Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Ajari si Kecil Cara Pakai Masker untuk Menghadapi New Normal

Ajari si Kecil Cara Pakai Masker untuk Menghadapi New Normal

Di era new normal sekarang ini, menggunakan masker menjadi satu hal pokok yang harus dilakukan setiap orang, tidak terkecuali anak-anak. Penggunaan masker sendiri dapat mengurangi jumlah droplet yang keluar dan mungkin terhirup secara signifikan, maka dari itu penting untuk si Kecil mengetahui cara pakai masker yang benar. But first, bagaimana jika si Kecil belum mau memakai masker?

Tentu menjadi tugas Mums untuk memberikan pemahaman mengenai kondisi saat ini secara sederhana, sekedar agar si Kecil menggunakan masker dalam aktivitasnya. Cara-cara sederhana juga bisa dilakukan agar si Kecil mau memakai masker demi menjaga keselamatannya. Mulai dari memberikan pilihan masker sampai mengajarkan cara pakai masker yang benar, berikut trik agar si Kecil mau memakai masker.

Memilih Masker Kesukaan atau Membuat Sendiri

Ajari si Kecil Cara Pakai Masker untuk Menghadapi New Normal

Biasanya anak-anak akan memiliki satu tokoh favorit dalam serial yang ditontonnya. Mums bisa menyiasati hal ini sebagai pola yang digunakan pada masker si Kecil. Ketika ia tertarik dengan masker bergambar tokoh favorit, bisa jadi muncul rasa ingin menggunakan masker.

Selain itu, Mums juga dapat mengajaknya membuat masker sendiri di rumah. Tentu saja, dengan harapan yang sama, Mums malah bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama si Kecil sekaligus mengajarkan hal baru. Kedua cara ini sama-sama direkomendasikan agar si Kecil siap menghadapi new normal.

Menjelaskan secara Sederhana

Situasi pandemi yang saat ini dihadapi seluruh dunia mengharuskan setiap orang beradaptasi agar tetap dapat beraktivitas dengan resiko seminimal mungkin. Tentu saja hal ini tidak akan mudah dipahami oleh si Kecil. Mums bisa menjelaskan dengan cara yang lebih sederhana agar si Kecil paham urgensi penggunaan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Jelaskan bahwa kini virus seperti flu yang lebih berbahaya bisa mengancam kesehatan kita semua. Untuk mengurangi resiko terinfeksi, cara sederhana adalah dengan menggunakan masker. Tentu saja, yakinkan si Kecil bahwa penggunaan masker juga akan membuatnya semakin modis dan keren agar ia memiliki motivasi lebih besar menggunakan perangkat perlindungan diri ini.

Berikan Contoh Cara Pakai Masker

Ajari si Kecil Cara Pakai Masker untuk Menghadapi New Normal

Mungkin mudah untuk orang dewasa seperti Mums memakai masker dalam kegiatan sehari-hari, namun dengan kemampuan koordinasi tangan dan jari si Kecil yang belum sempurna, hal ini bisa jadi satu tantangan untuknya. Ada baiknya Mums mengajari si Kecil cara pakai masker yang benar agar bisa melindungi bagian hidung dan mulutnya.

Pertama, sediakan masker yang bersih. Kemudian minta si Kecil memegang kedua bagian tali masker (atau yang memiliki lubang pada masker tipe scuba). Selanjutnya, arahkan lubang tali pada bagian telinga, dengan bagian belakang masker menghadap ke wajah si Kecil. Selipkan tali tersebut di telinga, dan pastikan bagian masker menutupi area bawah mata sampai dengan bawah dagu si Kecil.

Pastikan Masker Nyaman Digunakan

Hal yang sepele namun sangat penting, adalah memastikan masker yang dipakai si Kecil nyaman digunakan. Artinya, bahannya tidak membuat gerah atau panas, serta tali tidak terlalu kencang atau sebaliknya. Anak-anak yang masih asing dengan masker yang digunakan di bagian wajah ini biasanya akan merasa terganggu pada saat belajar cara pakai masker yang benar.

Mums bisa memilih kain yang nyaman digunakan serta mengukur kira-kira seberapa panjang tali yang diperlukan. Sangat direkomendasikan memilih tali dengan bahan yang elastis agar lebih mudah dan nyaman digunakan.

Jangan Ragu untuk Berlatih Di Rumah

Ajari si Kecil Cara Pakai Masker untuk Menghadapi New Normal

Melatih cara pakai masker yang benar bisa dilakukan ketika Mums dan si Kecil berada di rumah. Keadaan rumah memang cenderung lebih kondusif daripada keadaan di luar rumah, namun untuk membiasakan pemakaian masker Mums bisa juga meminta si Kecil menggunakannya di rumah selama beberapa saat.

Membiasakan si Kecil melakukan satu hal tertentu adalah cara paling mudah menanamkan kebiasaan padanya. Dengan terbiasa menggunakan masker, mencuci tangan, dan menerapkan protokol kesehatan lainnya, si Kecil dapat turut membantu menghambat penyebaran virus yang saat ini melanda Indonesia.

Baca Juga : Bagaimana Mencegah dan Mengobati Cacingan? Simak Selengkapnya Di sini ya Mums!

Membiasakan cara pakai masker yang benar dan mengajarkannya pada si Kecil secara perlahan akan jadi waktu yang berkualitas untuk Mums dan si Kecil. Pada saat yang bersamaan, Mums dapat mempersiapkan si Kecil menghadapi new normal yang kini mulai diterapkan oleh pemerintah. Tentu saja, pembelajaran dan pembiasaan ini akan memerlukan waktu. Namun jika dilihat dari tujuannya, rasanya waktu yang dihabiskan akan benar-benar bermanfaat untuk jangka panjang.

Mengenalkan cara pakai masker adalah satu hal penting dari protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Tentu, dalam menghadapi new normal Mums juga wajib memenuhi kebutuhan nutrisinya. Tak hanya agar ia tumbuh optimal namun juga agar si Kecil memiliki daya tahan tubuh yang baik untuk menangkal resiko infeksi virus jahat. Berikan makanan bernutrisi dan Friso Gold 4 untuk menunjang pemenuhan nutrisi hariannya. Friso dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.