Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Ajari Anak 6 Langkah Mencuci Tangan untuk Antisipasi Corona

Ajari Anak 6 Langkah Mencuci Tangan untuk Antisipasi Corona

Saat ini virus corona tengah menjadi pandemi di seluruh dunia. Virus corona sendiri merupakan kelompok virus yang menyerang saluran pernapasan. Gejala yang ditimbulkan virus corona bisa berupa flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti pneumonia. Virus ini sangat menular sehingga bisa menjangkit siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak.

Virus ini sebenarnya tidak bertahan lama di udara maupun benda, namun kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan tangan bisa mendukung penyebarannya. Itulah sebabnya penting bagi Mums untuk mengajari si Kecil akan pentingnya mencuci tangan.

Cuci tangan secara rutin setelah melakukan berbagai aktivitas menjadi salah satu upaya untuk mengantisipasi virus corona. Sayangnya, tak banyak anak-anak yang mengetahui cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Di sinilah Mums memiliki peran penting untuk mengarahkan si Kecil cara mencuci tangan dengan tepat. Mums bisa mengajari si Kecil 6 langkah cuci tangan yang benar seperti rekomendasi World Health Organization (WHO) berikut ini.

Basahkan Kedua Tangan dan Beri Sabun Secukupnya

Ajari Anak 6 Langkah Mencuci Tangan untuk Antisipasi Corona

Ajari si Kecil untuk tahu kapan ia perlu mencuci tangan dengan rutin. Caranya, biasakan si Kecil untuk mencuci tangan setiap sebelum dan selesai melakukan sesuatu seperti saat makan, menggunakan toilet, menyentuh binatang, membuang sampah, bermain di luar ruangan, mengganti popok, dan sebagainya. Langkah awal dari 6 langkah mencuci tangan adalah membasahi tangan dan membubuhkan sabun pada tangan.

Gosok Kedua Telapak Tangan

Langkah kedua dari 6 langkah mencuci tangan yaitu menggosok kedua tangan menggunakan sabun. Sabun dinilai efektif daripada air saja karena surfaktan dalam sabun dinilai bisa mengangkat kotoran atau kuman dari kulit dengan lebih maksimal. Oleh karena itu, banyak orang cenderung memilih menggosok tangan secara lebih menyeluruh dengan menggunakan sabun.

Gosok Punggung Tangan

Ajari Anak 6 Langkah Mencuci Tangan untuk Antisipasi Corona

Saat mencuci tangan, jangan lupa untuk menggosok punggung tangan secara menyeluruh menggunakan sabun. Langkah ini kerap diabaikan anak-anak ketika sedang mencuci tangan. Padahal, menggosok punggung tangan menjadi langkah ketiga dari 6 langkah mencuci tangan yang tidak boleh Anda sepelekan begitu saja. Jadi, jangan lupa ajari si Kecil untuk mulai mencuci punggung tangan ya Mums!

Bersihkan Sela-Sela Jari

Bakteri dan virus sering menempel di sela-sela jari dan di bawah kuku. Jadi, jangan lupa membersihkan sela-sela jari sebagai 6 langkah mencuci tangan dengan benar. Bersihkan sela-sela jari dengan cara menyabuni dan menggosoknya hingga menciptakan gesekan. Cara tersebut dapat membantu mengangkat kotoran, minyak, dan mikroba termasuk virus corona dari kulit.

Gosok Bagian Belakang Jari

Ajari Anak 6 Langkah Mencuci Tangan untuk Antisipasi Corona

Seperti yang Mums ketahui, jari-jari tangan merupakan bagian tangan yang paling sering bersentuhan dengan banyak hal. Dengan demikian, Mums perlu mengajari si Kecil untuk menggosok bagian belakang jari-jari tangan saat mencuci tangan. Langkah kelima dari 6 langkah mencuci tangan ini tidak boleh Mums abaikan begitu saja. Jangan lupa gunakan sabun setiap mencuci tangan. Jika memungkinkan pilihlah sabun yang memiliki kandungan anti bakteri.

Bersihkan Ujung Jari Tangan

Langkah terakhir dari 6 langkah mencuci tangan sesuai rekomendasi WHO yaitu membersihkan ujung jari tangan. Perlu Mums ketahui, ujung jari tangan adalah bagian yang paling memungkinkan untuk virus atau bakteri bersembunyi di kulit tangan si Kecil. Terlebih, jika bakteri atau virus tersebut tertutup oleh kuku. Maka dari itu, jangan abaikan untuk menggosok bagian ini ketika sedang mencuci tangan, terutama pada si Kecil, yang kerap mencuci tangan dengan asal-asalan. Setelah melakukan langkah ini, bilas tangan hingga bersih lalu keringkan.

Itulah 6 langkah mencuci tangan yang wajib Mums ketahui, kemudian jangan lupa untuk mengajarkannya kepada si Kecil. Hingga saat ini, mencuci tangan menjadi salah satu cara ampuh untuk mengantisipasi penularan virus corona. Bantu si Kecil agar tetap sehat dan terhindar dari virus corona dengan mendorongnya agar sering mencuci tangan. Mums bisa mempraktikkan 6 langkah mencuci tangan di atas kepada si Kecil, lalu membiarkan ia mencoba langkah tersebut sendiri. Selain mencuci tangan, Mums juga perlu mengajari si Kecil untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah dan berinteraksi dengan orang lain.

Baca Juga: Mencuci Tangan, Kebiasaan Sederhana dengan Manfaat Luar Biasa

Nantinya, kebiasaan mencuci tangan yang telah Mums tanamkan bisa meningkatkan kesadaran si Kecil akan pentingnya kebersihan. Dengan menyadari pentingnya kebersihan, maka ia akan mulai menerapkan dan membiasakan gaya hidup sehat. Hal tersebut tentu menjadi bekal yang baik untuk kehidupannya di masa mendatang.

Selain menanamkan pentingnya menjaga kebersihan dan pola hidup sehat pada si Kecil, jangan lupa juga memenuhi asupan gizinya sebagai upaya agar daya tahan tubuh si Kecil tetap terjaga. Mums bisa memberikan Friso Gold 4  untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya. Friso Gold 4 dengan teknologi Locknutri, membuat kandungan nutrisi dan gizi yang terkandung dalam susu terjaga kualitas alaminya, sehingga mudah diserap dan dicerna oleh tubuh si Kecil, serta membantunya kuat dari dalam. Beri asupan terbaik untuk si Kecil agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga dan proses tumbuh kembang semakin optimal.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang