Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Adaptasi Era New Normal, Ini Kegiatan yang Memperkuat Sistem Imun

Adaptasi Era New Normal, Ini Kegiatan yang Memperkuat Sistem Imun

Semakin hari nampaknya kesehatan semakin jadi faktor penting dalam kehidupan. Terlebih di era new normal, dimana penerapan protokol kesehatan benar-benar disiplin, Mums dan si Kecil tentu harus mendukungnya dengan menjaga kesehatan dan tubuh. Pasalnya, dengan melakukan kedua hal ini Mums dan si Kecil bisa meminimalisir resiko terinfeksi virus berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil.

Menjaga imun tubuh sebenarnya bukan hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Bahkan jika sudah menjadi kebiasaan, hal-hal yang dapat meningkatkan dan menjaga imun akan berjalan tanpa beban sama sekali. Tapi apakah Mums sudah tahu hal apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh Mums dan si Kecil?

Berikut beberapa hal yang bisa Mums lakukan.

Konsumsi Makanan dengan Nutrisi yang Cukup

Konsumsi Makanan dengan Nutrisi yang Cukup

Poin pertama, dan mungkin akan jadi dasar dari poin-poin selanjutnya, adalah konsumsi makanan kaya nutrisi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Dalam membentuk imun atau daya tahan tubuh, asupan nutrisi harian yang cukup sifatnya adalah wajib, agar tubuh memiliki material yang diperlukan untuk membangun daya tahan secara optimal.

Asupan nutrisi yang berasal dari makanan sehat juga sebaiknya seimbang dan terukur. Jadi tubuh juga tidak mendapat terlalu banyak nutrisi yang justru nantinya tidak dapat diserap sepenuhnya. Variasi makanan alami, buah dan sayur, kacang-kacangan, serta berbagai jenis daging bisa jadi menu yang sempurna. Mums juga bisa mengkonsultasikan menu harian dengan dokter anak kepercayaan dan ahli nutrisi, untuk mendapat menu yang benar-benar tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh si Kecil.

Hindarkan Stres pada Anak

Hindarkan Stres pada Anak

Pembatasan ruang gerak yang dilakukan oleh pemerintah, dalam hal kampanye tetap di rumah selama era new normal, sedikit banyak akan membuat si Kecil dan Mums menghadapi resiko stres yang lebih besar. Jangan salah, kurangnya melihat dunia luar tak hanya berdampak buruk bagi Mums tapi juga si Kecil. Mums harus menjadi lebih aktif mencarikan kegiatan atau konten yang bisa tetap menghibur dan menekan tingkat stres.

Tubuh manusia sebenarnya adalah sistem yang sangat canggih dan mampu merespon keadaan dengan sangat baik. Ketika tubuh mendeteksi hormon stres semakin tinggi, maka tubuh akan berusaha menyeimbangkan hormon tersebut. Sialnya, hal ini akan berpengaruh pada daya tahan tubuh atau imun si Kecil dan Mums secara langsung. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga dan mengelola tingkat stres pada titik yang aman. Berkegiatan bersama, olahraga bersama, dan sebagainya, bisa jadi cara yang efektif menurunkan stres yang terjadi pada Mums dan si Kecil.

Bergerak Aktif secara Rutin

Bergerak Aktif secara Rutin

Satu hal yang juga tak kalah penting dalam menjaga kinerja sistem imun adalah gerakan fisik aktif secara rutin. Berbagai bentuk kegiatan, seperti senam ringan, membersihkan rumah, bersepeda di halaman rumah, dan berbagai kegiatan fisik lain bisa jadi alternatif untuk tetap menjaga tubuh tetap bugar dan memiliki daya tahan yang prima.

Tidak bisa mengunjungi tempat umum yang memiliki ruang cukup luas bukan berarti Mums dan si Kecil tidak bisa beraktivitas fisik secara optimal. Mums dapat memanfaatkan halaman belakang untuk bermain, memanfaatkan ruang keluarga untuk membuat track halang rintang, dan sebagainya. Selama Mums memiliki kemauan untuk tetap bergerak, maka tidak ada yang bisa menghalangi Mums dan si Kecil dalam bergerak aktif dan berkeringat.

Waktu Tidur dan Berjemur Sinar Matahari

Waktu Tidur dan Berjemur Sinar Matahari

Poin terakhir dalam rangka menjaga kinerja sistem imun tetap prima adalah dengan disiplin menerapkan jam tidur yang cukup serta berjemur sinar matahari.

Untuk jam tidur sendiri, idealnya tubuh manusia dewasa akan memerlukan waktu istirahat setidaknya 6 sampai 8 jam setiap hari. Untuk anak-anak, perkiraan waktu istirahat yang ideal adalah antara 10 sampai 14 jam, tergantung usia si Kecil. Semakin bertambah usia si Kecil maka semakin sedikit jam tidur yang diperlukan tubuhnya.

Untuk berjemur di sinar matahari, Mums juga wajib memperhatikan jam yang tepat. Tentu, berjemur tidak direkomendasikan dilakukan pada siang hari ketika matahari berada di atas kepala. Berjemur bisa memberikan efek terbaik ketika dilakukan pada pukul 10.00 pagi dan 16.00 sore, selama sekitar 10 sampai 15 menit saja. Sinar matahari ini akan mengubah provitamin D menjadi Vitamin D, yang dapat membantu tubuh si Kecil membangun sistem imun yang kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga : Tips Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Selama New Normal

Menjaga sistem imun tetap bekerja dengan baik, terlebih di era new normal seperti sekarang adalah hal yang wajib dilakukan. Selain untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, menjaga kesehatan seperti ini juga akan meminimalisir resiko infeksi virus dan bakteri jahat yang bisa membahayakan keselamatan si Kecil.

Nah, untuk membantu mengoptimalkan pembentukan sistem imun yang kuat, berikan juga Friso Gold 4 yang mengandung nutrisi lengkap untuk si Kecil. Dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan terjaga sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Berikan yang terbaik untuknya, dan dampingi setiap fase tumbuh kembang agar si Kecil menjadi anak yang sehat dan kuat!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang