Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Anak 1 Tahun Diare, Obat Alaminya apa?

Anak 1 Tahun Diare, Obat Alaminya apa?

Anak diare merupakan momok yang menakutkan bagi orang tua, apalagi jika anak masih berusia 1 tahun. Diare bisa menyebabkan anak lemas, malas main, bahkan kekurangan cairan bila dibiarkan. Diare akut berakibat sangat fatal dan membahayakan bagi anak. Untuk itulah Mum perlu segera mencari pertolongan ketika diare menimpa anak.

Diare biasanya terjadi karena infeksi virus atau bakteri, bisa disertai dengan panas. Jika anak 1 tahun diare, sebagian besar merupakan infeksi virus yang bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu maksimal 2 minggu. Meskipun bisa sembuh tanpa obat, namun Mum perlu memastikan bahwa cairan dalam tubuh anak tetap ada agar tidak terjadi dehidrasi. Yang membahayakan bagi anak 1 tahun diare adalah dehidrasinya, bukan penyakit diarenya.

Tak perlu khawatir Moms, terdapat beberapa obat alami yang bisa menyembuhkan anak 1 tahun diare. Jika tidak darurat, Mum tak perlu obat kimia dari dokter, cukup obat alami saja. Apa saja obat alami yang baik bagi anak umur 1 tahun? Berikut ulasannya.

  1. Jahe

Jahe merupakan obat alami untuk sembuhkan anak 1 tahun diare. Jahe dapat menghentikan diare dengan tuntas serta membunuh bakteri dan parasit penyebab infeksi perut. Caranya mudah, cukup rebus 1 buah jahe lalu campurkan dengan gula atau madu. Dengan minuman jahe yang manis ini, keluhan diare pada anak bisa berkurang.

 

  1. Lemon

Anak 1 tahun diare juga bisa diatasi dengan obat alami berupa lemon. Lemon memiliki zat anti bakteri yang baik untuk menyerang bakteri penyebab diare. Berikan jus lemon dengan dosis 3 hingga 4 kali sehari untuk menetralkan diare pada anak.

 

  1. Kentang

Sari pati pada kentang bisa mengeraskan feses, artinya kentang memiliki khasiat untuk menyembuhkan diare. Mum bisa membuat bubur kentang yang diberi sedikit garam untuk meringankan gejala diare. Berikan bubur kentang 2-3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

 

  1. Teh hitam

Untuk mengatasi anak 1 tahun diare, Mum bisa menggunakan obat alami berupa teh hitam. Teh hitam mengandung asam tanat yang dapat melawan infeksi pada perut. Obat alami ini merupakan obat rumahan yang murah dan mudah didapat serta sangat berkhasiat untuk menyembuhkan diare anak. Berikan 2 sampai 3 cangkir teh hitam untuk pulihkan anak Mum yang terkena diare.

 

  1. Yoghurt

Jangan takut untuk memberikan yoghurt ketika anak sakit diare, Moms. Faktanya, yoghurt tidak memperparah diare namun justru mampu menyembuhkan diare. Yoghurt mengandung probiotik alami dengan bakteri baik yang berfungsi untuk melawan infeksi akibat bakteri.

 

  1. Teh kamomil

Obat alami lain untuk anak 1 tahun diare adalah teh kamomil. Teh kamomil sangat baik untuk melawan diare. Teh ini tidak mengandung kafein sehingga baik dan aman untuk usia anak 1 tahun. Berikan 1-2 cangkir sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

  1. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan potasium serta pektin yang berfungsi untuk mengeraskan tinja yang lunak. Selain itu pisang juga baik untuk perut karena mampu memberi rasa nyaman dan hangat. Jumlah elektrolit yang terbuang ketika diare juga bisa dikembalikan dengan mengkonsumsi buah pisang. Jadi jangan ragu untuk berikan pisang untuk anak 1 tahun  diare ya, Moms!

 

  1. Campuran kayu manis dan kulit jeruk

Mum juga bisa memberikan campuran kayu manis dan kulit jeruk untuk sembuhkan anak yang sedang mengalami diare. Caranya, rebus kayu manis dan kulit jeruk lalu tambahkan gula dan air, berikan dalam keadaan hangat. Campuran bahan alami ini dapat meringankan gejala diare pada anak.

 

  1. Air kelapa muda

Selain bahan-bahan diatas, Mum juga bisa menggunakan air kelapa muda untuk menetralkan perut saat anak 1 tahun diare. Air kelapa merupakan cairan ajaib yang luar biasa efektif untuk pemulihan anak diare. Kalium yang terkandung dalam air kelapa sangat baik untuk menyembuhkan diare serta menambah energi pada anak. Ketika si kecil lemas akibat diare yang mengganggu, jangan ragu untuk segera berikan air kelapa muda 2-3 kali sehari, Moms!

 

  1. Jus wortel

Apakah Moms tahu bahwa wortel merupakan obat alami yang kaya gizi serta baik untuk pencernaan? Kandungan vitamin pada wortel dapat menunjang kesehatan sistem pencernaan serta membantu mengembalikan dan menetralkan fungsi usus yang terganggu akibat diare.  Untuk mendapatkan tambahan energi, sebaiknya Mum menambahkan gula atau madu pada jus wortel.

 

  1. Kunyit

Kunyit merupakan antibiotik alami yang sangat baik untuk meredakan diare pada anak. Mum cukup menghaluskan kunyit dan mencampurkannya dengan air lalu memberikannya pada anak. Jangan lupa untuk menambahkan madu agar rasanya manis dan disukai anak-anak.

 

  1. Daun jambu biji

Obat lain untuk anak 1 tahun diare adalah daun jambu biji. Daun jambu biji terbukti berkhasiat untuk mengobati diare. Cara untuk mengolah daun jambu biji menjadi obat diare cukup mudah, yaitu pilih daun jambu biji yang muda lalu ditumbuk dan diperas sehingga menghasilkan 1 sendok makan sari jambu biji. Tambahkan sedikit garam dan gula untuk menetralisir daun jambu biji yang pahit. Fungsi lain dari garam yang dicampur daun jambu biji juga mampu membunuh bakteri pada perut.

 

  1. Sirsak

Ternyata buah sirsak juga efektif meredakan diare lho, Moms. Rasa sirsak yang manis dan asam pasti disukai oleh anak-anak, sehingga memudahkan Mum untuk memberikan obat ini pada si kecil. Cara mengolahnya juga cukup mudah, yaitu peras buah sirsak hingga mendapatkan air sebanyak-banyaknya lalu berikan pada si kecil sebanyak 2 sendok makan. Mudah bukan?

 

  1. Teh pahit

Selain teh kamomil dan teh hitam, Mum juga bisa memberikan teh biasa untuk anak 1 tahun diare. Tapi ingat, jangan ditambahkan gula ya Moms. Teh pahit justru berfungsi untuk membuat diare mampet. Meski teh biasa ini mengandung kafein, namun tak perlu khawatir karena Mum cukup memberikan teh pahit ini pada si kecil dalam porsi yang sedikit saja.

 

  1. Air putih

Mum juga bisa memberikan air putih pada si kecil yang sedang diare. Air putih tidak dapat menyembuhkan diare namun mampu mencegah dehidrasi pada anak. Si kecil membutuhkan cairan yang banyak ketika diare menyerang. Oleh karena itu jangan lupa untuk memberikan air putih dalam jumlah yang cukup selama diare.

 

  1. Daging kukus

Daging ayam, sapi, serta ikan yang dikukus juga efektif untuk meredakan diare pada anak. Tapi ingat Moms, pastikan daging tersebut benar-benar matang agar tidak menambah sakit perut pada anak.

 

Itulah jenis obat alami yang dapat membantu mengatasi anak 1 tahun diare. Dengan mencoba beberapa obat alami diatas, diare si kecil akan segera membaik. Dan pastinya, jangan biarkan si kecil kekurangan cairan ya Moms!

Untuk memenuhi nutrisi harian si kecil dan menjaga kekebalan tubuhnya, Mum bisa memberikan  Friso Gold 3. Friso Gold 3 dengan teknologi Locknutri yang memiliki kualitas alami sehingga turut membantu memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Si kecil pun akan terhindar dari berbagai penyakit, termasuk diare yang merugikan kesehatannya.