Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ajak si Kecil Mengenal Keluarga dengan Bernyanyi Bersama

Kehadiran si Kecil sebagai anggota baru di dalam rumah saat ini tentunya menjadi pusat perhatian bagi seluruh keluarga. Matanya yang selalu berbinar dan tubuh mungilnya yang menggemaskan membuat seisi rumah selalu tak sabar untuk mengajaknya bermain bersama. Saat ini, Mum mungkin masih menjadi orang terdekat baginya. Namun, di usianya sekarang, si Kecil biasanya sudah bisa mengenal raut wajah dan suara anggota keluarga yang setiap hari ditemuinya. Mum, di sela-sela aktivitas hari ini, mari ajak dirinya untuk mengenal lebih dekat seluruh anggota keluarga di rumah dengan bernyanyi bersama.

Aktivitas Bersama si Kecil.

  1. Ayo bernyanyi bersama seluruh anggota keluarga! Silahkan download terlebih dahulu lagu yang sudah kami siapkan di bagian Info Pendukung Aktivitas.

    Sebelum memulai permainan, ajaklah seluruh anggota keluarga untuk berkumpul dan duduk bersama.

    Sudah siap, Mum? Mari putar lagunya! Mintalah Dad dan anggota keluarga yang lain untuk menyimak lirik lagu dengan seksama, lalu segera berdiri sambil mengangkat tangan dengan semangat setiap kali mereka disebutkan dalam lagu tersebut.

  2. Bimbinglah si Kecil untuk memperhatikan Dad atau anggota keluarga lain saat berdiri. Kenalkan masing-masing anggota keluarga kepadanya dengan menunjukkan jari dan memberikan penjelasan sederhana seperti,”Itu kakak kamu” atau “Wah, Dad sedang berdiri.”

  3. Apa Dad dan anggota keluarga yang lain sudah hafal dengan lirik lagunya? Kalau begitu, ayo ajak seluruh keluarga untuk bernyanyi sambil bertepuk tangan bersama si Kecil. Saat bernyanyi, mintalah ia untuk menunjukkan jarinya kepada setiap anggota keluarga yang berdiri. Jika ia terlihat kesulitan, berikan bantuan dengan ikut membimbing gerakan tangannya saat menunjuk.

    Mum, abadikan keceriaan si Kecil dan seluruh anggota keluarga saat bernyanyi bersama. Rekaman tersebut tentu akan menjadi kenangan yang indah saat ia sudah besar nanti.

Manfaat Bagi Mum

Kehadiran si Kecil yang masih membutuhkan perhatian dan kasih sayang seringkali membuat Mum harus menghabiskan sebagian besar waktu untuknya. Oleh sebab itu, mari manfaatkan aktivitas ini untuk kembali meluangkan waktu berkualitas serta mempererat hubungan dengan seluruh anggota keluarga di rumah. Keluarga yang bahagia tentunya merupakan modal utama dalam membesarkan anak yang bahagia pula.

Manfaat Bagi si Kecil

Bermain bersama keluarga dalam suasana menyenangkan menjadi kesempatan yang baik bagi si Kecil untuk mengenal masing-masing anggota keluarganya secara dekat. Interaksinya bersama keluarga ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk perkembangan kemampuan sosialnya nanti.

Walaupun saat ini si Kecil belum bisa bernyanyi dengan sempurna, mendengarkan musik dapat ikut mendorong perkembangan kemampuan kognitif dan daya ingatan milik si Kecil. Selain itu, menyanyi pun menjadi sarana yang baik baginya untuk belajar tentang ritme dan ketukan.

Info Gizi Nutrisi

Sistem pencernaannya yang masih belum sempurna, seringkali membuat si Kecil seringkali mengalami konstipasi atau sembelit saat ini. Apalagi, ia mungkin belum terbiasa dengan makanan pendamping ASI-nya.

Mum, jangan biarkan gangguan kesehatan ini menghalangi waktu bersenang-senangnya bersama keluarga. Untuk membantu mengurangi konstipasi, Jay L. Hoecker, M.D., dari Department of Pediatric and Adolescent Medicine di Mayo Clinic menyarankan agar Mum rutin memberikan air putih atau jus apel dan pir murni untuknya . Selain itu, pilihlah sereal barley atau oatmeal yang kaya akan serat sebagai makanan pendamping ASI untuk membantu memperlancar proses buang air besarnya.