Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ajak si Kecil Bersihkan Rumah Sambil Bermain

Ajak si Kecil Bersihkan Rumah Sambil Bermain

Akhir pekan menjadi saat yang tepat untuk beristirahat sambil meluangkan waktu bersama si Kecil yang tercinta!

Namun, kesibukan yang padat di hari biasa seringkali membuat Mum masih harus mengerjakan pekerjaan lain, misalnya, membersihkan rumah. Jangan merengut dulu, Mum! Jadikan acara bersih-bersih ini lebih menyenangkan bersama si Kecil.

Aktivitas yang bisa dilakukan


1. Ajak Si Kecil

Apa si Kecil baru saja selesai bermain bersama mainan-mainannya, Mum? Kalau begitu, inilah saat yang tepat untuk mengajak si Kecil membereskan kembali mainannya. Tunjukkan tempat penyimpanan yang sesuai dengan jenis mainan tersebut, lalu bimbing si Kecil menaruh kembali mainannya di dalam tempatnya masing-masing.

2. Tidy Up Mat

Jika Mum menggunakan Tidy Up Mat dari Friso sebagai alas bermain si Kecil, tunjukkan padanya bagaimana mudahnya membentuk kantung dari Tidy Up Mat untuk menyimpan mainannya (lihat videonya di sini).

3. Bimbing Si Kecil

Bimbinglah ia untuk mengerjakan pekerjaan sederhana, misalnya mengangkat pakaian kotor, mengelap meja dan kursi , serta membersihkan tempat tidurnya.

4. Berikan Hadiah

Hore, si Kecil berhasil menyelesaikan pekerjaan rumahnya! Ayo berikan ia tanda terima kasih berupa stiker bintang lucu yang tersedia dalam Info Pendukung Aktivitas, setiap kali si Kecil selesai melakukan tugasnya.

5. Abadikan Momen Bersama Si Kecil

Sebagai penutup aktivitas, mintalah si Kecil untuk menghias rumah dari Mum ini. Tuliskan namanya di atas rumah tersebut dan abadikan ekpresi gembira si Kecil sambil memegang hadiahnya ke dalam foto dan video. Mum, bagikanlah momen ini kepada Mums lainnya lewat halaman Facebook Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan mencantumkan hashtag #FrisoMoments, ya.

Klik Gambar Untuk Mendowload Enabler

6. Info Pendukung Aktivitas

Sehabis membantu Mum, mari berikan hadiah yang istimewa untuk si Kecil. Cetaklah stiker bintang yang lucu yang tersedia di sini: Stiker Bintang untuk si Kecil , lalu gunting dan tempelkan double tape di baliknya. Berikan stiker ini setiap kali si Kecil berhasil melakukan tugasnya. Ini tentu akan membuat si Kecil merasa dihargai dan semakin bersemangat untuk membantu Mum.

7. Manfaat Bagi Mum

Dengan mengajaknya membantu membersihkan rumah, Mum telah menanamkan rasa tanggung jawab dan sifat mandiri dalam diri si Kecil sedari dini. Meskipun sekarang hasil pekerjaannya masih belum sempurna, kehadiran dan celotehnya saja tentu sudah meringankan beban Mum. Karenanya, jangan lupa untuk memberikan pujian dan penghargaan atas usahanya itu, ya.

8. Manfaat Bagi Si Kecil

Selain membangun rasa tanggung jawabnya, Membantu Mum dalam mengerjakan rumah dapat membuat si Kecil merasa dihargai sebagai salah satu anggota keluarga. Jim Fay, parenting expert dan co-founder dariLove and Logic mengemukakan bahwa setiap anak tentu ingin merasa dibutuhkan kehadirannya. Membiasakan si Kecil membantu Mum akan membuat ia karena telah berkontribusi di dalam rumah. Tak hanya itu, kegiatan ini pun penting dalam mengembangkan keahliannya, di antaranya adalah kemampuan motorik serta koordinasi tangannya.

9.Info Gizi & Nutrisi

Ketika si Kecil asyik membersihkan rumah, ia mungkin akan bersentuhan dengan berbagai barang yang tentu tidak lepas dari kuman dan bakteri. Karena itu, dibutuhkan daya tahan tubuh yang kuat agar ia tidak mudah sakit. Selain vitamin C, vitamin E merupakan salah satu kandungan yang penting bagi sistem kekebalan si Kecil di masa pertumbuhan ini. Seperti yang dikutip dari Babycenter.com, vitamin ini akan ikut membantu perkembangan daya tahannya serta melawan bakteri jahat dalam tubuh si Kecil. Di usia 1 sampai 3 tahun, ia membutuhkan asupan vitamin E sekitar 6 miligram setiap harinya . Untuk itu, Mum dapat memberikan sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin E seperti tahu , kacang almond, brokoli,labu, dan alpukat.

Jangan lupa Mum, pastikan juga si Kecil selalu meminum susu pertumbuhannya setiap hari. Kandungan vitamin A, C, dan E yang terdapat di dalamnya merupakan zat antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Friso Gold 3 yang diolah dengan konsep “grass to glass” memastikan semua kandungan ini dapat terjaga kualitasnya serta mudah dicerna oleh tubuh si Kecil.