyediakan fitur live chat dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) untuk berbagai permasalahan terkait nutrisi si kecil dalam masa tumbuh kembangnya.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang