Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Anak 1 Tahun dan Perkembangannya yang Mengagumkan

Anak 1 Tahun dan Perkembangannya yang Mengagumkan

Seru ya melihat si Kecil saat ini, karena beberapa kata kini mulai sering terucap dari mulut kecilnya. Padahal, sebelumnya ia hanya bisa menangis jika menginginkan sesuatu. Pada usianya sekarang, ia memang sedang mengalami perkembangan yang luar biasa, baik dari segi fisik, motorik, kognitif, verbal, dan sosialnya. Lalu, apa saja perubahan yang dapat membuat Mum berdecak kagum?

Pertumbuhan Fisik

Didukung dengan asupan nutrisi dari makanan sehat dan susu anak 1 tahun, Mum akan menyaksikan pertumbuhan yang luar biasa. Berat badan si Kecil akan bertambah hingga tiga kali lipat dari bobotnya ketika lahir. Begitu pula dengan tinggi badannya, yang bisa mencapai 23-28 cm. Meskipun begitu, peningkatan berat badannya akan melambat seiring dengan aktivitas yang semakin meningkat. Pertumbuhan fisik si Kecil juga diikuti dengan perkembangan otaknya, yang kini berukuran 60% dari ukuran otak orang dewasa.

Kemampuan Motorik Kasar

Perkembangan balita bisa dilihat dari peningkatan aktivitas otot lengan dan kakinya, yang menandakan bahwa kemampuan motorik kasarnya semakin berkembang. Sekarang si Kecil bisa melakukan berbagai macam hal, seperti bangun ke posisi duduk, merangkak, berdiri dengan bantuan, hingga berjalan sambil berpegangan pada perabot rumah. Mengingat ia kini gemar menjelajahi seisi rumah, sebaiknya singkirkan barang-barang yang bisa membahayakannya ya, Mum, seperti barang pecah belah dan benda tajam.

Kemampuan Motorik Halus

Jangan kaget ya, Mum, ketika si Kecil sering meraih berbagai benda yang dianggapnya menarik. Keterampilan motorik halus yang kian berkembang membuatnya mampu mengendalikan jari-jari mungilnya dengan lebih baik. Hal ini juga memungkinkan ia melakukan berbagai hal lain menggunakan tangannya, seperti mengambil kotaksusu balita kesukaannya, memasukkan benda ke dalam wadah, mencorat-coret menggunakan krayon, membuka tutup toples, hingga makan sendiri menggunakan tangan.

Kemampuan Kognitif

Berkat kemampuan kognitifnya yang semakin berkembang, sekarang si Kecil mulai mengenal nama dan fungsi dari berbagai objek. Ia pun kini mampu mengikuti perintah sederhana dan gemar menirukan gerakan yang Mum lakukan. Untuk itu, fase ini bisa Mum manfaatkan untuk membuatnya lebih aktif, misalnya dengan mengajak si Kecil meletakkan kemasan susu balita di atas meja, atau menari mengikuti irama musik. Pasti seru ya, Mum!

Kemampuan Verbal

Meskipun kemampuan bicara si Kecil saat ini belum sempurna, ia sudah mampu mengerti apa yang dikatakan orang-orang di sekitarnya. Selain itu, ia juga bisa merespon ketika namanya dipanggil, menggunakan gestur non verbal seperti menunjuk dan menggelengkan kepala, serta menirukan kata atau suara yang sering didengarnya. Untuk mengasah kemampuan verbal si Kecil, sering ajak ia berbicara ya, Mum! Mulailah dari hal-hal yang sederhana, seperti menyebutkan nama benda yang sering ia gunakan atau warna susu anak 1 tahun yang biasa ia minum.

Kemampuan Sosial

Di usia satu tahun, si Kecil terkadang sulit untuk diprediksi. Satu waktu ia bisa sangat pemalu, di waktu lain ia bisa sangat bersahabat untuk berinteraksi dengan orang di sekitarnya. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan sosialnya sedang berkembang, Mum. Untuk terus mengasahnya, Mum bisa mengajak si Kecil bermain bersama teman sebayanya sambil mengajarkan ia untuk bersikap sopan dengan orang lain.

Bagaimana, Mum? Sungguh perubahan yang mengagumkan, ya! Perkembangan si Kecil saat ini tentu dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang ia dapatkan. Friso Gold 3 diperkaya dengan kandungan ALA, LA, Nukleotida, Prebiotik, Vitamin A, C, dan E, Zink, Zat Besi, dan Selenium. Susu ini diproduksi dengan konsep Single Process tanpa pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alaminya tetap terjaga dan lebih mudah dicerna tubuh. Itulah yang membuat Friso layak menjadi pilihan susu anak 1 tahun untuk si Kecil.