Lompat ke isi utama
Amankah Hiking di Masa Kehamilan?

Amankah Hiking di Masa Kehamilan?

Trimester 2 disebut-sebut sebagai masa-masa paling nikmat selama kehamilan. Ya, setelah tubuh perlahan-lahan mulai bisa beradaptasi, kini energi Mum sudah terisi kembali dan siap menghadapi hari! Oleh karena itu, di musim liburan ini, bagaimana kalau kita mengisi waktu luang dengan mendaki pegunungan yang sejuk? Menyatu dengan alam sambil menghirup udara segar bersama Dad dan si Kecil tentu menyenangkan, bukan? Yuk, ikuti tipsnya di bawah ini.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

  1. Diskusikan rencana Mum terlebih dahulu dengan dokter kandungan untukmemastikan Mum dapat melakukan kegiatan ini.
  2. Siapkan perlengkapan untuk hiking nanti, seperti baju olahraga yang nyaman, sepatu, hiking poles, serta camilan dan MP3 player untuk menemani aktivitas Mum nanti.
  3. Pastikan Mum sudah memiliki map dan tahu jarak masing-masing pos pemberhentian.
  4. Pilih pegunungan dengan rute yang tidak curam serta memiliki jalur yang ramai dan mudah dilewati (misalnya, tidak harus melewati bebatuan besar).
  5. Sebelum mulai hiking, lakukanlah pemanasan dan pendinginan agar terhindar dari cedera otot.
  6. Jangan lupa abadikan juga momen seru saat hiking ini ke dalam foto dan video ya, Mum. Lalu, share pengalaman Mum ke FB page Friso Indonesia atau Twitter @FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments.

Info Pendukung Aktivitas

Inilah daftar perlengkapan yang bisa Mum siapkan untuk aktivitas hiking nanti:

  1. Baju olahraga dan sepatu hiking yang nyaman.
  2. Hiking poles untuk membantu mendaki nanti.
  3. Sunscreen lotion yang aman bagi Ibu hamil.
  4. Camilan dan minuman secukupnya yang bisa memberikan energi ekstra, seperti kombinasi protein & karbohidrat (misalnya granola bar, pisang dengan peanut butter, dan kacang-kacangan)
  5. MP3 player atau smartphone berisi playlist lagu-lagu favorit Mum.

Manfaat Bagi Mum

Menghirup udara segar sambil menikmati keindahan alam bersama orang yang paling dicintai akan ikut menyegarkan kembali tubuh dan pikiran Mum saat ini. Kebahagiaan ini tentunya dirasakan pula oleh si Kecil di dalam kandungan. Menariknya lagi, aktivitas mendaki yang Mum lakukan pun dapat melancarkan peredaran darah sehingga tubuh Mum bisa lebih fit lagi.

Manfaaat Bagi si Kecil

Tahukah Mum, saat mendaki nanti, tidak hanya tubuh Mum saja yang akan bertambah kuat, jantung si Kecil pun jadi lebih sehat. Ya, seperti yang dikutip dari situs Livescience.com,sebuah penelitian menemukan bukti kalau sering berolahraga ternyata dapat ikut memperlambat detak jantung pada janin yang merupakan indikasi kalau jantungnya berada dalam kondisi sehat, Mum.

Baca juga: Perkembangan Janin di Minggu Terakhir dan Persiapan Melahirkan

Info Gizi dan Nutrisi

Sebelum memulai perjalanan, pastikan Mum sudah mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan sajian sarapan penuh gizi. Kombinasi protein dan karbohidrat kompleks bisa dijadikan pilihan untuk mengisi tubuh Ibu dengan energi yang berlimpah. Protein bisa Ibu temukan dalam makanan seperti telur, salmon, dan kacang-kacangan. Sementara itu, karbohidrat kompleks yang dapat membantu meningkatkan energi bisa Ibu dapatkan dari jenis makanan seperti buah segar, sereal dan roti gandum, serta kentang rebus yang tidak dikupas kulitnya.

Lengkapi juga kebutuhan protein Mum dengan rutin minum susu khusus ibu hamil setiap hari.Selain bermanfaat untuk menambah energi, protein pun menjadi salah satu nutrisi penting yang dapat membantu pertumbuhan sel pada tubuh janin.

Untuk membantu Mum memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari, Frisomum Gold diperkaya dengan protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini memungkinkan karena Friso diproduksi dengan Single Process dimana susu tidak diproses dan dipanaskan secara berlebihan sehingga kualitas nutrisinya tetap terjaga serta dapat mudah diserap tubuh. Dengan begitu, Mum bisa menikmati manfaat nutrisinya dengan optimal.