Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ajak si Kecil Membuat Pelangi Sederhana dari Gelas

Ajak si Kecil Membuat Pelangi Sederhana dari Gelas

“Merah, kuning, hijau, biru..” Mum, si Kecil sudah semakin lihai dalam mengenali warna-warna yang sering dilihatnya, ya? Namun, tahukah ia kalau warna-warna tersebut tak hanya bisa dihasilkan oleh krayonnya saja, tapi dapat dibuat juga dari sinar matahari? Di sela-sela aktivitas hari ini, mari menambah wawasannya dengan mengajak si Kecil bereksperimen untuk membuat pelangi sederhana dari gelas di halaman rumahnya.

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Jika cuaca di luar sedang cerah dan tidak berawan, ayo ajak si Kecil membuat pelangi sederhana dengan membawa gelas kaca bening yang sudah diisi air (sekitar ½ gelas) dan sehelai kertas putih.
  2. Minta si Kecil untuk memegang kertasnya dengan erat. Sementara itu, Mum dapat mengangkat gelas setinggi 7-8 cm di atas kertas yang dipegangnya.
  3. Aturlah posisi gelas supaya sinar matahari dapat menembus kaca dan air di dalamnya dan membuat pantulan pada kertas.
  4. Mum, coba minta si Kecil untuk memerhatikan kertasnya. Samar-samar, pantulan sinar mataharinya akan menghasilkan spektrum warna yang mengagumkan. Ini tentu akan membuatnya takjub, ya.
  5. Sambil menikmati pantulan berwarna-warni yang menyerupai pelangi itu, bimbing si Kecil untuk menghitung dan menyebutkan warna apa saja yang ada di sana.
  6. Untuk memudahkan si Kecil dalam mengenal warna, yuk ajak si Kecil menyanyi lagu “Pelangi”. Saat si Kecil menyebutkan warna dalam nyanyiannya, Mum bisa membantunya dengan menunjukkan warna yang dimaksud di lagu itu.
  7. Ajak juga si Kecil untuk bergantian memegang gelas. Biarkan ia memuaskan rasa ingin tahunya dengan bereksperimen dan menggerak-gerakkan gelasnya sambil melihat perubahan yang terjadi pada pantulannya.
  8. Saat bermain, usahakan Mum tidak membawa si Kecil terlalu lama di bawah sinar matahari. Ini karena sinar UV yang terlalu lama mengenai kulit si Kecil dapat mengganggu kesehatannya. Sebagai petunjuk untuk mengetahui seberapa besar sinar UV yang diterima si Kecil, gunakan Friso UV Bracelet yang hadir dengan indikator untuk memudahkan Mum dalam mengetahui batas aman bagi kulitnya (lihat videonya di sini ).
  9. Sebagai kenang-kenangan atas aktivitas ini, jangan lupa untuk mengabadikan raut wajah takjubnya saat melihat pantulan warna tersebut ya, Mum. Bagikan juga momen istimewa ini pada halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments.


Info Pendukung Aktivitas

Sambil bermain, gunakanlah kesempatan ini untu menjelaskan kepada si Kecil tentang proses terjadinya warna-warna dari gelasnya dengan cara yang sederhana. Sebagai panduan, silahkan melihat infografis yang sudah kami siapkan pada gambar berikut ini: Membuat Pelangi Sederhana dari Gelas

Klik Gambar Untuk Mendownload Langkah Langkah

 

Selain dari gelas dan kertas, Mum juga bisa menggunakan bagian bawah kepingan CD untuk menghasilkan spektrum warna yang serupa. Caranya hampir sama. Mum tinggal memegang CD di bawah sinar matahari kemudian ajak si Kecil untuk bersiap-siap melihat pantulan berwarna-warni yang indah pada permukaan CD tersebut.

Manfaat Bagi Mum

Kegiatan bermain sambil belajar dalam suasana yang menyenangkan merupakan waktu yang baik untuk memerhatikan perkembangan si Kecil saat ini. Dengan bermain bersamanya, Mum pun dapat mengetahui lebih dekat tentang perkembangan fisik dan emosionalnya. Selain itu, eksperimen seperti ini juga bisa Mum gunakan untuk menumbuhkan minatnya pada bidang sains.

Manfaat Bagi si Kecil

Selain seru dan menyenangkan, eksperimen sederhana seperti ini juga dapat mengembangkan kemampuan kognitif si Kecil. Rasa penasaran serta perhatiannya yang serius saat mengamati warna-warna yang muncul dari gelas yang dipegangnya pun bisa ikut mengasah tingkat pemahaman si Kecil serta kemampuan berpikirnya saat ini.

Info Gizi dan Nutrisi

Perkenalannya dengan dunia sains lewat aktivitas bermain yang sederhana merupakan sarana yang baik untuk menstimulasi otaknya di masa tumbuh kembang ini. Agar otaknya dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal, peran nutrisi juga tak kalah penting. Dalam artikel di mums.bodyandsoul.com.auClare Evangelista dari Dietitians Association of Australia memberikan beberapa daftar makanan yang bisa Mum gunakan untuk menstimulasi perkembangan otaknya:

  • Makanan yang mengandung omega-3 seperti alpukat, salmon, kacang almond dan telur yang dapat membantu meningkatkan kemampuan otak.
  • Makanan dari biji serelia utuh (wholegrain) dengan kandungan vitamin B seperti roti dan bubur gandum yang bisa membantu mengembangkan daya ingatan si Kecil.
  • Telur dengan kandungan kolin yang merupakan nutrisi esensial dalam perkembangan otak.

Jangan lupa Mum, susu pertumbuhan pun memiliki peran tersendiri dalam mendukung pertumbuhannya. Kandungan seperti Nukleotida, Prebiotik, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Zink, Zat Besi, dan Selenium, yang bisa ditemukan di dalam susu akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya serta mendukung proses tumbuh kembang si Kecil saat ini. Friso Gold 3 diformulasikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi perkembangan si Kecil secara menyeluruh. Lewat proses produksi dengan konsep “Grass to Glass” , nutrisi alami yang terkandung di dalamnya pun akan tetap terjaga kualitasnya serta mudah dicerna oleh tubuh.