Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ajarkan Makna Valentine pada si Kecil Melalui Aktivitas Ini

Ajarkan Makna Valentine pada si Kecil Melalui Aktivitas Ini

Hari Valentine umumnya dirayakan dengan memberikan hadiah atau makan malam bersama orang terkasih. Namun mengingat si Kecil kini telah hadir di tengah-tengah Mum dan Dad, yuk rayakan hari Valentine dengan cara yang berbeda! Mum bisa mengisi momen hari kasih sayang dengan melakukan beragam aktivitas seru bertema Valentine bersama si Kecil.Tidak hanya membuatnya lebih aktif, berbagai kegiatan ini juga bisa menjadi cara untuk mengajarkan makna Valentine padasi Kecil. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Membuat Dekorasi dari Kertas

Merayakan Valentine tentutidak lengkap tanpa dekorasi berbentuk hati. Oleh karena itu, ajak si Kecil untukmembuatnya, yuk! Pertama-tama, siapkan perlengkapan seperti kertas warna,pensil, benang jahit, dan gunting. Kemudian, ajak si Kecil untuk menggambar bentuk hati di setiap lembar kertas warna, lalu mengguntingnya sesuai lekukan garis.Selanjutnya, beri lubang pada masing-masing kertas yang sudah digunting, dan buat menjadi sebuah rangkaian menggunakan benang jahit seperti bendera. Setelah selesai, hiasan kertas berbentuk hati ini bisa Mum pasang di depan pintu,dinding, dan area rumah lainnya.

Membuat Kartu Ucapan

Membuat kartu ucapan untuk setiap anggota keluarga juga bisa dilakukan guna mengisi momen Valentine bersama si Kecil. Untuk itu, siapkan kertas warna berukuran A4, gunting, lem, spidol,serta aneka pernak-pernik seperti pita dan manik-manik. Mulai kegiatan inidengan melipat kertas warna menjadi dua bagian. Kemudian, ajarkan makna hari kasih sayang pada si Kecil dengan memintanya untuk menuliskan alasan mengapa ia menyayangi Mum, Dad, dan anggotakeluarga lainnya. Jika ia merasa kesulitan saat melakukan hal ini, jangan ragu untuk segera membantunya ya, Mum. Selanjutnya, ajak si Kecil menghias kartu denganmenempelkan berbagai pernak-pernik yang sudah disiapkan sebelumnya. Setelah selesai, ia pun bisa langsung memberikan kartu ucapan buatannya kepada masing-masing anggota keluarga.

Menonton Film Bersama

Merayakan hari kasih sayang juga bisa dilakukan dengan aktivitas sederhana lho, Mum, yaitu bersantai bersama keluarga sambil menonton film bertema kasih sayang, kebersamaan, dan persahabatan. Namun, pilih film yang memang diperuntukkan bagi anak seusianya,ya; misalnya Finding Nemo, Shrek, Up, dan Toys Story. Melalui aktivitas ini, siKecil tidak hanya belajar tentang kasih sayang, tapi juga dapat merasakan makna Valentine yang sebenarnya, yaitu kebersamaan dengan orang-orang terdekat.

Menikmati Sajian Khas Valentine

Selain warna merah muda dan bentuk hati, cokelat juga menjadi hal yang identik dengan hari Valentine.Oleh karena itu, yuk lengkapi perayaan Valentine Mum bersama si Kecil dengan menikmati sajian yang terbuat dari cokelat! Mulai dari puding coklat susubrowniescupcakeschoco lava,hingga choco milkshake bisa Mum sajikan untuk dinikmati oleh si Kecil.

Itulah beberapa aktivitas yang bisaMum lakukan bersama si Kecil untuk merayakan hari kasih sayang. Makna Valentine pun bisa lebih dirasakan oleh si Kecil jika Mum melakukan kegiatan di atas dengan sepenuh hati.