Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Aktivitas Fisik Di Masa Pandemi? Mums Perlu Lihat Di Sini!

Aktivitas Fisik Di Masa Pandemi? Mums Perlu Lihat Di Sini!

Aktivitas fisik yang intens sebagai stimulus wajib tumbuh kembang si Kecil harus tetap diberikan, meski tengah berada di suasana new normal. Tentu, hal ini akan menjadi tantangan baru untuk Mums, untuk tetap bisa memberikan stimulus dan rangsangan tumbuh kembang optimal, bersamaan dengan perlindungan maksimal pada kesehatan si Kecil.

Aktivitas fisik yang dilakukan si Kecil biasanya akan banyak terhambat. Bermain di taman, jelas tidak mungkin, bermain bersama teman-temannya, akan perlu banyak adaptasi dan penggunaan masker, atau sekedar berjalan-jalan saja di sekitar komplek, harus pula menggunakan masker dan menaati protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Daya Tahan Tubuh si Kecil

Aktivitas Fisik Di Masa Pandemi? Mums Perlu Lihat Di Sini!

Berbagai penyesuaian dan adaptasi yang dilakukan semata karena daya tahan tubuh si Kecil yang belum bisa bekerja dengan optimal, tidak seperti pada orang dewasa. Ini mengapa, banyak sekali aktivitas fisik yang harus terhambat, yang mungkin tadinya bisa dilakukan dengan leluasa.

Di waktu yang sama, daya tahan tubuh si Kecil akan terbentuk dengan baik jika ia memiliki mood yang ceria dan aktivitas fisik yang intens. Tentu, Mums kemudian harus memutar otak agar semua dapat berjalan dengan baik. Tujuannya hanya satu, si Kecil mendapat stimulus yang baik dan tetap meminimalisir resiko penularan virus berbahaya.

Selain aktivitas fisik dan mood yang baik Mums juga tetap wajib memberikan makanan bernutrisi lengkap. Nutrisi yang ada di dalam makanan akan jadi bahan bakar utama untuk tenaga, tumbuh kembang, serta pembentukan daya tahan tubuh. Jika diperlukan, Mums bisa menambahkan susu formula tau multivitamin sesuai dengan rekomendasi dokter kepercayaan Mums.

Aktivitas Fisik Apa yang Bisa Dilakukan?

Aktivitas Fisik Di Masa Pandemi? Mums Perlu Lihat Di Sini!

Nah mungkin pertanyaan utama adalah pertanyaan tersebut. Dengan segala pembatasan yang dilakukan demi meminimalisir resiko penyebaran, aktivitas fisik apa yang bisa dilakukan di area rumah?

Tentu aktivitas seperti bersepeda atau berjalan-jalan tidak mungkin dilakukan, jika Mums tidak memiliki halaman yang cukup luas. Namun ini tidak berarti Mums tidak dapat mengajak si Kecil beraktivitas fisik dengan optimal. Sederet kegiatan yang melibatkan gerakan fisik bisa tetap dilakukan bersama demi menjaga mood dan memberikan stimulus untuk tumbuh kembang fisik si Kecil.

Pertama, Mums bisa mengajak si Kecil membereskan rumah bersama-sama. Aktivitas sederhana seperti merapikan barang, menyapu, mengepel, membersihkan perabotan, bisa jadi aktivitas yang baik untuk membantu si Kecil terus menggerakkan tubuh. Meski terlihat sangat mudah, gerakan yang dilakukan bisa jadi stimulus untuk tumbuh kembangnya.

Selanjutnya, mungkin Mums bisa membuatkan lintasan halang rintang di dalam rumah. Terdengar sulit? Tidak juga, karena berbagai alat dan bahan yang ada di rumah bisa dimanfaatkan. Buat lintasan yang memiliki halaman dan rintangan, serta mengharuskan si Kecil terus berpindah dari satu titik ke titik lain. Halangannya beragam, mulai dari setumpuk bantal, lintasan berkelok, naik dan turun sofa, hingga merangkak di bawah meja. Selain jadi stimulus yang efektif, hal ini juga bisa memberikan mood baik karena si Kecil akan merasakan keseruan bermain.

Masih banyak lagi aktivitas yang bisa dilakukan untuk membantu si Kecil tumbuh dengan optimal, serta memiliki mood ceria sepanjang hari. Satu hal yang disarankan, adalah buatlah jadwal kegiatan agar si Kecil juga bisa berlatih disiplin mengikuti jadwal tersebut. Terlebih jika si Kecil sudah melakukan school from home, penjadwalan jadi krusial demi melatih ia menjadi pribadi yang disiplin.

Menjaga Kebersihan dan Higienitas

Aktivitas Fisik Di Masa Pandemi? Mums Perlu Lihat Di Sini!

Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin di rumah bisa berjalan optimal dan memberikan efek stimulus tumbuh kembang yang baik jika dilakukan dalam keadaan yang bersih dan higienis. Tentu akan sedikit sia-sia rasanya jika Mums mengupayakan si Kecil bergerak aktif jika kebersihan rumah kurang terjaga. Hal ini justru bisa memicu terjadinya gangguan kesehatan karena kuman yang masuk ke dalam tubuhnya.

Membersihkan rumah secara rutin dengan cairan desinfektan wajib menjadi rutinitas yang dilakukan demi menjaga agar area rumah tetap bersih dan terjaga. Bersamaan dengan itu, Mums juga wajib memberikan makanan dan minuman yang dimasak hingga matang, disajikan dengan rapi dan higienis, serta bernutrisi lengkap. Setidaknya ketika setiap hal dalam poin ini dilakukan, Mums sudah melakukan langkah pencegahan penyebaran virus jahat yang senantiasa mengancam si Kecil, dan melindungi kesehatan si Kecil secara proaktif.

Baca Juga : Pastikan Jam Tidur Anak Ideal dan Berkualitas demi Tumbuh Kembangnya

Aktivitas fisik menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan dalam daftar stimulus yang diberikan pada anak-anak di masa tumbuh kembang. Dengan stimulus intens, tubuh si Kecil bisa benar-benar tumbuh optimal, sekaligus menjaga agar daya tahan tubuhnya terbangun dengan sempurna. Untuk memastikan daya tahan tubuh, mood, serta tumbuh kembangnya optimal, selalu cukupi kebutuhan nutrisi hariannya ya Mums. Berikan juga Friso Gold 4. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas nutrisi alami sehingga mudah diserap tubuh si Kecil. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan lihat ia tumbuh tinggi, kuat, dan cerdas!

 

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang