Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Aktivitas untuk Menanamkan Jiwa Pahlawan pada si Kecil

Aktivitas untuk Menanamkan Jiwa Pahlawan pada si Kecil

Ya, pahlawan kecil Mum kini sudah beranjak satu tahun. Selain fisik, kemampuan kognitifnya pun berkembang dengan pesat. Ia terus belajar melakukan hal baru dengan mendengar dan melihat segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Guna mendukung perkembangannya, yuk, latih ia dengan aktivitas bercerita!

Selain dapat menambah kosakata si Kecil, cerita juga bisa menjadi media untuk menanamkan kebiasaan positif pada kesehariannya. Penasaran? Yuk, kita lihat tipsnya berikut ini!

Aktivitas yang bisa dilakukan

Download enabler ini sekarang yuk, Mum! Download

  1. Tempat Aktivitas

    Tempat Aktivitas

    Cari sudut rumah yang nyaman untuk melakukan sesi bercerita, seperti kamar tidur atau ruang keluarga. Siapkan juga buku cerita berisi aktivitas di rumah yang bisa dilakukan si Kecil untuk menjadi pahlawan Mum, seperti mengembalikan mainan pada tempatnya, atau tidak membuang sampah sembarangan.

  2. Persiapan

    Persiapan

    Guna membantu si Kecil lebih memahami isi cerita, Mum bisa membuat buku cerita sendiri, lho. Kreasikan aktivitas si Kecil menjadi gambar pop-up yang unik agar ia lebih tertarik untuk melihat dan mendengarkan cerita dari buku yang Mum buat.

  3. Memulai Aktivitas

    Mulai kegiatan ini dengan menceritakan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh si Kecil untuk menjadi pahlawan cilik kesayangan Mum, seperti membereskan mainan, atau membuang sampah pada tempatnya. Dengan gambar pop-up warna-warni serta cerita seru yang Mum buat, si Kecil akan lebih tertarik untuk menirukan perilaku positif dalam buku tersebut.

  4. Berikan Si Kecil Kesempatan

    Berikan si Kecil Kesempatan

    Pada saat sesi bercerita, berikan si Kecil kesempatan untuk membuka lembar demi lembar buku ya, Mum. Selain agar ia bisa memilih sendiri gambar yang ingin diceritakan, aktivitas tersebut juga bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik halus tangannya.

  5. Abadikan Moment Ini

    Ketika melakukan sesi bercerita bersama si Kecil, minta Dad atau anggota keluarga lain untuk mengabadikan momen seru ini ya, Mum. Lalu, jadikan inspirasi bagi Mums lainnya dengan membagikannya melalui FB page Friso Indonesia atau Twitter @FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments.