Lompat ke isi utama
Bermain Kereta Api Bersama Keluarga

Bermain Kereta Api Bersama Anak, Ikuti Gerakannya

Permainan ini dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu spesial bersama anak. Bagaimana pergerakan dalam menirukan gerakan kereta api berjalan?

Saat berkumpul bersama keluarga besar memang menyenangkan, ya. Kapan lagi Mum bisa bertemu dan berbagi cerita bersama orang-orang terdekat? Tidak hanya itu, ternyata kumpul keluarga juga dapat menjadi momen yang menyenangkan bagi anak. Seperti permainan yang satu ini, yang dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu spesial bersama anak dan anggota keluarga lainnya.

Baca Juga : Serba Serbi Zat Besi untuk Tumbuh Kembang Anak

Aktivitas Bersama Anak

  1. Apakah Mum masih ingat lagu “Naik Kereta Api”? Ya, lagu tersebut merupakan lagu klasik yang biasa kita nyanyikan saat masih kecil. Kini, kenalkan lagu masa kecil Mum tersebut kepadanya lewat video ini.
  2. Dalam video tersebut, Mum dan anak juga dapat melihat berbagai gerakan sederhana yang dapat dilakukan saat bermain. Sambil menyanyikan lagu “Naik Kereta Api”, Mum dan anak dapat bergerak mengikuti alunan lagu.
  3. Bermain akan lebih seru bila dilakukan beramai-ramai. Ajaklah anggota keluarga lainnya untuk bermain bersama,. Kemudian, bentuk barisan memanjang ke belakang seperti kereta api. Anggota keluarga yang berada di posisi paling depan berperan sebagai masinis.
  4. Layaknya kereta api, berjalanlah beriringan mengikuti arah anggota keluarga yang berada di posisi lokomotif. Nyanyikan lagu “Naik Kereta Api” sambil berpegangan pada orang yang ada di depan kita. Saat lagu akan berakhir, tiap anggota keluarga wajib menirukan gerakan yang dilakukan oleh masinis, misalnya melompat, berbelok, ataupun gerakan lainnya.
  5. Agar semakin seru, minta anggota keluarga yang lain juga untuk bergiliran menjadi masinis, ya. Dengan begitu, makin banyak kreasi gerakan yang dapat ditirukan oleh anggota keluarga yang lain.]
  6. Sempatkan diri untuk mengabadikan keceriaan anak bermain kereta api bersama anggota keluarga lainnya. Tentu saja, Mum dapat membagikan foto kehangatan keluarga Mum tersebut di halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments.

Info Pendukung Aktivitas

Ayo, dengarkan lagu “Naik Kereta Api” bersama anak. Selain untuk mengingat kembali, Mum pun bisa mendapatkan beberapa inspirasi gerakan yang dapat digunakan pada saat permainan nanti.

Baca Juga : Anak Susah BAB Karena Sembelit? Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Sebagai bantuan, Mum juga bisa menghafal lirik lagu tersebut seperti yang terdapat di bawah ini:

Naik kereta api, tuut tuut tuut

Siapa hendak turun

ke Bandung, Surabaya

Bolehlah naik dengan percuma

Ayo, kawanku lekas naik

Keretaku tak berhenti lama

Cepat keretaku jalan, tuut tuut tuut

Banyak penumpang turut

Keretaku sudah penat

Karena beban terlalu berat

Di sinilah ada stasiun

Penumpang semua turun

Manfaat Bagi Mum

Bermain kereta api bersama anak dan anggota keluarga lainnya merupakan suatu kesenangan tersendiri. Lewat permainan ini, Mum bisa bernostalgia dengan kembali menyanyikan lagu anak-anak tersebut bersama dengan anak. Manfaat lainnya ialah permainan ini juga bisa menjadi kesempatan bagi Mum dan keluarga untuk lebih mengakrabkan diri dan memperkuat ikatan antar anggota keluarga.

Manfaat Bagi anak

Bernyanyi dan bermain memiliki manfaat yang baik bagi proses tumbuh kembang Kecil. Apabila keduanya dilakukan secara bersamaan, tanpa sadar anak telah mendapatkan beberapa stimulasi perkembangan sekaligus. Sally Goddard Blythe, direktur dari Institute for Neuro-Physiological Psychology mengatakan bahwa bernyanyi merupakan metode yang tepat untuk membantunya melatih kemampuan bahasa anak. Saat bernyanyi, daya memori anak ikut terlatih untuk mengingat lirik lagu sederhana tersebut Selain itu, gerakan yang dilakukan saat bermain juga memberikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan koordinasi tubuhnya serta melatih gerak motorik, seperti melompat, menari, dan lainnya.

Baca JugaTips Membuat Ruang Belajar untuk anak, SImak 3 Poin Berikut!

Info Gizi dan Nutrisi

Bernyanyi dan menari memang menjadi kegiatan keluarga yang menyenangkan. Bagi anak, tidak ada yang lebih baik saat ia bisa melakukan keduanya bersama orangtuanya. Agar ia dapat terus menikmati berbagai momen spesial bersama Mum dan Dad, anak pun memerlukan nutrisi yang tepat untuk kesehatan dan pertahanan tubuhnya. Untuk menu makanannya, Mum bisa menjadikan kentang sebagai alternatif untuk anak, misalnya dibuat dalam bentuk mashed potatoes atau kentang goreng. Kandungan vitamin B6 pada kentang berfungsi untuk memecah protein dalam tubuh, yang baik untuk antibodi anak. Selain itu, kentang juga mengandung nutrisi lainnya yang baik untuk anak, seperti potassium dan vitamin C.

Baca Juga : Memperkenalkan Anak Berhitung & Aktivitas Outdoor

Selain menu di atas, susu pertumbuhan juga memiliki peran yang penting untuk mendukung pertahanan tubuh anak di usia ini. Namun, agar anak dapat menikmati manfaat nutrisinya secara optimal, pastikan Mum memberikan susu dengan kandungan nutrisi yang seimbang dan proses produksi yang tepat. Friso Gold 3 diformulasikan secara khusus untuk mendukung perkembangannya secara menyeluruh. Melalui proses produksi Grass to Glass, kandungan nutrisi yang terkandung di dalam Friso Gold 3 pun terjaga dengan baik, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh anak dengan optimal.