Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ajak si Kecil Jadi Pilot Sehari!

Ajak si Kecil Jadi Pilot Sehari!

Mum, apa cita-cita si Kecil saat ini? Yuk, kita kenalkan Ia dengan salah satu profesi menarik di dalam dunia penerbangan, yaitu pilot. Pengetahuan mengenai pilot ini bisa Mum berikan pada si Kecil dengan cara yang seru, lho.

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Mulai kenalkan si Kecil tentang profesi pilot dengan membuat dongeng dari buku ceritanya, ataupun gambar dari majalah. Mum bisa menjelaskan secara sederhana dengan mengatakan, “Kamu sering lihat kan Mum dan Dad membawa mobil setiap hari? Nah, kalau pesawat, yang mengendalikannya itu namanya pilot.”
  2. Si Kecil sudah mengerti peran pilot secara sederhana? Kini, ceritakan lebih lanjut mengenai ciri-ciri pilot, mulai dari topi dan seragamnya, serta fakta-fakta menarik tentangnya seperti, “Pilot itu matanya harus sehat saat menerbangkan pesawat. Makanya, Ia selalu rajin makan buah dan sayuran, serta meminum susu tiap hari.” Berikan kesempatan pada si Kecil untuk menanggapi penjelasan Mum. Meski belum dapat berbicara dengan jelas, hal ini baik untuk menstimulasi kemampuan bicaranya.
  3. Tingkatkan rasa keingintahuan si Kecil terhadap pilot dengan mengajaknya membuat Friso Pilot HatDownload gambar topi tersebut di bagian Info Pendukung Aktivitas, lalu ajak si Kecil untuk mewarnai topi tersebut menggunakan pensil warna sesuka hatinya. Agar menarik, Mum juga bisa mencetak 1 buah topi lagi, dan menghiasnya dengan warna-warna ceria.
  4. Setelah selesai mewarnai, gunting template topi tersebut mengikuti tanda garis putus yang ada. Buatlah lubang pada tiap sisi topi, lalu masukkan tali karet melalui kedua lubang tersebut. Friso Pilot Hat kini siap digunakan!
  5. Jangan lupa, abadikan penampilan baru si Kecil dan Mum yang mengenakan Friso Pilot Hat di depan kamera, ya. Kemudian, bagikan momen bahagia tersebut ke Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments.

Info Pendukung Aktivitas

Sebelum memulai permainan, cetak gambar topi pilotnya terlebih dahulu di link berikut ini:

 

Friso Pilot Hat (1)

Friso Pilot Hat (2)

Friso Pilot Hat (3)

Friso Pilot Hat (4)

Perlengkapan yang Mum butuhkan:

  • Printer
  • Komputer yang dilengkapi dengan akses internet
  • Kertas karton yang bertekstur cukup tebal
  • Gunting
  • Pensil warna atau crayon
  • Pembolong kertas
  • Tali kasur atau tali karet

Manfaat Bagi Mum

Cerita adalah salah satu bentuk stimulasi bermanfaat yang dapat Mum berikan pada si Kecil di tengah kesibukan sehari-hari atau sepulang kantor di malam hari. Dengan menghabiskan waktu bersama untuk bercerita, Mum dapat menyalurkan kasih sayang, perhatian, dan dukungan pada si Kecil dengan cara yang menyenangkan dan juga hangat. Tak lupa, jadikan kegiatan ini sebagai momen untuk memantau perkembangan dan kondisi si Kecil, ya.

Manfaat Bagi si Kecil

Selain seru, ternyata mendengarkan cerita tentang pilot juga ikut menambah perbendaharaan kata si Kecil serta daya pikir dan imajinasinya. Lebih lanjut, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Pediatrics, aktivitas mendongeng secara rutin yang Mum lakukan saat ini ikut melatih kemampuan komunikasi dan bahasa si Kecil.Kegiatan mewarnai topi pilot pun juga menjadi momen yang baik baginya dalam melatih fokus serta koordinasi gerak tangan dan jari.

Info Gizi dan Nutrisi

Seperti spons, otak anak saat ini tidak berhenti menyerap informasi dan kata-kata yang Ia dengar. Maka, tak salah bila kegiatan mendongeng seperti ini kerap menjadi salah satu cara untuk membantu si Kecil dalam memahami berbagai hal baru yang ada di luar lingkungan dan kesehariannya.

Agar proses pembelajaran tersebut berjalan dengan optimal, pastikan Mum tetap rutin memberikan asupan makanan yang sesuai untuk memperkuat imunitas dan pertahanan alami dalam tubuhnya. Inilah beberapa nutrisi yang penting dalam menjaga kekebalan tubuh si Kecil:

  • Vitamin C (buah-buahan seperti pir dan jeruk)
  • Vitamin A (buah-buahan seperti tomat, apel, dan pisang)
  • Selenium (gandum, tuna, kuning telur)
  • Zat Besi (sereal, kacang-kacangan, daging sapi)

Perlindungan tubuh untuk si Kecil juga dapat dilakukan dengan rutin memberikan si Kecil susu pertumbuhan sebagai pelengkap nutrisinya. Namun, Mum harus cermat dalam memilih produk susu yang sesuai untuk kebutuhan si Kecil, salah satunya dengan memastikan kandungannya seimbang dan mudah dicerna oleh si Kecil. Susu pertumbuhan seperti Friso Gold 3 dilengkapi dengan kandungan Nukleotida, Vitamin A, C, dan E serta mineral seperti Zat Besi. Kandungan tersebut merupakan nutrisi kunci untuk mendukung daya tahan tubuh si Kecil saat ini. Melalui konsep “Grass to Glass” dalam proses produksinya, kualitas nutrisi dalam susu pun bisa terus terjaga dengan baik. Si Kecil tumbuh optimal, Ia pun siap untuk bereksplorasi lebih jauh bersama Mum!