Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ajak si Kecil Membuat Rumah Impiannya

Ajak si Kecil Membuat Rumah Impiannya

Perkembangannya yang semakin pesat membuat si Kecil selalu bersemangat untuk beraktivitas bersama Mum. Inilah alasan mengapa ia senang bermain sepanjang hari. Apakah Mum sudah punya rencana untuk bermain bersamanya hari ini? Yuk, ajak si Kecil untuk membuat rumah-rumahan di kamar tidurnya.

Aktivasi Bersama si Kecil

  1. Mulailah membangun tiang rumah si Kecil dengan menyusun 4 buah kursi atau alat penyangga lainnya secara melingkar. Pastikan area di dalamnya cukup luas untuk tempat bermainnya. Jika sudah, tumpukkan beberapa buku besar di atas kursi atau alat penyangga tersebut agar tidak mudah jatuh
  2. Bentangkan Seprei atau kain lebar diatas kursi yang sudah Mum susun sebagai atap dari Rumah si Kecil
  3. Setelah itu, angkat sisi bawah kain dan sambungkan ke bagian atasnya dengan menggunakan peniti atau jepit jemuran. Nah, pintunya sudah jadi, Mum!
  4. Rumah si Kecil sudah hampir selesai. Bentangkan selimut sebagai alas dari rumah barunya tersebut. Mum juga bisa menggunakan Tidy Up Mat dari Friso sebagai alas bermainnya, lho. Selain nyaman, Tidy Up Mat juga dapat diubah menjadi kantung penyimpan mainan si Kecil (lihat videonya di sini ).
  5. Selesai! Mari ajak si Kecil untuk meramaikan rumahnya tersebut dengan berbagai aksesoris seperti bantal kesayangan dan mainan favoritnya.

Ini saatnya untuk bertualang di dalam rumah barunya! Bimbinglah si Kecil untuk membangun benteng dari bantal tidur untuk dipanjatnya dan ajak ia untuk merangkak bersama sambil mengelilingi rumah buatannya.

Sambil bermain, mari latih kemampuan sensoriknya lewat permainan sederhana. Matikan lampu kamarnya, lalu nyalakan lampu senter dan arahkan ke alas bermainnya. Setelah itu, mintalah si Kecil untuk mengejar dan menangkap cahaya senter itu. si Kecil tentu takjub dan penasaran dibuatnya.

Mum, jangan lupa untuk mengabadikan foto si Kecil bersama rumah impiannya tersebut. Bagikanlah momen indah ini kepada Mums lainnya pada halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments

Info Pendukung Aktivitas

Berikut adalah daftar perlengkapan yang bisa Mum siapkan:

  • Peniti atau jepit jemuran
  • Kain lebar seperti seprai (atau gunakan beberapa potong kain yang disusun menggunakan peniti atau jepit jemuran)
  • Friso Tidy Up Mat atauSelimut tidur
  • 4 buah kursi atau alat penyangga lainnya
  • Buku tebal sebagai pemberat

Manfaat Bagi Mum

Setelah sibuk beraktivitas seharian, bermain bersama si Kecil menjadi kesempatan bagi Mum untuk mengenang kembali serunya bermain di masa kanak-kanak dulu. Karenanya, jangan ragu untuk mengeluarkan kembali daya imajinasi dan sisi kanak-kanak Mum di depan si Kecil. Seperti yang diungkapkan oleh Dr. Jennifer Canter, dokter anak dan founder dari Play This Way Everyday, orang tua tidak perlu khawatir apakah ia sudah menjadi teman bermain yang ideal bagi si Kecil atau belum, yang penting nikmati waktu bermain dengannya sebaik mungkin.

Bermain berdua dalam suasana yang intim juga dapat Mum manfaatkan untuk mengetahui lebih dekat proses perkembangan si Kecil. Aktivitas ini pun akan ikut mempererat hubungan emosional antara Mum dan si Kecil.
 

Manfaat Bagi si Kecil

Saat bermain, Mum akan melihat si Kecil membungkuk dan mengambil barang serta mengikuti instruksi Mum dengan seksama. Tingkah lakunya ini tidak hanya menggemaskan, tapi juga menjadi tanda bahwa ia sedang mengasah kemampuan motorik dan pemahamannya. Begitu pula dengan atkvitias bermain mengejar cahaya senter dalam gelap bersamanya. Selain ikut melatih koordinasi mata dan tangannya, aktivitas permainan ini dapat menjadi langkah awal untuk membangun keberaniannya.
 

Info Gizi & Nutrisi

Bermain secara aktif sangatlah dibutuhkan si Kecil untuk melatih kemampuan barunya. Untuk mendukung aktivitas bermainnya, pastikan Mum selalu memberikan menu kaya nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya saat ini. Menurut situs Livestrong.com, anak usia 1 tahun setidaknya membutuhkan 900 kalori setiap harinya. Alpukat merupakan salah satu sumber kalori yang baik bagi si Kecil. Kombinasi kandungan kalori dan lemak tak jenuh di dalamnya membuat buah ini menjadi salah satu makanan yang dianjurkan di masa proses tumbuh kembang si Kecil saat ini.
 

Selain kalori, si Kecil juga membutuhkan protein untuk dapat berkembang dengan optimal di masa pertumbuhannya. Hal ini dikarenakan protein memiliki peran penting dalam membentuk sel-sel tubuhnya saat ini. Kandungan tersebut bisa Mum temukan dalam susu pertumbuhan seperti Friso Gold 3. Dengan proses produksinya yang memakai konsep “grass to glass”, nutrisi alami yang terkandung di dalamnya pun menjadi lebih mudah untuk dicerna.